Cermin Datar – Lengkap Dengan Rumus Dan Sifatnya

3 min read

Rumusguru.com – Cermin Datar merupakan bentuk dari permukaan yang licin serta dapat memantulkan bayangan untuk benda yang berhadapan atau berada didepannya. Benda ini tentu saja sangat mudah dijumpai dimana saja dalam kehidupan kita sehari hari.

 

 

Apakah Cermin Datar mempunyai Rumus Dan Sifat dalam memantulkan bayangan benda? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel kali ini.

Rumus Untuk Cermin Datar

Diketahui bahwa jumlah Fokus yang terdapat di cermin datar adalah tidak terhingga. Artinya jarak dari bayangan benda yang ada didepan cermin datar akan sama besar dengan aslinya.

Jika mempunyai 2 cermin yang bersutu lancip (θ), maka nilai bayangan suatu benda (n) yang terbentuk dari kedua cermin tersebut dapat dicari dengan rumus berikut:

360/A = GENAP maka m = 1
360/A = GANJIL maka m = 0

 

Jika  Anda ingin melihat secara keseluruhan bayangan dari suatu benda, maka Anda memerlukan cermin dengan ukuran tertentu atau panjang cermin adalah setengah dari panjang bendanya.

Tinggi Cermin Datar = ½ Tinggi Benda

 

Sifat Cermin Datar

Cermin Datar memiliki sifat memantulkan bayangan dengan Maya, kemudian Tegak, dan Sama Besarnya pada benda yang terdapat dihapannya secara menyeluruh.

Review Cermin Datar

Saat menyebut benda yang bernama Cermin Datar, Anda pasti berfikir tentang sebuah lemari besar, atau lemari rias yang sering Anda gunakan dirumah Anda untuk bercermin. Hal ini menjadi lumrah disaat kita akan melihat kerapian pakaian yang akan kita gunakan dengan memanfaatkan pantulan bayangan dari cermin.

Sejatinya Cermin adalah sebuah benda dari kaca yang berpermukaan licin serta memantulkan bayangan benda yang terdapat dihadapannya secara rinci dan menyeluruh. Permukaan kaca yang halus membuat cermin menjadi sempurna.

Cermin Datar mempunyai bentuk yang datar tanpa adanya lengkungan ataupun cembungan. Hal ini menyebabkan bayangan yang terpantul dari cermin tersebut bersifat maya, sama besar, dan tegak.

Apabila ada dua cermin yang ditempatkan bersebrangan sehingga membentuk sudut dan menampilkan gambar antar objek. Objek di cermin pertama akan ditampilkan di cermin kedua. Begitu sebaliknya cermin kedua akan memantulkan kecermin pertama, dan seterusnya. Persamaan tersebut mampu mendeteksi jumlah gambar antara dua cermin yang berhadapan.

Perbedaan Antara Cermin Datar, Cekung, Dan Cembung

  1. Cermin Datar = Menciptakan bayangan dengan sama besar pada benda, artinya bayangan yang terjadi akan sama gerak.
  2. Cermin Cekung = Apabila terdapat benda yang berada di ruang 1 maka benda tersebut berada di ruang 4 dengan sifat bayangan yang maya, tegak serta akan diperbesar.
  3. Cermin Cembung = Pada Cermin Cembung sifat bayangan yang terjadi pada cermin akan selalu maya, kemudian tegak, dan akan diperkecil.

Bayangan Cermin Datar

Bentuk permukaan Cermin Datar adalah bidang pipih atau bidang lurus, tidak melengkung atau cembung di kedua sisinya. Pancaran cahaya yang mengenai benda akan diteruskan dan akan terlihat saat mengenai cermin. Kecerahan cahaya yang mengenai objek dapat menimbulkan bayangan pada objek.

Bayangan di cermin datar akan ditampilkan persis seperti objeknya. Alhasil mata kita mampu melihat gambar persis seperti objek aslinya, namun posisinya terbalik antara tangan kanan dan kiri.

Sejarah Terciptanya Cermin

Pada masa terdahulu, cermin diciptakan dengan menggunakan batu jenis opsidian, yang mengkilap dan alami. Cermin ini ditemukan di Turki (Anatolia) dan berumur sekira 6000 sebelum Masehi.

Di amerika Cermin yang terbuat dari batu mengkilap ditemukan pada tahun 2000 sebelum Masehi. Sementara di Mesopotamia Cermin yang dibuat dengan bahan tembaga ditemukan pada tahun 4000 sebelum Masehi.

Pada tahun 2000 sebelum Masehi cermin ditemukan di Cina terbuat dari bahan perunggu. Kemudian di Lebanon ( Sidon) cermin ditemukan pada abad pertama sebelum Masehi dan dibuat dari kaca yang berlapis logam. Cermin ini disebutkan oleh Pliny dalam bukunya yang berjudul Natural History.

Bahan Untuk Membuat Cermin

Untuk membuat sebuah Cermin pada masa awalnya terdahulu, Manusia memanfaatkan bahan logam kepingan yang dibuat mengkilap. Logam yang digunakan adalah perak atau tembaga untuk memfokuskan pantulan cahaya.

Namun pada masa modern Cermin banyak dibuat dengan menggunakan bahan kepingan kaca yang dibelakangnya terdapat salutan aluminium untuk menutupinya. Ini disebut dengan Sepuh Belakang.

Macam-Macam Cermin

Cermin dibagi tiga, yaitu:

1. Cermin Datar

Cermin datar adalah cermin dengan permukaan atau bidang datar seperti pada sebuah garis lurus. Bayangan yang dibentuk memiliki ukuran panjang dan lebar sama dengan benda. Jarak antara benda sama dengan jarak bayangan. Sifat yang dibentuk adalah maya, tegak, dan sama. Contoh seperti cermin rias.

2. Cermin Cekung

Cermin cekung adalah cermin berbentuk lengkung ke dalam. Bagian tengah memiliki jarak lebih jauh ke benda. Bayangan yang dibentuk tergantung pada letak benda.

3. Cermin Cembung

Cermin cembung adalah cermin berbentuk lengkung ke luar. Bagian tengah memiliki jarak lebih dekat ke benda. Bayangan dibentuk cermin cembung maya, tegak, diperkecil. Cermin cembung bersifat divergen dan negatif.

Efek Jika Terlalau Lama Bercermin

Berikut efek negatif bercermin terlalu lama, yaitu:

1. Kesehatan mental terganggu

Berdiri di depan cermin akan memicu risiko body dysmorphic disorder (BDD). Penderita sering melakukan hal yang berlebihan untuk mengkamuflase kekurangan.

2. Membandingkan diri

Karena sering fokus pada kekurangan, orang terlalu lama bercermin akan mulai membandingkan diri dengan orang lain.

3. Sombong

Bercermin terlalu lama bisa membuat menjadi sombong. hal ini terjadi ketika mendapatkan banyak pujian.

4. Fokus pada kekurangan

Berdiri terlalu lama didepan cermin bisa memperburuk keadaan. Orang akan mencari cara bagaimana menutupi kekurangan.

5. Benci pada diri sendiri

Karena tertekan, orang yang lama berdiri depan cermin pada akhirnya dapat membenci diri sendiri.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cermin Datar. Jangan lupa untuk mengikuti terus update artikel kami disetiap harinya dengan berbagai tulisan tentang ilmu pengetahuan dan berita tokoh. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Cermin Datar – Lengkap Dengan Rumus Dan Sifatnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca