1 Kwintal Berapa Kg

2 min read

1 kwintal berapa kg ya? Pertanyaan ini pastinya sudah tidak asing ya. Terutama bagi mereka yang masih bersekolah atau pun mereka yang berhubungan dengan berat suatu benda setiap harinya.

Kwintal sendiri merupakan salah satu satuan berat dari benda yang memiliki berat yang besar atau lebih dari 10 kilogram hingga 100 kilogram. Materi ini sendiri sering sekali dibahas di dalam pelajaran sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar bahkan hingga ke Perguruan Tinggi.

Hal ini dikarenakan materi ini sangat penting untuk diketahui sebab sangat berguna dan bisa digunakan untuk kehidupan sehari – hari bahkan setelah tidak bersekolah lagi. Sama seperti satuan berat yang lainnya, satuan kwintal juga biasa digunakan untuk menyatakan benda yang beratnya bisa ditimbang. Contohnya seperti beras, buah – buahan, sayuran hingga alat berat bermesin seperti mobil.

Apa Itu Kwintal

Jika ada yang bertanya apa itu kwintal, maka kalian bisa menjawab jika kwintal adalah salah satu satuan berat yang sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Karena satuan berat ini merupakan satuan yang ada di dalam Satuan Internasional ( SI ). Satuan berat sendiri biasanya digunakan untuk menyatakan benda yang memiliki berat 100 kilogram atau lebih.

Barang Yang Dinyatakan dengan Kwintal

Satuan kwintal lebih sering digunakan untuk menyatakan berat dari barang komoditi, seperti hasil bumi, hasil hutat, hasil laut dan yang lainnya. Berikut ini adalah contoh barang yang sering dinyatakan dengan menggunakan satuan kwintal :

  1. Padi
  2. Sayur
  3. Buah
  4. Kapas
  5. Ikan
  6. Kerang
  7. Damar
  8. Hewan ternak
  9. Kain
  10. Arang

Apa Itu Kilogram?

Kilogram biasa disebut atau disingkat kg.  Yang merupakan satuan massa atau berat yang resmi ada di dalam sistem satuan Internasional ( SI ) dan juga sangat populer di gunakan di seluruh dunia.

Barang Yang Dinyatakan dengan Kwintal

Sedangkan benda benda yang biasa dinyatakan dengan menggunakan kilogram adalah bahan pokok, bahan makanan, buah – buahan dan juga sayur – mayor.

Faktor Konversi Satuan Kwintal

1 kwintal sama dengan 100 kg

1 ton sama dengan 10 kwintal

Cara Menghitung Kwintal ke Kilogram

Cara menghitung kwintal ke kilogram sendiri caranya sebenarnya amat sangat mudah dan kita tidak perlu menggunakan bantuan dari kalkulator. Akan tetapi untuk mengetahui caranya dengan benar, kalian juga harus mengetahui 1 kwintal yang dikonversikan pada kilogram. Yang nantinya akan menjadi sebuah tolak ukur dalam menghitung konversi yang sama meskipun dengan angka yang berbeda.

Jadi kalian harus tahu kunci dasar untuk menghitungnya. Yaitu jika dilihat secara umum 1 kwintal sendiri nilainya sama dengan 100 kg. Angka ini adalah angka yang banyak sehingga dengan mengetahui cara ini, kita bisa mengukur berat benda yang jauh lebih berat dengan cara yang lebih mudah. Dibandingkan harus mengukurnya hanya dengan menggunakan satuan kilogram.

Mengetahui cara menghitung kwintal ke kilogram ini juga sangat penting, bukan hanya bagi kalian yang sedang duduk di bangku sekolah namun cara ini juga sangat berguna untuk digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Untuk menghitung berat dari sebuah benda dengan sangat mudah dan tentu saja sesuai dengan sistem internasional. Karena kwintal dan kilogram adalah satuan resmi yang digunakan di seluruh dunia.

Nah, untuk menghitung kwintal ke kilogram kalian hanya cukup mengalikan bilangan kwintal tersebut dengan angka sepulu.

Rumus

Untuk lebih mudahnya berikut ini adalah rumus kwintal ke kilogram.

…  Kuintal x 100 = …. Kg

Contoh Soal

1.) Hari ini Ayah melakukan panen dan hasilnya Ayah mengumpulkan 7 kwintal apel. Nah, jika diubah ke dalam kilogram ada berapa kilogram apel yang sudah Ayah panen hari ini?

Hari ini Ayah melakukan panen dan hasilnya Ayah mengumpulkan 7 kwintal apel. Nah, jika diubah ke dalam kilogram ada berapa kilogram apel yang sudah Ayah panen hari ini?

Jawaban :

Jika dihitung dengan menggunakan rumus yang ada di atas, maka 7 kwintal apel yang dikonversikan ke kilogram adalah sebagai berikut ini :

7 kwintal apel x 100 = 700 kilogram.

Maka apel yang dipanen oleh Ayah hari ini adalah 700 kilogram.

2.) Truk itu bermuatan kain yang beratnya mencapai 4,8 kwintal. Jika dihitung dalam kilogram ada berapa kilogram kain yang dimuat di truk tersebut?

Jawaban :

Jika 4,8 kwintal x 100 = 480 kilogram.

Maka kain yang ada di muatan truk tersebut adalah 480 kilogram.

Nah, cukup mudah kan menghitung 1 kwintal berapa kilogram. Terutama dari rumus dan contoh soal yang sudah kami hadirkan di atas.

Artikel Lainnya :

1 Kwintal Berapa Kg Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca