Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di PC

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di PC

RumusGuru.com – Cara membuka situs diblokir tanpa aplikasi di PC sebenarnya cukup mudah, namun sayang masih belum banyak yang tahu caranya.

Suatu konten diblokir oleh Kominfo biasanya memang dikarenakan konten tersebut mengandung unsur yang berbahaya bagi masyarakat. Bisalnya konten berbumbu dewasa, perjudian hingga lainnya.

Namun ada juga situs yang diblokir meski tidak memiliki konten berbahaya dan hanya mengalami dampak dari situs lain yang memiliki konten berbahaya. Misalnya saja seperti Reddit yang harus terkena imbas pemblokiran sehingga sudah tidak bisa diakses.

Untuk bisa mengakses situs yang diblokir ini kita bisa menggunakan VPN namun aplikasi VPN ini kadangkala tidaklah gratis alias harus berbayar atau berlangganan. Selain itu ukuran aplikasi VPN yang terbilang besar bisa menguras ruang penyimpanan di perangkat kalian.

Padahal sebenarnya bisa kok, membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan VPN. Hanya saja masih belum banyak yang tahu cara ini dan lebih memilih menggunakan VPN.

 

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di PC

Suatu situs tidak bisa diakses bukan hanya karena diblokir oleh Pemerintah namun alasannya juga karena bisa saja situs tersebut diblokir oleh server. Seperti aplikasi Facebook, Instagram hingga YouTube yang diblokir oleh jaringan internet di sekolah.

Sebagian besar orang orang akan memilih menggunakan VPN, namun sebenarnya aplikasi ini terbilang tidak aman digunakan dan rentan akan kebocoran data pribadi kita.

Nah, lalu bagaimana cara membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi VPN di PC? Berikut ini caranya :

1.) Mengakses Situs Diblokir dengan Menggunakan Bantuan Situs Proxy

Daripada menggunakan aplikasi VPN PC terbaik, di sini kita justru akan mengajak kalian untuk belajar menggunakan web proxy. Web proxy ini bernama ProxySite yang dianggap mampu membantu kalian untuk membuka situs situs yang diblokir dengan cara yang terbilang cukup mudah.

Cara ini sendiri juga sama mudahnya dengan cara membuka blokir internet dengan menggunakan aplikasi anti internet positif pc. Berikut ini cara-caranya :

1.) Kunjungi situs ProxySite di https://www.proxysite.com/.

2.) Lalu pilihlah server proxy yang hendak kalian gunakan di menu dropdown.

3.) Kemudian masukkan URL situs yang ingin kalian kunjungi atau sits yang terblokir, lalu langsung klik GO.

4.) Tunggu saja hingga akhirnya halaman situs berhasil untuk ditampilkan.

 

Ingat ya, untuk mengunjungi situs yang sudah diblokir lainnya, caranya tinggal memasukkan URL pada kolom pencarian yang ada di bar ProxySite yang letaknya berada di bagian atas.

 

2.) Menggunakan Ekstensi VPN yang Ada Pada Google Chrome

Cara kedua yang bisa kalian gunakan selain menggunakan situs proxy, kalian bisa memanfaatkan ekstensi VPN yang ada pada Google Chrome untuk bisa membuka situs yang terblokir. Keunggulan dari cara ini ialah ekstensi yang kalian gunakan ini tidak memerlukan space dan melakukan instalasi pada suatu aplikasi.

Cara menggunakan ekstensi VPN yang ada di Google Chrome adalah sebagai berikut :

1.) Langkah pertama adalah dengan mengunjungi situs ekstensi Chrome lewat link ini, langsung saja klik linknya.

2.) Setelah kalian diarahkan ke halaman ekstensi Chrome, maka kalian bisa melihat terdapat kolom search bar. Di sini kalian harus mencari nama ekstensi VPN yang hendak kalian gunakan.

Contohnya di sini kita akan menggunakan NordVPN lalu klik tombol enter pada keyboard.

3.) Kemudian lansung saja klik pada hasil pencarian yang dimunculkan lalu pilih pilihan Add to Chrome yang ada pada pojok kanan atas.

4.) Ekstensi yang kalian tambahkan pun kemudian akan muncul pada toolbar Google Chrome. Lalu klik pada ekstensi VPN tersebut lalu pilih saja pilihan untuk mengaktifkan.

 

 

Nah, itulah dia cara membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau VPN. Caranya cukup mudah kan, namun sayang sekali masih banyak yang belum mengetahui cara ini.

Meskipun cara membuka situs diblokir tanpa menggunakan aplikasi atau VPN ini terhitung mudah. Namun cara ini dianggap juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang wajib kalian pertimbangkan sebelum menggunakan cara ini.

 

Kelebihan Menggunakan Web Proxy

Beberapa kelebihan mengguankan web proxy adalah :

1.) Keamanan dianggap lebih terjaga hal ini dikarenakan data pribadi atau IP Addres tidak akan dapat terdeteksi sebab lebih dulu disembunyikan oleh Proxy.

2.) Bisa digunakan secara langsung tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi ketiga seperti VPN, namun bisa langsung menggunakan browser bawaan yang ada pada perangkat kalian seperti Google Chrome, Safari hingga Internet Explorer.

 

Kekurangan Menggunakan Web Proxy

Sementara itu menggunakan web proxy ini memiliki beberapa kelemahan, di antaranya adalah :

1.) Pada saat proses browsing dengan menggunakan web proxy kalian hanya bisa melakukannya pada sebuah tab saja atau tidak adanya fitur multitab.

2.) Untuk mengakses situs yang terblokir dengan menggunakan web proxy terbilang membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding pada saat mengakses situs seperti biasanya.

 

Sebenarnya cara membuka situs yang terblokir sangatlah mudah, namun sayang sebagian besar orang hanya menggunakan VPN saja. Padahal ada cara lain yang dianggap lebih aman dan lebih mudah.

Namun ingat ya, gunakan cara ini dengan bijak.

Demikian cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di pc, semoga menginspirasi.

 

Artikel Lainnya :

  1. Danau Tektonik
  2. Batas Teritorial Laut Indonesia
  3. Faktor Penentuan Lokasi Industri