Bagaimana Cara Screenshot di Laptop

Bagaimana Cara Screenshot di Laptop

RumusGuru.com – Bagaimana cara screenshot di Laptop pastinya akan sangat membantu kalian untuk mengambil tangkapan layar di Laptop.

Mengambil screenshot di Laptop pun bisa dilakukan dengan cara yang terbilang lebih bervariasi. Nah, di sini sendiri kami akan memberikan beberapa cara melakukan tangkapan layar di Laptop.

Simak ya!

 

Beberapa Cara Screenshot di Laptop

1.) Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Print Screen

Cara paling mudah untuk melakukan tangkapan layar yang pertama adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Simak caranya di bawah ini :

1.) Buka halaman yang ingin kalian ambil gambarnya di laptop atau PC kalian.

2.) Lalu tekan tombol Print Screen yang biasanya terletak pada sisi kanan atas keyboard perangkat PC atau Laptop. Nah, tangkapan layar pun akan secara otomatis akan tersimpan di clipboard dan kalian pun bisa langsung menyalin atau mempastenya.

3.) Buka aplikasi Paint lalu salin tangkapan layar tersebut dengan cara biasanya atau bisa juga dengan klik tombol paste (Ctrl +V). Nah, tangkapan layar pun akan secara otomatis muncul sehingga kalian bisa menyimpannya dengan cara klik File > Save As.

 

 

2.) Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Berikutnya kita bisa menggunakan tombol Alt + Print untuk mengambil tangkapan layar. Perlu diketahui jika cara ini hanya bisa kalian bisa gunakan untuk mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif saja dan juga tidak seluruh layar.

Berikut ini caranya :

1.) Tampilkan layar yang ingin kalian ambil gambarnya, kalian pun bisa membuka Microsoft Word dan minimize ukurannya ya.

2.) Tekanlah tombol kombinasi Alt + Print Screen agar kalian bisa menyimpan gambar di clipboard.

3.) Kembali buka saja aplikasi Paint kemudian paste gambar tangkapan layar dengan cara Ctrl + V untuk menampilkan hasil screenshot.

 

 

3.) Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Berikutnya, cara ini tidak juga tak kalah mudah bisa kamu lakukan untuk melakukan tangkapan layar. Cara ini pun lebih praktis jika dibanding cara lainnya, sebab kalian tidak perlu mengeditnya di aplikasi Paint.

Berikut ini caranya :

1.) Buka jendela mau pun halawan web yang hendak kalian ambil gambarnya.

2.) Tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen dan coba perhatikan apabila layar berkedip maka proses tangkapan layar pun berhasil.

3.) Tangkapan layar ini pun akan secara otomatis tersimpan dan kalian bisa melihat hasil screenshot di Komputer yang telah kalian simpan. Untuk menyimak hasilnya pun, kalian bisa pergi ke direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

 

 

4.) Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Berikutnya kalian pun juga dapat menggunakan cara ini untuk melakukan tangkapan layar pada PC dan Laptop kalian. Caranya adalah dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S. Cara ini disebut dengan Snip & Sketch dan bisa dibilang sebagai aplikasi bawaan dari Windows.

Berikut ini adalah caranya :

1.) Bukalah halaman yang hendak kamu lakukan tangkapan layar.

2.) Tekan tombol kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk membuka aplikasi Snip & Skecth ini.

3.) Layar pun akan berubah menjadi warna kelabu dan juga kursor akan berubah menjadi ikon +. Kalian pun bisa memilih area mana yang hendak diambil gambarnya.

4.) Maka secara otomatis aplikasi Snip & Skecth ini pun akan merekam gambar layar lalu akan muncul pemberitahuan yang harus kalian pilih.

5.) Kemudian pada jendela Snip & Skecth ini kalian bisa menyunting tangkapan layar dengan memotongnya, menambah coretan, highlighter dan lainnya.

6.) Apabila sudah selesai kalian bisa klik ikon Save pada bagian atas untuk menyimpan hasil tangkapan layarnya.

 

 

5.) Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Snipping Tool

Cara selanjutnya untuk melakukan tangkapan layar pada Laptop dan PC dengan menggunakan Snipping Tool. Cara ini sendiri hampir sama dengan ketika kalian menggunakan aplikasi Snip & Sketch.

Berikut ini adalah caranya :

1.) Bukalah jendela atau halaman yang ingin kalian ambil gambarnya kemudian tekan tombol Windows, ketikkan Snipping Tool lalu pilihlah tool tersebut ya.

2.) Pada saat jendela Snipping Tool muncul, kalian bisa memilih opsi New untuk mengambil tangkapan layar pada Laptop atau PC kalian ya.

3.) Pilihlah area yang ingin kamu ambil dengan menandainya menggunakan border tipis berwarna merah.

4.) Pratinjau tangkapan layar yang ditampilkan dan kalian bisa mengeditnya terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah selesai maka kalian bisa langsung menyimpannya dengan menekan File > Save As lalu pilihlah direktori yang kalian inginkan.

 

 

6.) Cara Screenshot di Laptop Menggunakan PhotoScape

Cara mengambil tangkapan layar yang terakhir adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi PhotoScape. Cara ini sendiri biasanya hanya bisa digunakan pada Windows 10.

Simak caranya di bawah ini :

1.) Buka aplikasi PhotoScape kemudian klik icon Screen Capture atau tangkapan layar ya.

2.) Lalu akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan beberapa pilihan, seperti menangkap jendela, menangkap utuh satu layar hingga menangkap area dan mengulang tangkapan terakhir.

3.) Jika sudah memilih mau menggunakan metode yang mana, maka gambar yang ditampilkan pun secara otomatis akan disimpan sebagai hasil tangkapan layar yang bisa kalian edit terlebih dahulu dalam mode pratinjau untuk kemudian menyimpannya jika sudah selesai.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara screenshot di Laptop dan pastinya cara cara di atas sangat mudah untuk dipratikkan, selamat mencoba

 

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Aplikasi Diamond Gratis FF
  2. Streaming Bokeh Video Ful HD 4000
  3. Download Mod Truck Canter Bussid