Bagaimana Cara Menjaga Kesatuan Dan Persatuan

Rumusguru.com – Bagaimana Cara Menjaga Kesatuan Dan Persatuan di Negara Indonesia kita tercinta ini akan menjadi pembahasan kita dalam Artikel kali ini. Sebagai mahluk sosial tentu saja kita diwajibkan untuk senantiasa menjaga persatuan Antar sesama warga Negara.

Lalu Bagaimana Cara Menjaga Kesatuan Dan Persatuan di Negara kita? Simak ulasan selengkapnya.

Cara Menjaga Komitmen Persatuan:

 

 

 

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menjaga persatuan, antara lain:

  1. Saling menghargai serta menghormati antar sesama warga negara
  2. Mencintai budaya dan istiadat yang ada
  3. Berfikiran positive dan menghindari perpecahan
  4. Tidak menyebarkan berita Hoax
  5. Meningkatkan aktifitas gotong royong
  6. Saling menghargai perbedaan yang ada
  7. Mematuhi norma dan aturan yang diberlakukan
  8. Mencintai Produk lokal
  9. Dan banyak lagi

Review Bagaimana Cara Menjaga Kesatuan Dan Persatuan

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagai manusia, kita adalah mahluk sosial yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Itu artinya kita tidak dapat hidup secara individu, melainkan saling membutuhkan dalam keseharian.

Tetapi secara psikologis, mental manusia adalah jaminan bahwa semua orang yang tergabung dalam suatu kelompok tidak sesederhana hidup di lingkungan yang stabil, dimana toleransi, penghormatan, dan banyak lagi harus dilakukan dalam suatu komunitas.

Hal ini dapat menciptakan masyarakat yang kohesif, aman, dan terjamin tanpa prasangka atau permusuhan terhadap warga lain. Menjaga persatuan sangat penting bagi setiap warga negara.

Bahasa Indonesia juga dituturkan sebagai Bahasa Nasional. Inilah landasan kita sebagai warga Negara Indonesia harus tetap berkomitmen pada persatuan Indonesia dalam berpikir dan bertindak untuk kehidupan.

Mengapa Kita Harus Menjaga Kesatuan Dan Persatuan?

Menjaga persatuan sangat diperlukan, sebab jika tidak ada komitmen untuk bersatu, dunia ini seperti medan pertempuran di mana orang-orang berbeda, mengumpat, menuduh, memecah belah, berdebat, bahkan membunuh.

Ini bisa terjadi jika tidak ada kepercayaan, kasih sayang, simpati, atau sifat kemanusiaan di antara kita. Oleh karena itu, sebagai warga negara dan generasi muda Indonesia, kita harus terus berjuang menjaga komitmen persatuan sebagai wujud cita cita para pahlawan Indonesia atas dasar kemerdekaan kita.

Sehingga kita harus memiliki pola pikir dan semangat untuk menjaga komitmen persatuan, mempererat hubungan setiap saat, menghilangkan perbedaan pendapat. Rasa hormat serta menjaga sikap di antara sesama.

Persatuan sebagai warga Negara Indonesia merupakan hal terpenting dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara. Tanpa persatuan kita tidak bisa menjadi seperti bangsa yang besar. Tugas menjaga persatuan sebagai negara tidak bergantung pada pemerintah semata. Sebagai bangsa Indonesia, kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Manfaat Menjaga Persatuan

Dalam menjaga pesatuan, tentunya kita akan mendapakan manfaat yang baik, seperti:

  • Tidak ada lagi pertikaian
  • Terhindar dari permusuhan sesama warga Negara
  • Toleransi antar sesama semakin terjalin dan meningkat
  • Masyarakat akan damai dan tentunya aman dan tentram
  • Semakin meningkatnya tali persaudaraan antar sesama rakyat Indonesia
  • Dan lain lain

Indonesia adalah negara dengan keberagaman, mulai dari ras, agama, budaya, tradisi, bahasa, dan lainnya. Namun dalam keberagaman kita harus bangga dan kemudian memperkuat persatuan dan kesetiaan kita kepada warga negara lain meskipun ada perbedaan tersebut. Ini akan membawa banyak sekali manfaat bagi kita dan masyarakat Indonesia.

Karenanya, dengan manfaat ini, kita berharap dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan antarbangsa. Karena bangsa ini tidak akan bisa menjadi baik tanpa persatuan rakyatnya. Semoga keberagaman Indonesia dapat membuat kita bangga dengan Indonesia di seluruh dunia. Oleh karena itu, marilah kita menjaga persatuan ini bersama.

Hubungan Persatuan Dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan terkait dan terhubung dengan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan tempat berkumpulnya berbagai ras, etnis, budaya, yang bersatu dan mendukung satu sama lain.

Persatuan adalah hasil dari kesatuan yang utuh. NKRI artinya Indonesia adalah negara yang bersatu, dan merdeka. Integritas Republik Indonesia tidak akan mungkin terjadi tanpa persatuan dan kesatuan.

Kesetiaan masyarakat sangat penting di Negeri ini, karena dengan kesetiaan tersebut pemerintahan di Negeri ini akan berjalan dengan baik. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat penting untuk menjaga keamanan dan integritas di Indonesia.

Siapa Yang Wajib Menjaga Kesatuan

Perlu Anda ketahui bahwa kita seluruh warga Negara Indonesia wajib menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Karena jika tidak ada persatuan maka Indonesia tidak akan merdeka dan jika suatu negara tanpa rakyatnya bersatu maka negara tersebut tidak akan kuat.

Hal ini sudah banyak dituangkan dalam pelajaran PKN saat disekolah. Menjaga sikap, tenggang rasa. Empati antar sesama, menghormati budaya dan Agama, tidak memebedakan Ras, merupakan pokok dasar untuk menjaga Negara kita tetap utuh dan bersatu.

Contoh Menjaga Persatuan Dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk pelestarian dan perwujudan untuk menentukan nasib kita sebagai rakyat di Republik Indonesia.

Ada banyak suku, agama dan suku bangsa di Indonesia dan kesatuannya harus dijaga. Hal ini untuk menghindari perpecahan di antara warga negara Indonesia. Masing-masing diwakili oleh istilah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”.

Ini juga dituangkan dalam sebuah buku berjudul Kronik Revolusi Indonesia: 1945 (1999) karangan Pramoedya Ananta Toer. Dalam bulu tersebut disebutkan bahwa keberagaman terjalin dalam kesatuan yang utuh dan kohesif.

Dibawah ini beberapa contoh sikap menjaga persatuan:

1. Menghargai Budaya Lain.

Tentunya kita perlu saling menghargai budaya lain yang ada di Negara Indonesia, karena kita terdiri dari banyak suku bangsa yang disatukan dalam satu Negara. Contohnya tidak menghina atau memecah belah budaya yang ada.

2. Saling Membantu.

Hal ini dapat kita wujudkan disekitar kita dalam kehidupan sehari hari, saling membantu dalam setiap kegiatan yang bersifat gotong royang. Contohnya bakti sosial dalam lingkungan sekitar kita.

3. Saling Mendukung.

Sebagai Manusia, kita harus mendukung dalam hal positive. Tidak saling mengejek dan mencemooh saat seseorang dalam keadaan sulit atau berduka. Contoh sikap saling mendukung adalah memberikan bantuan kepada korban bencana alam.

4. Tidak Sombong.

Hal yang paling penting adalah menjada toleransi antar sesama dengan memelihara sikap tidak sombong. Contoh sikap tidak sombbong adalah tidak memamerkan harta kekayaan kepada yang miskin dengan tujuan menghina.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Bagaimana Cara Menjaga Kesatuan Dan Persatuan. Semoga ini dapat membantu Anda jika sedang mencari rujukan mengenai masalah ini. Kami berharap ini dapat memberi manfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya: