Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Butir-Butir Pancasila

2 min read

Butir-butir Pancasila adalah uraian mengenai beberapa poin yang ada pada Pancasila secara rinci dan detil. Pancasila tidak hanya harus dihafalkan saja namun semua warga Indonesia terutama generasi muda harus mengetahui butir-butir Pancasila.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan mengenai butir-butir Pancasila secara jelas dan lengkap.

Tapi sebelum itu mari kita lihat isi dari Pancasila.

Isi Pancasila

Sila Pertama : ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’

Sila Kedua : ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’

Sila Ketiga : ‘Persatuan Indonesia’

Sila Keempat : ‘Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan’

Sila Kelima : ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia’

Pastinya kalian masih ingat dong dengan bunyi Pancasila dari sila pertama hingga sila kelima. Jangan sampai kalian tidak hafal apalagi tidak ingat Pancasila khususnya bagi generasi milenial.

Selain mengetahui dan hafal bunyi Pancasila kita juga harus mengetahui butir-butir Pancasila, berikut ini penjelasan mengenai butir-butir Pancasila secara detil.

Butir – Butir Pancasila

Sila Pertama berisi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’

  1. Dengan sila ini Indonesia menyatakan mengenai kepercayaan. Serta memupuk ketaqwaan kita pada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Dari sila pertama ini dapat diketahui bahwa masyarakat Indonesia sangat yakin dan juga percaya pada Tuhan yang Maha Esa. Sesuai dengan agama dan juga kepercayaan yang dianut oleh masing-masing masyarakat dan sesauai dengan dasar kemanusiaan yang adil dan juga beradab.
  3. Dari sila pertama ini, mengajarkan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan sikap hormat. Selain itu juga sila pertama ini juga mengajarkan untuk saling bekerja sama di antara pemeluk agama lainnya. Tanpa terkecuali, termasuk mereka yang juga menganut kepercayaan berbeda.
  4. Sila pertama ini juga mengajarkan bagaimana cara untuk membina kerukunan hidup yang berada di antara sesama umat beragama. Selain itu juga untuk memupuk kepercayaan pada Tuhan yang Maha Esa.
  5. Pada sila pertama ini masyarakat juga diajak untuk mengerti jika Agama dan juga kepercayaan terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa merupakan masalah yang memiliki keterkaitan terhadap hubungan pribadi antara manusia dengan Tuhannya.

Sila ke kedua yang berisi : ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’

  1. Di dalam sila kedua ini. Kita diajarkan untuk dapat mengakui. Dan juga mempelakukan semua manusia sesuai dengan harkat dan juga martabatnya.
  2. Di dalam sila ini juga mengakui adanya persamaan derajat. Tak hanya itu saja, di sini kita juga diajarkan untuk mengakui adanya persamaan kewajiban asasi pada setiap manusi serta juga persamaan hak. Tanpa adanya pembeda yang berdasarkan pada suku, agama, keturunan, jenis kelamin, kepercayaan, warna kulit, kedudukan sosial dan yang lainnya.
  3. Dari sila kedua ini masyarakat Indonesia juga belajar untuk mengembangkan sikap untuk dapat saling mencintai sesama manusia tanpa terkecuali.
  4. Sila ini juga mengajarkan untuk dapat mengembangkan sikap saling tenggang rasa. Dan juga sikap tepa selira.
  5. Pada sila ini kita belajar untuk mengembangkan sikap agar tidak semena-mena pada orang lain.

Sila ketiga berisi : ‘Persatuan Indonesia’

  1. Dari sila ini kita dapat belajar untuk menempatkan persatuan dan kesatuan. Selain itu kita juga harus menghargai kepentingan bersama. Yang paling penting juga harus berada di atas kepentingan pribadi dan juga kepentingan golongan.
  2. Sila ini mengajarkan untuk dapat belajar sanggup dan juga rela untuk berkorban. Khususnya untuk kepentingan Negara dan juga kepentingan bangsa terutama jika dibutuhkan.
  3. Kita juga diajarkan untuk mengembangkan rasa cinta pada tanah air. Serta harus berbangga menjadi bangsa Indonesia dari sila ketiga ini.
  4. Dari sila ini kita juga harus belajar untuk mengembangkan rasa bangga pada bangsa. Kita juga harus bangga karena kita adalah masyarakat yang berkebangsaan serta bertanah air Indonesia.
  5. Kita diajarkan untuk memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan. Perdamaian abadi serta keadilan sosial dari sila ketiga ini.

Sila keempat

  1. Sebagai warga dan masyarakat Indonesia, di sini kita diajarkan bahwa setiap manusia memiliki kedudukan. Serta hak dan kewajiban yang sama persis bagi setiap manusia di Indonesia.
  2. Dari sila keempat ini kita tidak boleh memaksakan kehendak kita pada orang lain.
  3. Di sila ini juga menekankan jika musyawarah harus diutamakan pada saat mengambil keputusan bagi kepentingan orang bersama.
  4. Musyawarah sendiri dilakukan tentu saja untuk mencapai yang namanya mufakat. Dan tentunya akan disetujui oleh semua orang dan memupuk rasa kekeluargaan dan semangat kebersamaan.
  5. Wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat menghormati. Dan yang paling penting adalah dapat menjunjung tinggi semua keputusan yang sudah dicapai dan disepakati di dalam hasil musyawarah.

Sila kelima

  1. Pada sila terakhir di Pancasila ini, kita diajarkan untuk mengembangkan perbuatan baik yang akan memberikan cerminan sikap serta suasana kekeluargaan.
  2. Di sini kita juga harus mampu mengembangkan sikap jujur dan adil pada semua.
  3. Kita juga diajarkan untuk menjaga keseimbangan di antara hak serta kewajiban sebagai masyarakat Indonesia.
  4. Menghormati orang lain adalah salah satu hal yang wajib untuk dijaga.
  5. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus gemar menolong orang lain agar mereka dapat berdiri sendiri.

Nah, demikian pembahasan kali ini tentang butir-butir Pancasila. Jadi ingat ya, bukan hanya bunyi Pancasila saja yang penting untuk diketahui dan dihafalkan namun juga butir-butir yang terkandung dalam Pancasila.

Artikel Lainnya :

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Butir-Butir Pancasila Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca