Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Perbedaan BUKU DAN NOVEL

3 min read

 Perbedaan Buku Dan Novel

Membaca merupakan suatu hoby yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dan merupakan sumber ilmu yang sangat baik bagi kita dan merupakan suplai pengetahuan  bagi kehidupan, karena hoby membaca ini hendaknya kita terapkan kepada anak sejak dini. Dan  Salah satu sumber bacaan yang baik adalah buku dan novel.

Buku dan novel ini akan meningkatkan kan pemahaman kita tentang kehidupan bermasyarakat, lagi-lagi manfaat membaca buku dan Novel juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang, itu semua disebabkan karena, ilmu, pola pikir, emosi, tata bahasa, dll yang ada pada buku dan novel dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meningkatnya pengetahuan seseorang maka rasa percaya diri untuk berbicara didepan halayak ramai, seperti berpidato, sambutan, dan lainnya akan lebih mudah di lakukan.

Membaca buku ataupun membaca novel ini merupakan sumber ilmu pengetahuan, membaca buku biasanya kita semua bertujuan untuk mengetahui perkembangan ilmu-ilmu pengetahuan, yang terkandung didalamnya, atau untuk mengupgrade diri kita sendiri, sesuai dengan kemajuan zaman dan tren teknologi dari masa ke masa Yang selalu terbarukan.

Di lain sisi membaca novel ini sendiri dapat melupakan ketegangan dalam kehidupan sesaat, karena membaca novel itu bisa membawa kita berimajinasi,  dan terbawa kedalam ketegangan alur ceritanya. Dengan kata lain bisa pula menjadi sebuah ajang rekreasi karena cerita yang ada didalam novel.

Nah buku ini sendiri merupakan sumber Informasi otentik & terverivikasi namun berbeda dengan novel karena novel merupakan sumber hiburan yang baik karena terkadang terkandung berbagai macam ilmu pengetahuan didalamnya, terkadang orang-orang menyandingkan keduanya, akan tetapi terdapat perbedaan tipis di antara keduanya. Berikut ini kami akan berusaha mengupas apa itu buku dan novel, adakah terdapat perbedaan diantara kedua nya:

 

Devinisi Buku

Buku itu pada intinya merupakan Objek Fisik, yang terdiri atas sekumpulan halaman yang dibuat, atau diketik, lalu dicetak ataupun diilustrasikan, yang kemudian diikat secara bersamaan, dan kemudian ada samful tipis yang melindunginya, namun sebenarnya ini tidak lain hanyalah sebuah sumber Informasi ataupun pendidikan  yang tujuan utamanya hanyalah untuk meningkatkan kecerdasan, mencerahkan, memperkaya ilmu pengetahuan para pembaca.

Buku ini merupakan sumber pengetahuan yang besar. Karena ini semua merekam, menganalisis, meringkas, dan mengatur data yang terkait subjek yang pas, dan dengan susunan kata yang baik agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi buku yang terkandung didalamnya. Atau mungkin berisi studi khusus, tip, trik,  percobaan-percobaan dan sebagainya. Untuk sebuah pemahaman yang lebih baik , jelas, dari sebuah pokok bahasan.

Dalam sebuah sampul pada akan berisi hamparan atau rincian dasar dari Penerbittan buku, yang berupa Judul, Penulis, Penerbit, NOMOR BUKU SETANDAR INTERNASIONAL (ISBN), dan lain-lain. Lalu pada halaman awal kita akan menemukan yang disebut dengan halaman Hak Cipta, Pengakuan,  lalu kata pengantar, Daftar Isi, lalu di ikuti dengan bagian utama, Glosarium (bagian ahir buku yang mengikut sertakan istilah-istilah dalam sebuah buku) dan yang ter ahir adalah daftar pustaka.

Lalu buku itu sendiri terdapat dalam berbagai bahasa, terlebih terdapat buku-buku dalam versi terjemahan. Namun kekinian adapula buku dalam bentuk PDF bahkan dalam bentuk elektronikpun ada (Ebooks).

 

Defenisi Novel

Novel ini merupakan bentuk buku Fiksi Naratif yang panjang dengan beberapa realism, yang disajikan dalam bentuk gaya prosa, yang menyatakan pengalaman penulis ataupun pengalaman orang lain dengan deretan pristiwa yang secara terus menerus  prihal berbagai macam  karakter dalam penataan tertentu.

Novel itu sendiri menceritakan kisah-kisah yang memiliki cerita yang komplek, & bermacam-macam, alur, pengaturannya, judul yang berbeda, memiliki karakter yang kuat dalam cerita sebuah Novel, maksud dari pada kata-kata ”kisah yang kuat” bermakna karakter  esensial dari cerita, dalam menghadapi situasi yang rumit, mendapati transpormasi dan dengan siapa pembaca dapat dengan mudah berkorelasi.

Lalu novel itu dibuat atau ditulis sedemikian rupa agar dapat menghibur  atau membuat para pembaca terkesima, lalu pembacapun akan merasa terlibat didalam cerita yang terdapat dalam novel. Terkadang inipun mengungkap fakta-fakta kebenaran dalam kehidupan sehari-hari, seperti Politik, Ekonomi, dan sebagainya, dari tempat, dan dalam linimasa yang tepat.

Penulis (Novelis) adalah sebagai narrator, atau salah satu karakter cerita, dan menceritakan sebuah rantai kejadian yang terjadi, dan dengan  kepastian dimana cerita itu terjadi. Supaya pembaca dapat menggabungkan diri pembaca dengan pengaturan dan alur secara keseluruhan dan memvisualisasikannya. Inilah mengapa Novel  ini mengeluarkan bidasan (respons) emosional bagi pembacanya.

 

Perbedaan Mendasar Pada Buku dan Novel

Ada beberpa poin perbedaan mendasar  antara Buku dan Novel  yang akan kita bahas di sntsranya adalah:

  • Novel merupakan karya fiksi yang dibuat penulis dengan baik, dan di buat (ditulis) agar dapat menarik dan menghibur yang membaca dengan cerita yang ada didalamnya, sedangkan Buku memulai pada akun yang dicetak (diterbitkan) lalu isinya mengenai Informasi Spesifik untuk Subjek, dan diterbitkan dalam sekumpulan halaman lalu disatukan antara Peperback.
  • Sebuah buku tidak bisa dikata kan Novel. Namun sebaliknya pada Novel dapat juga dikatakan Buku Novel,karena Novel juga berupa buku. Karena karya sastra yang mencakupi Novel, Buku Komik, Jurnal, Buku Teks, Buku kerja, lalu masih banyak lagi jenis buku lainya di sebut sebuah buku. Oleh sebab itu tidaklah salah jika mengatakan Novel itu merupakan buku.
  • Penulis buku itu lebih kita kenal dengan sebutan penulis namun tidak pada novel karena penulis novel lebih kita kenal dengan sebutan novelis.
  • Dalam sebuah buku sangat diperlukan Intermiten dalam kasus buku sedangkan pada novel dikenal melahirkan respon Kongnitif terhadap pembaca. Kemudian buku ini ditulis oleh penulis atau novelis, sedemikian rupa agar dapat mengahasilkan bacaan yang kontinyu supaya terserap didalam cerita.
  • Kadang Buku terisi prosa karya sastra nan berbeda, dengan Informasi spesifik seperti Dongeng, Novel, Cerita, Puisi, dan lain-lain. Namun sebaliknya pada novel ia mencakup cerita dari berbagai karakter Memimpin dan Mendukung, Alur, Latar, Dialog, Judul, Konflik, yang menggambarkan keadaan dunia nyata.
  • Tujuan dari pada buku adalah untuk memperkenalkan, memberikan pendidikan, dan memberikan Informasi terhadap para pembaca. Sedangkan Novel sebaliknya, Novel di buat dengan tujuan memikat, menghibur pembaca, dan bersantai.
  • Kata- kata pada buku tidak ada jumlah secara spesifiknya, namun berbeda pada Novel kata-katanya harustidak kurang dari 40.000(empat puluh ribu) kata.

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari pada perbedaan Buku dan Novel ini adalah, bahwasanya bisa saja bermacam-macam (berupa apa saja) seperti fiksi ataupun bukan fiksi.perbedaan Buku dan Novel berikutnya adalah dalam artinya (maknanya), seluruh buku bukan lah Novel, namun semua Novel sudahlah pasti buku.

Artikel Lainnya :

 

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Perbedaan BUKU DAN NOVEL Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca