Angket Adalah : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan

4 min read

Angket Adalah : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan

Angket Adalah : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Angket Adalah, yuk lihat penjelasannya dibawah ini :


Angket Adalah : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan


Angket ataupun kuesioner ialah instrumen penelitian yang berbentuk catatan pertanyaan buat mendapatkan penjelasan dari beberapa respoden (sumber yang diambil informasinya lewat angket).

Angket ataupun kuesioner bisa disebut sebagai wawancara tertulis sebab isi kuensioner ialah satu rangkaian persoalan tertulis yang diperuntukan kepada responden serta diisi sendiri oleh responden.

Pengertian Kuesioner ataupun Angket

Kuesioner ataupun angket merupakan suatu metode pengumpulan data yang mengizinkan analis mempelajari sikap-sikap, kepercayaan, perilaku.

Serta ciri beberapa orang utama di dalam organisasi yang dapat terbawa-bawa oleh sistem yang diajukan ataupun oleh sistem yang telah ada.

Dengan memakai kuesioner, analis berupaya mengukur apa yang ditemui dalam wawancara, tidak hanya itu pula buat memastikan seberapa luas ataupun terbatasnya sentimen yang diekspresikan dalam suatu wawancara.

Pemakaian kuesioner:

  • Responden (orang yang merenpons ataupun menanggapi pertanyaan) saling berjauhan.
  • Mengaitkan beberapa orang di dalam proyek sistem, serta bermanfaat apabila mengenali berapa proporsi suatu kelompok tertentu yang menyetujui ataupun tidak menyetujui suatu fitur khusus dari sistem yang diajukan.
  • Melakukan riset buat mengenali suatu serta mau mencari segala pendapat saat sebelum proyek sistem diberi petunjuk-petunjuk tertentu.
  • Mau percaya kalau masalah-masalah dalam sistem yang terdapat bisa diidentifikasi serta dibicarakan dalam wawancara tindak lanjut.

Angket Adalah : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan


Angket Penelitian

Angket ataupun kuisioner merupakan instrumen riset yang terdiri dari serangkaian persoalan buat tujuan mengumpulkan data dari responden.

Angket bisa dikira bagaikan semacam wawancara tertulis. Mereka bisa dicoba secara tatap muka, lewat telepon, pc ataupun pos.

Angket mempunyai sebagian keuntungan ialah sediakan metode yang relatif murah, kilat serta efektif buat mendapatkan data dalam jumlah besar dari beberapa besar orang.

Ini bisa jadi fasilitas yang efisien buat mengukur sikap, perilaku, preferensi, komentar serta, iktikad dari beberapa besar subyek yang relatif lebih murah serta kilat daripada tata cara lain.

Tetapi, angket mempunyai kelemahan tertentu semacam terdapatnya mungkin pemilihan jawaban acak oleh responden tanpa membaca persoalan dengan benar.

Tidak hanya itu, umumnya tidak terdapat mungkin untuk responden buat mengatakan pemikiran bonus mereka tentang permasalahan yang dikaji sebab tidak terdapatnya persoalan yang relevan.

Pemakaian angket pula membolehkan responden berbohong sebab kemauan sosial, sebab sebagian besar orang mau menunjukkan citra positif tentang diri mereka sendiri sehingga bisa berbohong ataupun membengkokkan kebenaran supaya nampak baik.

Persoalan yang digunakan dalam angket bisa berbentuk persoalan terbuka ataupun persoalan tertutup.

Tetapi acapkali kuesioner memakai persoalan terbuka serta tertutup buat mengumpulkan informasi. Ini berguna sebab berarti informasi riset kuantitatif serta kualitatif bisa diperoleh.


Pengertian Angket Penelitian

Angket bisa didefiniskan sebagai catatan pertanyaan yang diberikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang yang diberikan tersebut bersedia memberikan reaksi sesuai dengan permintaan pengguna.

Angket pula bisa didefinisikan sebagai merupakan serangkaian pertanyaan yang digunakan buat melakukan survei, yang yaitu proses pengumpulan, pengambilan ilustrasi, analisis, serta interpretasi informasi dari sekelompok orang.

Kuisioner cumalah salah satu perlengkapan yang digunakan buat melakukan survei. Suatu angket bisa jadi ataupun bisa jadi tidak di informasikan dalam wujud riset survei, namun survei selalu terdiri dari kuesioner.

Angket ataupun kuisioner mempunyai beberapa ciri antara lain ialah:

  • Keseragaman

Kuisioner sangat bermanfaat buat mengumpulkan data demografis, pendapat individu, kenyataan ataupun perilaku dari responden. Salah satu ciri terbanyak dari kuesioner merupakan standar serta serupa.

Tiap responden melihat pertanyaan yang sama. Ini menolong dalam pengumpulan informasi serta analisis statistik dari informasi tersebut.

Misalnya, templet kuesioner penilaian toko ritel berisi pertanyaan buat mengevaluasi nilai pembelian toko ritel, bermacam pilihan buat pilih produk, mutu barang dagangan, serta yang lain. Pertanyaan-pertanyaan tersebut seragam buat seluruh pelanggan.

  • Eksplorasi

Buat mengumpulkan informasi riset kualitatif, kuesioner bisa bersifat eksploratif. Tidak ada batas persoalan dalam kuesioner ini ataupun tujuan khusus yang dikumpulkan.

Misalnya, bila kuesioner diberikan pada wanita rumah tangga buat menguasai pengeluaran pemasukan rumah tangga, catatan persoalan yang sangat terstruktur bisa menghalangi pengumpulan informasi.

  • Urutan Pertanyaan

Kuisioner umumnya menjalankan aliran pertanyaan terstruktur buat tingkatkan jumlah respons.

Urutan pertanyaan ini merupakan persoalan penyaringan, persoalan pemanasan, persoalan transisi, persoalan yang bisa dilewati ( kip), persoalan susah serta persoalan klasifikasi.

Sebagai contoh, templat kuesioner pengalaman serta motivasi membeli mencakup pertanyaan-pertanyaan demografis  awal serta alasan di balik keputusan pembelian dll.


Jenis-Jenis Angket

Angket ataupun Quesioner terdir dari 5 jenis, ialah:

  • Angket tertutup

Angket tertutup ialah angket yang didalamnya sudah ada alternative jawaban yang sudah didetetapkan oleh sang pemuat angket.

Jawaban tersebut dapat berbentuk jawaban yes or no, atau pilihan ganda sehingga narasumber (read: Responden) tidak berkesempatan buat mengisi dengan jawaban sendiri.

  • Angket terbuka

Angket terbuka ialah angket yang system menjawabnya tidak memakai pilihan ganda ataupun yes or no sehingga responden (narasumber).

Dapat bebas mengisi pertanyaan dalam angket tersebut dengan jawaban serta pendapat mereka sendiri tanpa dibatasi oleh alternative jawaban dari angket tersebut.

  • Campuran angket terbuka serta angket tertutup

Jenis angket ini ialah gabungan dari kedua jenis angket sebelumnya, artinya dalam angket ini ada pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan alternative jawabannya.

Tetapi ada pula pilihan alternative untuk responden (narasumber) buat membuat jawabannya sendiri buat mengemukakan pendapatnya.

Apabila didalam pilihan jawaban yang disediakan oleh pembuat angket tersebut tidak ada jawaban semacam yang responden mau.

  • Angket langsung

Angket langsung ialah angket yang berisi catatan persoalan yang berhubungan dengan respondens (jawaban tentang diri responden, missal jumlah anak, jumlah pemasukan, dll)

  • Angket tidak langsung

Angket tidak langsung ialah angket yang berisi catatan persoalan tentang orang lain serta diisi oleh responden yang mengenali tentang orang tersebut (dimana responden menanggapi persoalan tentang orang lain)


Metode Membuat Angket

Angket ialah suatu metode buat memperoleh informasi dalam usaha memechkan suatu kasus dalam riset, karnanya untuk membuat suatu angket butuh mencermati hal-hal berikut:

  • memakai bahasa yang simpel, dengan pertimbangan yang dialami oleh orang-orang yang berbeda ciri ataupun pengetahuan, sehingga jauhi sebutan–istilah teknis, dan memilih perkata yang memiliki makna sama untuk semua orang.
  • Memakai kalimat yang pendek, dengan pertimbangan kalimat majemuk, panjang, serta rumit hendak membuat responden kesusahan mengerti.
  • Hindari pertanyaan yang berhubungan dengan harga diri serta bersifat individu dari responden.
  • Menyusun angket dengan singkat, sehingga tidak akan memakan waktu yang lama.
  • Dalam catatan pertanyaan hindari kata yang menyinggung perasaan responden (narasumber) ataupun usaha buat memberikan uraian (read: menggurui) kepada responden terhadap angket yang kita buat.

Untuk membuat suatu angket yang valid butuh memikirkan beberapa perihal, antara lain:

  • Persoalan haruslah gampang dimengerti serta tidak memunculkan pengertian yang berbeda-beda.
  • Persoalan wajib berhubungan dengan topik kasus.
  • Persoalan wajib menarik sehingga responden merasa bahagia buat menjawabnya.
  • Jawaban responden diusahakan dapat konsisten sejak pertanyaan awal sampai akhir.
  • Alternative Jawaban yang diberikan wajib bermacam-macam (variatif) supaya responden tidak kebosanan.

Pengertian Angket Untuk Para Ahli

  • After Dewa Ktut Sukardi (1983)

Kuesioner merupakan wujud metode pengumpulan informasi ataupun perlengkapan yang dilakukan memakai tata cara riset tanpa perlu memastikan sumber informasi secara langsung.

  • After Bimo Walgito (1987)

Baginya, kuesioner merupakan catatan persoalan dalam riset yang wajib dijawab oleh responden ataupun informan.

Kekuatan serta kelemahan kuesioner

  • Kekuatan tata cara kuesioner

Kuesioner menawarkan beberapa keuntungan dikala mengumpulkan informasi ataupun data riset. Keuntungan berikut dihasilkan dari tata cara kuesioner dalam riset:

    • Tidak memerlukan kedatangan periset.
    • Dapat diberikan dengan seluruh responden ataupun informan.
    • Waktu yang lebih fleksibel bergantung pada waktu yang tidak di inginkan dari responden.
    • Dapat dianonimkan ataupun dianonimkan sehingga responden tidak malu buat menanggapi pertanyaan.
    • Pertanyaan bisa distandarisasi.
  • Kelemahan Tata cara kuesioner

Kelemahan tata cara pengumpulan informasi riset dalam kuesioner merupakan sebagai berikut:

    • Terkadang terdapat beberapa responden yang tidak mencermati kenapa persoalan kerap diabaikan.
    • Meragukan kejujuran responden, walaupun mereka anonim.
    • Kuesioner kerap tidak kembali ke periset bila dikirim lewat pos ataupun jasa pengiriman yang lain.
    • Responden dengan tingkatan pembelajaran tertentu bisa jadi menghadapi kesusahan mengisi kuesioner.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Angket Adalah, semoga bisa bermanfaat.

Angket Adalah : Pengertian, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan Dan Kekurangan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca