Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Cara Mencegah El Nino

3 min read

Cara Mencegah El Nino

El Nino adalah fenomena perubahan iklim global yang disebabkan oleh pemanasan suhu permukaan laut Pasifik di timur. Adapaun cara mencegah terjadinya el nino ini akan kami bahas dalam Materi Makalah Cara Mencegah El Nino Lengkap di bawah ini.

Cara Mencegah El Nino

El Nino adalah fenomena perubahan iklim global yang disebabkan oleh pemanasan suhu permukaan laut Pasifik di timur.

El nino terjadi dalam 2 hingga 7 tahun dan berlangsung 12 hingga 15 bulan. Karakteristik terjadinya El Nino adalah kenaikan suhu permukaan laut secara berkala di wilayah Asia-Pasifik dan meningkatnya tekanan udara antara Darwin dan Tahiti.

Indikator terjadinya El Nino adalah ditunjukan nilai indeks osilasi selatan . Jika ada El Nino, indeks Oasilasi selatan memiliki nilai negatif. Nilai ini berlaku untuk jangka waktu 3 bulan.

Nilai indeks osilasi selatan di Asia Tenggara terkait erat dengan presipitasi, sehingga nilai Indeks Osilasi Selatan adalah indikator yang cukup untuk menentukan curah hujan di Asia Tenggara.

Namun, nilai negatif dari Indeks Isolasi Selatan tidak selalu diikuti oleh penurunan curah hujan yang drastis. Jika nilai Southern Isulation Index -10 atau di bawahnya, curah hujan akan berkurang secara drastis. Namun, pada lebih dari -10, terjadi peningkatan curah hujan yang drastis.

Proses Terjadinya El Nino

Berikut ini adalah proses terjadinya El Nino:

  • Salah satu terjadinya El Nino adalah kenaikan suhu di Samudra Pasifik ke timur.
  • Sementara itu, suhu permukaan laut di Indonesia telah menurun karena daya tarik dari semua suhu permukaan yang hangat untuk Samudra Pasifik Timur. Ini mengarah pada pengurangan jumlah awan, sehingga curah hujan berkurang.
  • Penurunan suhu yang dihasilkan menyebabkan tekanan udara menjadi tinggi, menyebabkan udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.
  • Permukaan Samudra Pasifik di bagian barat terasa lebih sejuk, yang mengarah ke atas. Upwelling adalah proses meningkatkan badan air di bawah permukaan laut ke permukaan laut. Semakin rendah suhu turun dan kepadatan air meningkat.
  • Ketika laut tropis memanas di timur, ia menjadi lebih dingin di barat.

Meskipun El Nino mampu memberikan manfaat bagi nelayan di Indonesia, sebagian besar fakta menunjukkan bahwa El Nino memiliki dampak buruk pada kehidupan orang Indonesia.

El Nino akan menyebabkan kekeringan panjang. Bahkan jika air adalah kebutuhan dasar masyarakat kita. Air adalah faktor utama di sektor lain seperti ekonomi, urusan sosial dan bahkan pendidikan.

Kekeringan tentu akan merugikan masyarakat. Pemerintah bahkan harus mengeluarkan lebih banyak anggaran negara untuk menyelesaikan masalah El Nino ini.

Cara Mencegah El Nino

  1. Untuk mengantisipasi dampak negatif El Nino, pemerintah harus memperingatkan masyarakat pada tahap awal sehingga masyarakat dapat melakukan persiapan di semua sektor.
  2. Selain itu, pemerintah dan masyarakat juga harus menyiapkan cadangan makanan pokok untuk mencegah kelaparan. Ini adalah upaya yang perlu ditangani, serta antisipasi, karena elino memungkinkan kegagalan panen bagi petani. Jika masyarakat tidak menyiapkan makanan, masyarakat menderita kelaparan karena krisis pangan karena gagal panen.
  3. Langkah lain adalah bahwa orang Indonesia, terutama petani, perlu meningkatkan produksi beras atau makanan pokok untuk memenuhi target produksi yang telah ditentukan.
  4. Percepatan waktu tanam di berbagai daerah juga harus dilanjutkan.
  5. Pemerintah, bekerja sama dengan masyarakat, juga dapat mengembangkan varietas padi yang dapat ditanam di daerah dengan drainase air rendah.
  6. Lahan basah atau daerah berawa juga dapat digunakan sebagai sawah. Daerah seperti Lampung, Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan luas rawa 1,8 juta hektar dapat digunakan sebagai sawah.
  7. Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa gudang atau gudang dipertahankan untuk mempertahankan kelebihannya.
  8. Langkah terakhir adalah meninjau saluran imigrasi, waduk dan daerah sekitarnya, dan untuk memastikan bahwa area tersebut berfungsi dengan baik untuk menangani kekeringan dalam bencana El Nino.

Baca Juga : Upaya Menanggulangi Pemanasan Global

Dampak El Nino

Ketika El Nino terjadi, suhu permukaan Samudra Pasifik akan naik ke timur. Namun, situasi ini akan berbanding terbalik dengan permukaan laut di ruang Indonesia. Di laut sekitar Indonesia, suhu akan turun dan tekanan udara akan meningkat. Semakin timur suhu naik.

Dampak El Nino di Indonesia

Suhu permukaan laut di perairan yang lebih dingin di Pasifik Barat menyebabkan tekanan udara naik dan turun, dan udara bergerak ke daerah-daerah dengan tekanan lebih rendah.

Dengan kata lain, permukaan laut di Pasifik barat, angin akan bergerak ke timur dan angin akan membawa uap air ke barat, yang berbelok ke timur. Akibatnya, Indonesia akan mengalami kekeringan.

  1. Kekeringan adalah dampak negatif pertama yang akan dialami wilayah daratan Indonesia ketika El Nino terjadi. Kekeringan akan terjadi dalam periode waktu yang relatif lebih lama daripada tahun-tahun normal. Kekeringan terjadi karena uap air yang ditakdirkan untuk bertiup ke Indonesia sebenarnya telah berhenti di Pasifik timur. Permukaan laut di sekitar Indonesia akan mendingin karena semua massa air hangat ditarik ke Samudra Pasifik Timur. Ini karena perbedaan tekanan udara, dengan uap air yang mengalir ke timur, mengurangi curah hujan di Pasifik barat.
  2. Penurunan curah hujan di Indonesia mengurangi aliran air sungai. Akibatnya, lahan pertanian yang kebutuhan airnya bergantung pada air sungai akan terkena dampak kekeringan. Pada saat yang sama, kondisi ini menyebabkan penurunan produktivitas tanaman atau bahkan kegagalan panen karena kekeringan.
  3. Namun, El nino tidak selalu memiliki efek negatif. El Niño juga dapat memiliki dampak positif pada masyarakat di Indonesia, terutama bagi orang-orang yang mencari nafkah sebagai nelayan. Kehadiran El Nino akan meningkatkan kandungan klorofil di permukaan laut Indonesia. Klorofil adalah nutrisi bagi ikan, sehingga banyak ikan bermigrasi ke perairan Indonesia. Tentu saja, ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi nelayan di Indonesia.
  4. Dari Oktober hingga Maret, matahari ada di belahan bumi selatan. Akibatnya, Australia akan mengalami musim panas sementara Asia mengalami musim dingin. Di Australia, tekanan udara akan berkurang, sedangkan di Asia tekanan udara akan meningkat. Hal ini menyebabkan angin berpindah dari Asia ke Australia, membawa banyak uap air saat mengalir melalui lautan luas dan kemudian musim hujan.

Dampak El Nino di seluruh dunia

Beberapa efek di atas adalah efek El Nino yang ada di Indonesia. El Niño juga dapat memiliki efek berbeda di seluruh dunia, seperti:

  • Angin pasat timur akan melemah
  • Melemahnya sirkulasi monsoon
  • Curah hujan di Indonesia, Amerika Tengah dan Amerika Utara-Selatan akan menurun. Daerah-daerah ini memiliki cuaca yang lebih sejuk dan lebih kering.
  • Curah hujan di wilayah Pasifik Tengah dan Khatulistiwa Barat serta di wilayah Argentina akan meningkat. Wilayah ini juga akan memiliki cuaca yang lembab dan hangat.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Perubahan Musim di Bumi

Apa itu El Nino?

El Nino adalah fenomena perubahan iklim global yang disebabkan oleh pemanasan suhu permukaan laut Pasifik di timur.

Apa ciri akan terjadinya El Nino?

Indikator terjadinya El Nino adalah ditunjukan nilai indeks osilasi selatan . Jika ada El Nino, indeks Oasilasi selatan memiliki nilai negatif. Nilai ini berlaku untuk jangka waktu 3 bulan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Cara Mencegah El Nino Lengkap. Baca juga Macam-Macam Iklim di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Cara Mencegah El Nino Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca