Aamiin Ya Rabbal Alamin

2 min read

Aamiin Ya Rabbal Alamin

RumusGuru.com – Aamiin ya rabbal alamin merupakan salah satu kalimat yang berasal dari bahasa Arab namun sangat familiar dengan masyarakat Indonesia khususnya yang Muslim.

Kalimat tersebut acapkali diucapkan pada saat kita sedang berdoa khususnya bagi umat Muslimin pada saat sedang berdoa pada Allah Yang Maha Kuasa. Maka wajibkan untuk mengucapkan kalimat tersebut agar doanya dikabulkan.

Tidak hanya merupakan sebuah doa, namun kalimat ini jyga merupakan cara umat Muslim dalam beribadah. Doa sendiri merupakan salah satu ibadah yang biasa dilakukan untuk mendapatkan apa yang inginkan.

Agar keinginannya dapat terkabulkan maka ada baiknya jika mengucapkan kalimat Ammin.

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Ammin merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab. Dan karena masyarakat Indonesia mayoritas adalah penganut agama Islam bahkan dengan jumlah Muslim terbanyak di dunia.

Menjadikan dampak agama yang mampu mempengaruhi budaya hingga bahasa dalam suatu golongan. Misalnya seperti warga Indonesia yang sebagian besar beragama Islam biasa dan sering menggunakan kalimat atau istilah di dalam bahasa Arab.

Karena bahasa Arab adalah bahasa yang melekat pada agama Islam dan merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

 

 

Aamiin Ya Rabbal Alamin dalam Tulisan Arab

Sebagai umat Muslim yang hanya menyembah Allah SWT sebagai Tuhan Maha Pencipta Alam maka kita wajib untuk berdoa dan memohon hanya pada Allah SWT. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendekatkan diri dengan Sang Maha Pencipta adalah dengan beribadah.

Salat, dzikir, membaca kitab suci hingga berdoa.

Setiap memiliki keinginan atau harapan dan berada dalam situasi sulit, maka diharapkan untuk memohon serta meminta pada Allah SWT. Yakni dengan berdoa sepenuh hati dan ditutu dengan kalimat :

آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Aamiin Ya Robbal Alamin

 

Kalimat ini sendiri berasal dari bahasa Arab dengan arti :

‘Kabulkanlah doa kami wahai Tuhan Alam Semesta’.

 

Bahasa Arab sendiri tidak hanya menjadi bahasa yang khas bagi ajaran Islam, namun bahasa ini ternyata merupakan bahasa nomor 2 paling banyak digunakan di seluruh dunia setelah bahasa Inggris loh.

Bahasa ini juga digunakan sebagai bahasa komunikasi di banyak negara di seluruh dunia.

Terutama pada saat kita membaca Al-Quran sebab dalam kita suci umat Islam ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab.

Minimal saat kita membaca Al-Qur’an, karena itu otomatis kita sedang memakai bahasa Arab.

Dan salah satu kalimat yang sering muncul di Al-Quran dan digunakan oleh umat Muslim di seluruh dunia selain kalimat Alhamdulillah. Pastinya adalah kalimat ini, yakni kalimat yang biasa digunakan pada saat kita memanjatkan doa.

Yakni : Aaamiin Ya Robbal Alamin.

 

 

Wujud Ta’min Aamiin Ya Robbal Alamin

Kalimat Aamiin Ya Robbal Alamin atau Aamiin merupakan kalimat yang kerapkali kita ucapkan pada saat berdoa. Atau pada saat mengharapkan sesuatu baik terjadi pada hidup kita.

Misalnya saat kita berkata, ‘Semoga ujian hari ini lancar, Aaamiin Ya Robbal Alamin.’ Dalam kalimat tersebut Aamin bukan hanya merupakan doa namun juga merupakan suatu harapan yang diucapkan.

 

 

Faedah di Dalam Berdoa

Mengucapkan kalimat Aamin pada saat berdoa menjadi salah satu kebiasaan bahkan kewajiban. Bahkan kalimat ini juga disebutkan pada saat kita sedang Salat, sebagai kalimat penutup setelah membaca Surat Al-Fatihah.

Nah, pada saat memanjatkan doa maka kalimat ini tidak boleh ketinggalan bahkan dalam setiap hari di setiap kegiatan kalimat ini tidak pernah luput diucapkan.

Terdapat banyak sekali faedah dari sebuah doa yang kita panjatkan setiap kali dan setiap hari. Berdasarkan pada pernyataan Syekh Kholid Al-Husaina di dalam sebuah kitabnya yang berjudul Aktsaru min Alfi Da’wah, terdapat 7 kelebihan dari doa.

Dan berikut ini adalah kelebihan kelebihan doa yang kita panjatkan :

1.) Doa sendiri merupakan suatu bentuk dari seorang hamba Allah yang sedang memperlihatkan bukti dari ketaan yang dia miliki pada Sang Penciptanya.

2.) Doa juga menjadi salah satu mediator di dalam upaya untuk menampik suatu musibah sebelum terjadi dan bahkan setelah sesuatu terjadi. Dengan tujuan agar musibah dapat diangkat dan hilang dari kita.

3.) Doa merupakan salah satu cara bagi umat Muslim untuk mengangungkan Allah SWT sebagai Tuhan yang Menciptakan kehidupan dan alam.

4.) Sebuah doa yang dipanjatkan oleh seseorang merupakan salah satu cara untuk memberikan keteguhan pada hati ketika merasa sedih. Hanya untuk mendapatkan ridha Allah semata dan mendapatkan bantuan dari Allah untuk meringankan beban yang dirasakan.

5.) Doa bisa digunakan sebagai salah satu tanda atau simbol bagi seseorang untuk menunjukkan keimanannya pada Tuhan.

6.) Doa menjadi suatu bukti bagi seseorang seebagai simbol penyerahan, kepasrahan dan keikhlasan hanya pada Allah SWT tentang semua yang sedang terjadi di dalam kehidupan.

7.) Doa menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk menghindarkan dirinya dari murka Allah SWT. Sehingga berdoa untuk mendapatkan ampunan dari Tuhan.

 

Maka dari itu, setiap kali mengucapkan doa maka kalimat Aamin tidak boleh luput diucapkan. Namun pastikan kalian mengucapkan atau mengeja kalimat ini dengan benar.

Bukan Amin, bukan Aamin, tapi Aamiin Ya Rabbal Alamin.

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Zona Litoral
  2. Eksarasi
  3. Fauna Oriental
Aamiin Ya Rabbal Alamin Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca