Administrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri Dan Tujuan

4 min read

Administrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri Dan Tujuan

Administrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri Dan Tujuan – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Administrasi, yuk lihat penjelasannya dibawah ini :


Administrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri Dan Tujuan


Kala membaca ataupun mendengar kata “administrasi” (administration), yang terdapat dalam benak kita merupakan suatu yang berhubungan dengan kegiatan catat-mencatat.

Memanglah itu tidak salah sebab kegiatan tersebut ialah bagian dari aktivitas administrasi.

Namun sesungguhnya apa pengertian administrasi itu sendiri, apa tujuan serta fungsi dari aktivitas administrasi tersebut? Di postingan ini, kami hendak membahas secara lengkap terkait administrasi, antara lain:

  • Penjelasan apa itu administrasi, baik pengertiannya secara umum ataupun bagi para ahli.
  • Apa tujuan serta fungsi administrasi untuk suatu organisasi.
  • Apa saja unsur-unsur dalam aktivitas administrasi.
  • Ciri-ciri serta contoh dari aktivitas administrasi.

Administrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri Dan Tujuan


Pengertian Administrasi Secara Umum

Apa yang diartikan dengan administrasi? Pengertian administrasi merupakan suatu wujud usaha serta kegiatan yang berhubungan dengan ketentuan kebijakan supaya bisa mencapai sasaran/tujuan organisasi.

Jadi, boleh dibilang kalau administrasi memiliki peranan yang sangat krusial dalam seluruh kegiatan suatu organisasi.

Tidak hanya itu, pengertian administrasi secara kecil bisa dimaksud sebagai wujud kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan simpel, ketik-mengetik, serta aktivitas lain yang sifatnya teknis ketatausahaan.

Sebaliknya pengertian administrasi secara luas merupakan seluruh proses kerjasama antara 2 orang ataupun lebih yang bertujuan buat mecapai sasaran dengan menggunakan fasilitas serta prasarana tertentu secara berdaya fungsi serta sukses guna.

Mengacu pada definisi administrasi tersebut kita bisa mengenali 3 perihal berarti berikut ini:

  • Administrasi merupakan suatu seni sekaligus proses. Sebagai seni, administrasi memerlukan kiat khusus yang sifatnya kondisional serta situasional sebab selalu terkait dengan suasana, keadaan, waktu, serta tempat.
  • Dalam administrasi ada unsur-unsur tertentu, antara lain; ada 2 ataupun lebih orang di dalamnya, terjadi kerjasama antar orang tersebut yang sifatnya resmi serta hirarkis, mempunyai tujuan, ada tugas, ketersediaan fasilitas serta prasarana.
  • Administrasi timbul secara bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia dimana administrasi tersebut buat mencapai tujuan bersama.

Pengertian Administrasi Bagi Para Ahli

  • Arthur Grager

Administrasi merupakan fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi serta pelayanan warkat suatu organisasi.

  • Sondang P. Siagian

Administrasi merupakan seluruh wujud dari proses kerjasama antara 2 orang ataupun lebih atas dasar rasionalitas terpilih buat mencapai tujuan yang sudah dipilih sebelumnya.

  • Ulbert

Administrasi dalam artian luas didefinisikan sebagai penataan serta pencatatan informasi serta data secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan iktikad menyediakan penjelasan dan mempermudah buat memperoleh kembali baik itu sebagian maupun seluruhnya.

Sebaliknya pengertian administrasi dalam artian kecil merupakan dikenal dengan sebutan tata usaha.

  • George Terry

Administrasi ialah perencanaan, pengendalian, serta pengorganisasian pekerjaan perkantoran, dan penggerakan mereka yang melakukan supaya mencapai tujuan yang sudah diresmikan.

  • Willam Lefffingwell serta Edwin Robinson

Administrasi ialah suatu cabang dari ilmu manajemen yang berhubungan dengan penerapan pekerjaan perkantoran secara efektif, kapan, serta dimana pekerjaan tersebut wajib dilakukan.


Ciri-Ciri Administrasi

  • Ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang ataupun lebih
  • Terdapat kerjasama
  • Terdapat proses ataupun usaha
  • Adatutorial, kepemimpinan serta pengawasan
  • Memiliki tujuan

Fungsi Administrasi

Administrasi pula dapat dikatakan sebagai Queen of Piece. Bayangkan saja, gimana jadinya, bila suatu bisnis ataupun industri sistem administrasinya tidak berjalan mudah.

Contohnya saja, pesan ataupun fakta pembayaran suatu perihal tertentu, ditaruh dimana saja, ataupun tidak rapih, maka kala diperlukan hendak susah mencarinya.

Perihal ini yang membuat proses kerja, jadi terus menjadi susah, serta sistem pendataan, jadi memakan waktu lebih lama.

Itu sebabnya, dalam bermacam bidang, adminstrasi ini memanglah memegang peranan penting. Dilihat dari fungsinya, administrasi ini hendak meliputi:

  • Perencanaan (Planning)

Planning sendiri merupakan suatu metode menyusun rencana, yang dibutuhkan dalam suatu aktivitas administrasi, misalnya saja, dalam perihal mengumpulkan data, mencerna data sampai menyusun perencanaan tertentu.

  • Penataan (Organizing)

Penataan ini merupakan suatu aktivitas susun menyusun dalam wujud suatu ikatan kerja, antara 1 dengan yang yang lain, sampai membentuk suatu kesatuan usaha, dalam mencapai suatu tujuan yang sudah diresmikan bersama.

  • Pengadaan Tenaga Kerja (staffing)

Staffing sendiri merupakan salah satu fungsi lain dari adminstrasi ataupun manajemen. Paling utama manajemen personalia, yang nantinya mengorganisir para calon tenaga kerja.

Mulai dari proses perekrutan, pengembangan sumber daya yang dimilikinya, usaha buat memberikan tugas yang pas sesuai keahlian masing-masing.

Pastinya perihal ini dilakukan, supaya tiap-tiap personal sanggup memberikan daya fungsi lebih pada organisasi ataupun perusahan itu sendiri.

  • Pengarahan/tutorial (Directing)

Pengarahan ataupun directing ini merupakan salah satu fungsi dari suatu manajemen yang berhubungan dengan memberikan tutorial. Perintah, anjuran, serta tugas yang lain dengan baik.

Pastinya perihal tersebut betul-betul tertuju pada tujuan yang diberikan dawal (tujuan industri).

  • Koordinasi (Coordinating)

Koordinasi ini merupakan sebagian dari fungsi manajemen, kala melakukan aneka aktivitas, supaya berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Fungsi menjauhi bermacam kekacauan, kekosongan aktivitas, keributan, serta hal-hal yang lain.

Perihal seperti ini dlakukan buat menyatukan dan menyelaraskan suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh para bawahan dalam satu ruang lingkup yang sama.

Supaya lebih terencana, sehingga usaha buat mencapai iktikad serta tujuan suatu organisasi bisa tercapai dengan baik.

  • Penyampaian (Reporting)

Penyampaian data ataupun reporting ini, merupakan suatu sistem manajemen yang diberikan buat mengantarkan pertumbuhan, dari hasil suatu aktivitas ataupun yang yang lain, dalam wujud penjelasan.

Penjelasan inilah yang nantinya hendak disusun secara rapih serta rinci, serta diberikan pada pihak pejabat ataupun atasan yang berwenang, buat laporan tersebut.

Sehingga pihak tersebut, paham serta mengenali kalau aktivitas ataupun rencana yang dilakukan telah berakhir dilakukan serta berjalan dengan baik.

  • Keuangan (Budgeting)

Selanjutnya serta sekaligus yang terakhir merupakan tentang budgeting ataupun keuangan.

Meski biasanya perihal ini masuk dalam ranah akuntansi, tetapi secara tidak langsung, pihak administrasi, pula turut memberikan sumbangsihnya dalam bidang tersebut.

Dalam perihal ini merupakan menolong mengaitkan serta mengelola beberapa bidang ataupun perencanaan yang berhubungan dengan administrasi itu sendiri.

Perihal ini pastinya meliputi tentang sistem anggaran, serta perencanaan anggaran itu sendiri.


Jenis-Jenis Ilmu Administrasi

Secara umum ilmu administrasi dipecah dalam 2 cabang besar ialah: adminitrasi negara serta administrasi niaga perbandingan antara 2 cabang ilmu ini terletak pada fokus ulasan ataupun objek riset.

  • Administrasi Negara

Administrasi negara memiliki banyak sekali definisi, yang secara umum bisa dipecah dalam 2 jenis. Pertama, definisi yang memandang administrasi negara cuma dalam lingkungan lembaga eksekutif saja.

Serta kedua, definisi yang memandang cakupan administrasi negeri meliputi seluruh cabang pemerintahan serta hal-hal yang berkaitan dengan publik.

Ada ikatan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya. Di antara bermacam faktor lingkungan sosial, faktor budaya ialah faktor yang sangat banyak pengaruhi penampilan (performance) administrasi negara.

  • Administrasi Niaga

Bagi Profesor. Dr. MR. S. Prajudi Admosudidjo dalam bukunya yang bertajuk “Administrasi Niaga ataupun Business Administration” merupakan suatu pengertian yang mencakup 2 pengertian jadi satu, ialah:

    • Administrsi Niaga merupakan adminitrasi dari pada suatu organisasi niaga secara totalitas, bilamana organisasi niaga tersebut ialah industri, maka administrasi niaga tersebut dijalankan oleh Direksi dari pada industri.
    • Administrasi Niaga merupakan administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan (business objective), dalam pengertian ini, administrasi niaga tersebut dijalankan oleh tiap manager dalam suatu organisasi niaga.

Dari penjelasan tersebut bisa ditarik kesimpulan kalau Administrsi Niaga merupakan proses kerjasama dari kelompok orang buat mencapai keuntungan/laba yang sebesar-besarnya.


Tujuan Administrasi

  • Supaya seorang usaha dapat memonitoring suatu aktivitas administrasi perusahaannya
  • Supaya pengelola usaha dapat mengevaluasi sesuatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan
  • Supaya seorang pengelola usaha dapat menyusun suatu program pengembangan usaha serta suatu aktivitas pengorganisasian
  • Supaya seorang pengelola usaha dapat mengamankan suatu kegiatan-kegiatan usaha serta organisasi industri.

Didalam suatu industri administrasi memiliki fungsi sangat penting didalam suatu industri.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Administrasi, semoga bisa bermanfaat.

Administrasi : Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri Dan Tujuan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca