Alhamdulillah Artinya

2 min read

Alhamdulillah Artinya

RumusGuru.com – Alhamdulillah artinya adalah Segala Puji Bagi Allah, mungkin semua orang sudah tahu artinya, namun bagaimana dengan maknanya? Oleh sebab itu di sini kami akan memberikan ulasan lengkapnya.

Alhamdulillan atau dalam tulisan Arabic الْحَمْدُ للَّهِ

memiliki arti dan makna yang sangat dalam khususnya bagi masyarakat Muslim di seluruh dunia.

Sementara arti dari Alhamdu Lillahi Robbil ‘Alamin yang tulisan Arabicnya : الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن  adalah ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan bagi Semesta Alam.

Untuk lebih lengkapnya, di sini kami pun akan memberikan ulasan lebih jelas dan lengkap mengenai arti dan makna dari kata Alhamdulillah. Simak ya!

 

 

Arti dan Maknda Alhamdulillah

Alhamdulillah bisa dibilang merupakan satu kata yang sudah tidak asing bagi umat Muslim di seluruh dunia bahkan sering didengar dan diucapkan. Kata ini merupakan satu kalimat berasal dari serapan bahasa Arab.

Penulisan dalam bahasa Arab nya sendiri terdiri dari dua kata yakni :

1.) Alhamdu dengan tulisan Arab: الحمد).

2.) li dan Allah dengan tulisan Arab (لله).

 

Hamd sendiri berarti suatu ‘pujian’ dengan tambahan ‘Al’ yang memiliki makna untuk segala hal. Sehingga arti dari Alhmdu adalah ‘segala puji’ sedangkan li memiliki makna yang dikhususkan bagi Sang Maha Pencipta Seluruh Alam, yakni Allah SWT.

Jadi segala puji yang kita ucapkan sendiri bermaksud dilimpahkan pada Tuhan Segala Makhluk di seluruh alam Semesta yakni Allah SWT Yang Maha Berkuasa.

Sederhananya arti dari Alhamdulillah (Arabic: اَلْحَمْدُلِلّهِ) adalah ‘Segala Puji Bagi Allah SWT’

 

Namun di dalam penggunaannya, kalimat ini sendiri sering sekali mendapatkan tambahan kata. Misalnya seperti ayat kedua yang ada di dalam surat Al-Fatihah, yakni  ‘Alhamdu lillahi Robbil ‘Alamin’.

Lalu kira-kira apa ya, arti dan makna dari kalimat tersebut?

Alhamdu Lillahi Robbil ‘Alamin dengan tulisan Arabic sebagai berikut ini : الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن ) memiliki arti : ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam’.

 

Sekadar informasi, kalimat Alhamdulillah sendiri disebutkan sebanyak 22 kali di dalam kitab suci umat Muslim yakni al Qur’an. Kalimat tersebut bisa kalian temukan di dalam surat :

1.) Al Fatihah ayat 1:1

2.) Al Yunus ayat 10:10 dan

3.) An’am ayat 6:45.

 

Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di seluruh dunia. Sehingga kalimat Alhamdulillah juga sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Bahkan sudah ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Di sini kalimat Alhamdulillah memiliki dua arti di dalam KBBI. Yaitu :

1.) Arti Alhamdulillah menurut KBBI yang pertama adalah sebagai ungkapan atau digunakan untuk menyatakan rasa syukur karena sudah menerima karunia yang besar bagi Allah. Makna ini merupakan arti dari kalimat Segala Puji Bagi Allah.

2.) Arti Alhamdulillah menurut KBBI yang kedua adalah sebagai ungkapan pujian yang ditujukan pada Allah SWT dan dibaca dengan dibarengi rangkaian dzikir. Seperti Subhanallah, Allahuakbar dan Alhamdulillah, seperti yang biasa kalian baca selesai salat.

 

Di dalam pengertian yang ada di KBBI, kalimat Alhamdulillah sendiri merupakan suatu partikel yang ditandai dengan kode p. Dan merupakan istilah yang terdapat di dalam laras Islam dan ditandai dengan kode : Isl.

Inti dari kalimat ini sendiri bermakna sebagai puji yang diberikan pada Allah.

 

 

Makna Kalimat Alhamdulillah

Kalimat Alhamdulillah sendiri mengandung 4 makna yang berbeda selain makna Segala Puji bagi Allah. Berikut ini penjelasannya :

1.) Pujian Allah pada diri-Nya sebab Allah memiliki hak untuk memuji dirinya sendiri sebagai dzat dan sifat. Seperti dalam firman Allah yang sudah dituangkan di dalam Al-Quran pada surat Thaha ayat 14.

Yakni :

‘Sesungguhnya Akulah Allah dan tidak ada Tuhan kecuali Aku. Maka sembahlah Aku serta dirikan Salat untuk selalu mengingat Aku’ (QS Thaha (21): 14).

2.) Pujian yang berasal dari Allah dan ditujukan pada makhluk lain, misalnya Allah SWT memuji makhluk yang paling mulia di muka bumi dan merupakan junjungan bagi seluruh umat manusia. Siapa lagi jika buka Nabi Muhammad SAW.

Seperti dalam firman-Nya yakni :

‘Dan sesungguhnya engkau (red: Muhammad) benar benar berbudi pekerti yang luhur dan sangat agung’ (QS Al-Qolam (68): 4).

3.) Pujian yang diberikan pada Allah SWT dari makhluk ciptaannya yakni Manusia. Karena sebagai makhluk ciptaannya kalian pastinya sering sekali memuji keagungan Allah SWT. Seperti yang tertera dalam surat Al-Fatihah ayat 2 yang artinya :

‘Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan bagi seluruh semesta alam’.

4.) Pujian yang diberikan oleh makhluk ciptaan Allah SWT juga pada makhluk ciptaan Allah SWT. Rasulullah SAW sendiri pernah mengajarkan pada umatnya apabila mendapatkan kebaikan maka balaslah dengan ucapan jazakallah khair.

Pujian ini diberikan dengan tujuan untuk mendoakan orang orang yang sudah berbuat kebaikan.

 

 

Pada dasarnya kini kalimat Alhamdulillah tidak hanya digunakan oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Namun orang orang non-Muslim juga banyak yang menggunakan partikel Alhamdulilla dalam menyerukan perasaan senang dan syukur ketika mendapatkan kebaikan dan nikmat.

Akan tetapi di dalam Islam, Alhamdulillah artinya adalah segala puji hanya milik Allah menjadi puji Tuhan. Jadi sekarang sudah tahu kan, apa arti dan makna yang dikandung dalam sebuah kalimat sederhana yang senantiasa kita ucapkan setiap harinya.

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Contoh Soal Distribusi Binomial
  2. Soal Matematika Kelas 5 Pecahan dan Kunci Jawaban
  3. Contoh Soal Probabilitas

 

 

Alhamdulillah Artinya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca