Cara Membuat Scan Barcode

Cara Membuat Scan Barcode

RumusGuru.com – Cara membuat scan barcode sendiri sangatlah mudah, dan caranya bisa langsung kalian pratikkan.

Karena di bawah ini kita akan memberikan informasi mengenai cara membuat scan barcode sendiri dengan sangat mudah.

 

Pastinya kalian juga sudah tidak asing dengan keberadaan barcode bukan, karena setiap kali kalian berbelanja di supermarket pastinya kalian akan melihat pelayan menscan barcode produk tersebut.

Dengan sebuah alat yang disebut dengan scaner yang digunakan untuk menscane barcode dengan bantuan sinar laser, maka pelayan tersebut akan dengan mudah mengetahui harga barang tersebut.

Selain itu barcode ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan aplikasi seperti WhatsApp Web yang membutuhkan scan barcode untuk terhubung.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasan mengenai apa itu barcode. Simak ya!

 

Barcode Adalah

Barcode sendiri merupakan istilah yang berarti suatu kumpulan data optic yang bisa terbaca oleh kemampuan mesin. Di dalam sebuah barcode kita akan melihat adanya kumpulan data yang disimbolkan dengan spasi gais parallel hingga lebar garis.

Nama lain dari barcode sendiri adalah kode batang, satu dimensi atau simbologi linear.

Meski sebagian besar barcode berbentuk garis namun ada juga barcode dengan bentuk persegi, heksagon, bentuk titik titik hingga barcode berbentuk geometri dan masih banyak yang lainnya.

Di dalam barcode sendiri berisikan kode matriks atau pun simbologi dua dimensi.

 

Itulah tadi penjelasan mengani barcode, lalu bagaimana cara membuatnya? Di sini kita akan belajar membuat barcode melalui HP dan juga PC. Simak caranya di bawah ini ya!

 

 

Cara Membuat Scan Barcode dengan Mudah di HP

Untuk membuat barcode di HP ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan, berikut ini adalah langkah-langkah membuat barcode :

 

1.) Install Aplikasi Barcode Generator

Langkah pertama untuk membuat barcode tentunya kalian harus memiliki aplikasi pembuat barcode. Ada banyak sekali aplikasi pembuat barcode yang bisa kalian gunakan, dan di sini kita akan mencoba menggunakan aplikasi Barcode Generator.

Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store atau langsung klik pada link di bawah ini untuk mendapatkan dan menginstall aplikasinya di perangkat kalian.

 

Barcode generator dipilih sebab karena aplikasi ini mendapatkan rating yang paling tinggi di Google Play Store. Juga karena aplikasi ini juga mempunyai ukuran yang terbilang cukup kecil. Sehingga dinilai tidak akan membebani perangkat yang kalian gunakan.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki tampilan interface yang terbilang cukup sederhana sehingga bisa dengan mudah dipahami.

 

2.) Jalankan Aplikasi Barcode Generator

Jika kalian sudah menginstall aplikasi Barcode Generator, maka kalian bisa langsung membuka aplikasinya. Jika sudah masuk ke tampilan home maka kalian bisa pilih atau tekan tanda + yang ada pada lingkaran merah. Lanjutkan dengan memilih ADD CODE.

 

3.) Pilih Jenis Barcode

Di sini kalian akan diberikan beberapa pilihan jenis barcode yang lumayan banyak di aplikasi Barcode Generator ini. Mulai dari QR Code, Aztec Code, Code39, Codabar, DataMatrix dan lain sebagainya.

Lalu lengkapilah data data informasi yang hendak kalian masukkan ke dalam barcode yang kalian buat tersebut.

 

4.) Gambar Barcode Siap Disimpan

Jika kalian sudah memasukkan data informasi yang ingin kalian tampilkan di dalam barcode maka gambar barcode buatan kalian ini pun sudah bisa kalian simpan. Kalian bisa menyimpannya dalam berbagai macam format, mulai dari format jpg hingga png.

Selain menyimpannya dalam perangkat kalian, kalian juga bisa langsung membagikan barcode yang sudah kalian buat melalui tombol sharing dan bagikan ke sosial media seperti Facebook, WhatsApp, Line dan lainnya.

 

 

Cara Membuat Scan Barcode dengan Mudah di PC atau Laptop

Tidak hanya melalui android saja, kalian juga bisa membuat barcode lewat PC atau laptop dengan cara yang tak kalah mudahnya dengan membuat barcode melalui aplikasi Barcode Generator di android.

Di sini kalian juga bisa membuat berbagai macam jenis barcode seperti Code 39, QR Code hingga Code 128 dan masih banyak yang lainnya.

Jika pada cara membuat barcode kita membutuhkan bantuan aplikasi seperti Barcode Generator. Namun di sini kita bisa menggunakan layanan barcode generator online. Ada banyak sekali layanan barcode generator online yang bisa kalian gunakan.

Di sini kita akan menggunakan barcode-generator.org yang terbilang cukup umum digunakan dan mudah untuk dipakai membuat barcode ala kalian sendiri.

Berikut ini adalah cara membuat barcode lewat PC :

1.) Langkah pertama adalah kunjungi www.barcode-generator.org melalui browser di PC atau Laptop kalian ya.

2.) Lanjutan dengan memilih jenis barcode yang hendak kalian buat pada menu Create Free.

3.) Kemudian masukkanlah data yang kalian butuhkan untuk membuat barcode sesuai dengan kebutuhan.

4.) Langkah terakhir adalah dengan klik tombol Create QR Code.

5.) Selesai, maka barcode kalian pun sudah jadi dan bisa langsung digunakan.

6.) Unduh barcode yang sudah kalian buat tadi dalam berbagai format yang sudah disediakan mulai dari JPG, EPS hingga SVG.

 

Ternyata cukup mudah kan, cara membuat barcode sendiri baik dengan menggunakan android atau pun lewat PC dan Laptop. Terpenting adalah ikuti setiap langkah yang sudah kami ulas di atas agar kalian bisa membuat barcode sesuai dengan kebutuhan kalian ya.

Demikian ulasan kali ini mengenai cara membuat scan barcode sendiri dengan mudah baik lewat android mau pun lewat PC. Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa….

 

Baca Artikel Lainnya :

  1. Download Aplikasi KineMaster Pro
  2. Edit PDF Online Terbaik
  3. GB Whatsapp New Version Download

 

cara membuat barcode qr sendiri, cara membuat qr code berisi gambar, cara membuat barcode yang bisa di scan, cara membuat barcode di komputer, cara scan barcode, cara membuat qr code offline, cara membuat barcode kartu anggota, cara membuat barcode batang