Cara Convert PDF ke Word Tanpa Berantakan

Cara Convert PDF ke Word

RumusGuru.com – Cara convert PDF ke Word tanpa berantakan di bawah ini akan kami berikan bagi kalian yang ingin belajar mengconvert PDF dengan hasil yang rapi.

Di sini kita akan menggunakan berbagai macam cara ya, baik dengan menggunakan aplikasi, tanpa aplikasi hingga di android.

Langsung saja simak caranya di bawah ini.

Cara Convert Tanpa Berantakan di PC atau Laptop

Bagi pengguna perangkat PC dan Laptop, berikut ini adalah cara convert PDF ke Word anti berantakan

1.) Google Docs

Cara convert PDF ke Word sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Google Docs dan caranya pun terbilang rapi, tidak akan berantakan. Berikut ini caranya :

1.) Di sini yang harus kita lakukan adalah dengan mengunggah file PDF ke Google Drive.

2.) Jika file berhasil diunggah maka kita bisa klik kanan pada file PDF yang ingin kita convert. Lalu pilih saja opsi Open With > Google Docs.

3.) Di sini kita bisa langsung mengedit dan mengubah susunan yang ada pada file PDF saat dibuka dalam versi docs. Jika susunan file sudah benar, maka kita bisa langsung menyimpan file nya sekaligus mengconvertnya dengan cara klik File > Download as > Microsoft Word (.docx).

4.) File pun sudah berhasil disimpan dalam format docs.

2.) Microsoft Word

Selain menggunakan Google Doc, kita juga bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk convert file PDF ke Word dengan hasil yang rapi atau tidak berantakan. Berikut ini caranya :

1.) Buka Microsoft Word kemudiak klik File lalu pilih Open.

2.) Pilih file PDF yang ingin diubah kemudian klik Open lagi.

3.) Selanjutnya kalian akan melihat pop-up yang menginformasikan tentang file PDF yang hendak kalian convert dalam format Word. Klik saja OK agar prosesnya bisa dilanjutkan.

4.) Tunggu saja hingga prosesnya selesai dan setelah itu kalian bisa langsung mengedit isi filenya ya.

5.) Apabila dokumen sudah berhasil diedit maka kalian tinggal menyimpan dokumennya dengan cara klik Save As dengan ekstensi yang kalian inginkan, bisa doc atau docs ya.

3.) Adobe Acrobat PRO

Cara convert file PDF ke Word dengan hasil yang rapi lainnya bisa memanfaatkan salah satu software handal yang memang sudah sangat dipercaya untuk mengelola file PDF. Apalagi jika bukan Adode Acrobat PRO yang memang sudah terpercaya digunakan untuk mengelola file PDF.

Baik untuk mengcovert hingga mengeditnya.

Jadi berikut ini cara convert file PDF dengan Adobe Acrobat Pro :

1.) Buka Adobe Acrobat Pro di perangkat PC atau Laptop kalian.

2.) Buka file PDF yang ingin kalian ubah menjadi bentuk word.

3.) Kemudian klik File dan pilih opsi Export To -> Microsoft Word -> Word Document. Atau bisa juga dengan cara mengubah format Word sesuai dengan kebutuhan.

4.) Lalu pilih lokasi penyimpanan dan klik Save.

Cara Convert PDF ke Word Tanpa Berantakan di Android

Selain menggunakan perangkat PC atau Laptop, kalian juga bisa mengconvert File PDF ke Word tanpa berantakan di android. Di sini kita akan menggunakan dua cara, yakni dengan bantuan aplikasi dan bantuan situs layanan convert file PDF.

Berikut ini caranya, simak ya!

1.) PDF Converter

Untuk mengconvert file PDF ke Word di android, kita membutuhkan bantuan aplikasi yang memiliki kemampuan mengconvert file PDF. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kalian gunakan.

Namun di sini kami akan memberikan rekomendasi salah satu aplikasi convert file PDF android terbaik, yakni PDF Converter.

Jadi, karena kita membutuhkan bantuan aplikasi PDF Converter, maka kalian wajib mengunduh dan menginstall aplikasi ini di perangkat android kalian. Aplikasinya ini bisa kalian dapatkan di Google Play Store atau bisa langsung klik link di bawah ini untuk mengunduh aplikasinya :

 

1.) Apabila aplikasi sudah diunduh dan diinstall di perangkat android kalian, lalu bukalah aplikasinya ya!

2.) Setelah masuk di Home, maka tambahkan file PDF yang ingin diconvert dengan cara klik ikon +.

3.) Kemudian pilih jenis word yang kalian butuhkan kemudian tunggu hingga proses konversinya selesai.

4.) File PDF pun berhasil dikonversi ke bentuk Word dengan format dan urutan yang rapi.

 

2.) Smallpdf

Selain menggunakan aplikasi kalian juga bisa menggunakan situs layanan convert file PDF yang tersebar di internet. Namun di sini kita akan menggunakan Smallpdf yang termasuk salah satu layanan convert PDF online terbaik.

Cara ini sebenarnya tidak hanya bisa bekerja di perangkat android sana namun juga pada perangkat PC atau Laptop. Sebab yang kita butuhkan untuk menggunakan cara ini adalah peramban atau browser pada perangkat kalian.

Berikut ini caranya :

1.) Buka situs smallpdf di peramban atau browser kalian, atau klik link di bawah ini :

https://smallpdf.com/pdf-to-word

2.) Lalu drag PDF kalian di bagian unggah file.

3.) Di sini kalian bisa memulai proses konversi secara otomatis.

4.) Lalu tunggu hingga prosesnya selesai, maka kalian bisa mengubah PDF ke Word lalu menyimpan hasilnya dengan cara mengunduh file tersebut dan menyimpannya di perangkat kalian.

Demikian cara convert PDF ke Word tanpa berantakan yang pastinya akan sangat berguna pada kalian semua.