Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Anatomi Mata

3 min read

Anatomi Mata – Mata merupakan salah satu dari lima panca indra yang kita miliki, mata sendiri mempunyi fungsi yang sangat penting bagi kita karena tanpa adanya indra penglihatan ini, maka kita tidak akan bisa melihat semua benda yang ada di sekeliling kita.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai anatomi mata beserta dengan fungsi lengkapnya.

Anatomi Mata

Mata terdiri dari beberapa bagian yang setiap bagiannya memiliki fungsi yang sangat penting, mau tahu apa saja bagian bagian yang terdapat pada mata dan fungsinya? Simak di bawah ini ya!

1. Kornea

Elemen pertama ialah kornea, bagian yang melambangkan jaringan mata berbentuk kubah dan menjadikan bagian mata yang terdepan ataupun paling luar beserta berfungsi sebagai celah agar mata dapat dimasuki cahaya

2. Dinding Mata Depan (Anterior Chamber)

Bagian yang kedua disebut dengan dinding mata/bilik dan menyerupai sebuah kantong yang sama dengan jelly letaknya tepat berada di punggung kornea dan di depan lensa. Kantong ini isinya merupakan cairan aqueous humor memiliki tugas mengusung nutrisi sampai ke jaringan mata.

3. Sklera

Sklera merupakan bagian mata yang memiliki bentuk selaput putih keras dengan jaringan fibrosa yang menutupi seluruh bola mata kita kecuali pada bagian kornea dan di dalam bagian ini terdapat otot yang menempel dan berfungsi untuk menggerakkan mata yang menempel pada sklera.

4. Iris dan Pupil

Kedua bagian ini merupakan anatomi mata yang saling berhubungan karena iris yang merupakan membran berbentuk cincin yang mengelilingi pupil. Pupil sendiri merupakan bulatan kecil yang berada di tengah iris mata dan berwarna lebih gelap dari iris mata.

Jika iris mata berfungsi untuk mengatur secara langsung cahaya yang masuk ke dalam mata kita. Ketika mata diterpa cahaya lebih terang, maka iris ini sendiri akan melakukan gerakan reflek dengan menyempit sementara pupil akan terbuka untuk membatasi cahaya yang masuk ke mata kita.

Fungsi lain iris adalah untuk menentukan warna mata, semakin banyak pigmen mata maka akan semakin coklat warna mata sementara bagi mereka yang memiliki pigmen sedikit maka warna matanya akan berwarna lebih cerah seperti biru, abu – abu bahkan hijau.

5. Lensa

Bagian terpenting dari mata yang lainnya adalah lensa mata yang merupakan jaringan transparan dan juga lentur yang letaknya berada di belakang iris dan pupil mata dan fungsinya adalah untuk memfokuskan penglihatan pada objek yang ada di depan kita.

Seiring dengan berjalannya waktu, lensa ini akan kekurangan kemampuannya, hal ini lah yang membuat orang yang sudah berusia lanjut mulai kehilangan fungsi penglihatan.

6. Koroid dan Konjungtiva

Bagian ini merupakan bagian mata yang memiliki bentuk membrane coklat gelap yang letaknya di dalam pembuluh darah dan memiliki jumlah yang sangat banyak, koroid berada di antara sklera dan retina.

7. Badan Vitreous

Badan vitreous berada di belakang mata dan merupakan zat yang mirip dengan jelly dan mengisi bagian dalam dan bagian belakang mata. vitreous ini sendiri nantinya akan menjadi lebih encer dan bisa terlepas dari bagian belakang mata seiring dengan berjalannya waktu.

8. Retina dan Saraf Optik

Retina merupakan bagian yang paling familiar dan merupakan sebuah jaringan yang sangat peka terhadap rangsangan cahaya, bagian ini melapisi permukaan dalam mata dan berfungsi untuk mengubah cahaya yang masuk menjadi impuls listrik untuk kemudian dibawa oleh saraf optik ke otak untuk kemudian membuat otak menafsirkan gambar apakah objek yang mata kita lihat.

9. Makula

Komponen terakhir pada mata ialah makula yang menggambarkan wilayah sensitif kecil letaknya di posisi tengah retina dan memberi pusat penglihatan, di bagian makula sendiri ada fovea yang berada di sentral makula dan memiliki fungsi sebagai pemberi penglihatan yang lebih spesifik dan tajam pada mata kita.

Kebisaan Yang Dapat Merusak Kesehatan Mata

Sebagai salah satu organ luar dan salah satu panca indra yang sangat penting peran dan fungsinya bagi kegiatan sehari – hari kita. Pastinya kita tidak ingin jika organ satu ini rusak ya.

Nah, maka dari itu kita wajib untuk menjaganya dan menghindari kebiasan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan mata seperti yang ada di bawah ini.

1. Jarang Mengkonsumsi Air, Buah dan Sayur

Mata harus dijaga kelembapannya agar bisa membersihkan mata dari kotoran, dan untuk menjaga agar mata tetap lembap maka kita harus mencukupi kebutuhan asupan air putih di dalam tubuh kita, selain itu kita juga harus menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi buah – buahan segar yang mengandung vitamin A seperti wortel, pepaya dan tomat serta rajin mengkonsumsi sayur sayuran segar yang kaya akan serat dan mineral.

2. Asal Dalam Memilih kacamata

Kacamata biasanya digunakan oleh mereka yang mengalami masalah pada penglihatan mata namun selain itu banyak juga orang yang membutuhkan kacamata untuk kegiatan di luar rumah misalnya. Seperti kacamata hitam untuk menjaga mata dari sinar ultra violet yang berbahaya.

Namun dalam memilih kacamata pun kita tidak boleh sembarangan ya. Usahakan untuk memilih kacamata yang aman bagi mata kita.

3. Sering Mengucek Mata

Debu dan kotoran memang menjadi salah satu musuh utama mata karena mata sangat sensitif terhadap bakteri dan virus. Pada saat mata terkena kotoran dan debu maka sevara reflek kita akan mengucek dan menyentuh bagian mata dengan tangan kita.

Padahal ini sangat berbahaya loh, karena tangan yang kita gunakan untuk mengucek mata dalam keadaan kotor dan penuh dengan virus serta bakteri yang tentu akan sangat berbahaya bagi mata sehingga bisa membuat mata menjadi gatal dan iritasi. Maka dari itu ketika mata terkena debu dan kotoran ada baiknya jika kita mencuci mata dengan air bersih, jika kita hendak memegang mata pun sebaiknya kita mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu ya.

Nah, makanya jangan pernah melakukan kebiasaan yang bisa merusak mata karena mata merupakan organ yang sangat penting bagi kita dan harus dijaga ya.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Anatomi Mata Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Gambar Sel Hewan

Ilham Zulfikar
2 min read

Rantai Makanan

Ilham Zulfikar
3 min read

Lumut Kerak

Ilham Zulfikar
2 min read
SELAMAT DATANG
Hai Sobat Rumusguru.Com. Untuk Masukan, Saran, Kerja Sama dan Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami Melalui Email Ini Ya Sobat admin@rumusguru.com