Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

1 (satu) Ton Berapa Kwintal

3 min read

Rumusguru.com – 1 (satu)Ton Berapa Kwintal? Tentunya, hal-hal yang berkaitan dengan berat badan sering ditemui pada keseharian. Misalnya, beli beras di toko, beratnya dalam kilogram, atau kadang pakai ton dan kwintal.

Berat adalah salah satu komponen terpenting yang juga disebut massa. Menurut satuan Internasional yang termasuk dalam ukuran berat adalah; ton, kwintal, kilogram (kg), dexagram (dag), gram (g), desigram (dg), centigram (cg), hektogram (hg), dan miligram (mg).

Biasanya, satuan gram dan kilogram digunakan untuk menunjukkan berat suatu benda yang ringan. Ton dan kwintal sering digunakan untuk benda berat. Ton adalah berat yang digunakan di dunia, sedangkan kuintal hanya dikenal di Indonesia.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mengetahui berat 1 (satu) Ton Berapa Kwintal, silahkan simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Tentang Berat

Dalam fisika, berat suatu benda adalah gaya yang menyertainya karena gaya gravitasi. Namun berat suatu benda berbeda-beda menurut besarnya. Bobot dihitung dengan cara menambah volume benda dengan memperbesar ukuran benda.

Namun ada perbedaan antara berat di bumi dan di bulan. Apabila ada benda yang berbobot 10 pound, maka benda tersebut mempunyai massa 10 pound dibulan dan dibumi. Lain beratnya jika sebuah benda dibumi memiliki berat 98 Newton, maka dibulan beratnya adalah 16,3 Newton.

Konversi Satuan Berat

Satuan berat yang kita kenal selama ini merupakan satuan berat yang sudah disetujui di dunia atau biasa disebut dengan sistem internasional (SI). Satuan ini sudah banyak digunakan di seluruh dunia dan juga sangat populer hingga saat ini. Untuk satuan yang sering digunakans sendiri adalah satuan gram dan satuan kilogram. Pada dasarnya satuan tersebut digunakan untuk menunjukkan berat benda yang memiliki massa tidak terlalu besar.

Lalu untuk menyatakan massa benda yang mempunyai massa sangat besar apakah akan menggunakan gram atau kilogram?

Tentu saja tidak, meskipun bisa juga menggunakan satuan massa gram atau pun kilogram namun hal ini dianggap kurang praktis karena angkanya terlalu banyak sehingga akan susah untuk diingat. Maka dari itu konversi digunakan untuk mengubah satuan benda dengan massa yang berat dari satuan gram atau kilogram ke satuan yang lebih besar. Seperti kwintal.

Di dalam satuan internasional, kwintal dan ton menjadi satuan berat yang resmi digunakan di seluruh dunia untuk menghitung atau menyatakan benda dengan massa yang jauh lebih besar.

Satuan kwintal sendiri biasanya digunakan untuk menyatakan berat benda seperti hewan ternak, produk pertanian (gabah, jagung, kedelai), barang yang dijual secara satuan (pupuk, gula, garam, pakan ternak, semen dan cat), bahan yang mempunyai nilai densitas (baja, batu dan besi), barang yang terdapat di dalam kemasan (karung, kaleng, tong, galon dan lainnya).

Satuan ton adalah satuan yang juga sudah resmi SI yang biasanya digunakan untuk menyatakan benda-benda berat seperti benda dalam jumlah besar dan diangkut (kerikil, batu, pasir, tanah), alat besar atau memiliki mesin (alat berat, pesawat, kapal, kereta, mobil), kemasan atau yang biasa digunakan wadah (tongkang, peti kemas, tangki kontainer).  

1 Ton Berapa Kwintal

Jika dihadapkan dengan pertanyaan ini, sebenarnya sangat mudah saja untuk menghitungnya.

Coba lihat uraian di bawah ini :

  • 1 Ton sama dengan 10 Kuintal.
  • 3 Ton sama dengan 30 kuintal.
  • 0,5 Ton sama dengan 5 kuintal.
  • 0,07 Ton sama dengan 0,7 kuintal.

Kesimpulan

1 (satu) Ton sama dengan 10 (sepuluh) Kuintal Sedangkan jika dikonversi ke berat menjadi kilo maka 1(satu) Ton sama dengan 1000 (seribu) Kg.

Contoh Barang Dalam Berat Ton

  1. Peralatan mekanik seperti (mobil, kapal, mesin, pesawat terbang, alat berat)
  2. Peralatan besar seperti (kontainer, tanki, tongkang, dan masih banyak lagi)
  3. Barang dalam jumlah besar, seperti (tanah, puing-puing, air, pasir, batu, batu bara, dan banyak lagi)
  4. Benda Densitas seperti (Batu, logam, dan banyak lagi)

Contoh Barang Dalam Berat Kwintal

  1. Bahan pertanian seperti (gandum, buah-buahan, jagung, kedelai, dan banyak lagi)
  2. Barang angkutan seperti (galon, kaleng, kardus, tong, dan masih banyak lagi)
  3. Barang yang dijual termasuk (pupuk, garam, semen, pewarna, makanan, gula, dan lainnya)
  4. Hewan peliharaan seperti (sapi, kuda, dan kerbau)

Tips Menghitung Konversi Pada Satuan Berat

  • Apabila turun satu tangga, maka angka dikalikan 10
  • Apabila naik satu tangga, maka angka dibagi 10

Berbagai Alat Pengukur Berat

Alat yang digunakan untuk menentukan satuan berat adalah timbangan, alat ini bervariasi yang berfungsi untuk ukuran berat dari benda. Adapun alat ukur Berat, sebagai berikut:

  • Neraca elektronik
  • Neraca pegas
  • Neraca dua lengan
  • Neraca duduk
  • Dan lain sebagainya

Manfaat Mengetahui Berat Suatu Benda

Ada banyak manfaat untuk kita mengetahui berat suatu benda. Salah satunya adalah menghindari kerugian yang dapat dialami saat memebeli benda yang harus ditimbang terlebih dahulu. Artinya kita akan meminimalisir kerugian yang diakibatkan ketidak tahuan terhadap berat benda.

Selain itu dalam kehidupan juga sangat berguna mengetahui berat benda, misalnya saat akan bepergian jauh menggunakan transportasi yang membatasi berat barang bawaan seperti dipesawat terbang. Atau kita dapat menghindari kelebihan berat badan dengan cara mengukurnya. Dan lain sebagainya.

Menghitung Berat Tanpa Timbangan

Bisakah kita menghitung berat suatu benda tanpa menggunakan timbangan? Jawabannya bisa! Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda simak penjelasannya dibawah ini:

Menghitung berat benda dengan bentuk persegi

  1. Rumus >> Kg = Panjang (L) x Lebar (W) x Tebal (T) x Berat Jenis
  2. 000.000
  3. Satuan (mm)

Contoh:

Sebuah besi yang memiliki panjang yaitu 2000mm, kemudian lebar 200mm dan memiliki tebal 3mm. Berapakah berat dari kayu tersebut?

Kg = 2000 x 200 x 2 x 7,86

1.000.000

= 6,29

Menghitung berat benda dengan bentuk lingkaran.

Menghitung berat benda lingkaran dasarnya sama saja, bedanya adalah anda menghitung keliling lingkaran dengan rumus lingkaran 2 x Phi x r atau Phi x d.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai 1 (satu) Ton Berapa Kwintal, yang telah secara lengkap kami jelaskan pada Anda semua. jangan lupa untuk terus mengikuti artikel kami yang menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi.

 

Artikel Lainnya :

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
1 (satu) Ton Berapa Kwintal Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca