Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Ciri-Ciri Masyarakat Pedesaan Menurut Talcot Parsons

1 min read

Ciri Masyarakat Pedesaan

Ciri-Ciri Masyarakat Pedesaan Menurut Talcot Parsons – Seorang sosiolog, Talcot Parsons, menjelaskan bahwa komunitas desa sebagai komunitas komunitas memiliki ciri tersendiri dibanding dengan masyarakat perkotaan. Lalu apa saja ciri tersebut? Nah maka langsung saja simak penjelasan kami mengenai Materi Makalah Ciri Masyarakat Pedesaan Menurut Talcot Parsons Lengkap di bawah ini.

Ciri-Ciri Masyarakat Pedesaan Menurut Talcot Parsons

Masyarakat pedesaan adalah sebuah komunitas yang sangat jauh dari modernitas dan lebih tradisional. Seorang sosiolog, Talcot Parsons, menjelaskan bahwa komunitas desa sebagai komunitas komunitas memiliki ciri sebagai berikut:

a. Afektivitas dikaitkan dengan perasaan kasih sayang, cinta, kesetiaan, dan keintiman / kemesraan. Perwujudan sikap tolong meonolong mengungkapkan simpati terhadap musibah yang dirasakan oleh orang lain dan membantu mereka tanpa syarat atau pamrih

b. Orientasi kolektif sifat ini adalah konsekuensidari afektifitas yaitu lebih mengedepankan kepentingan bersama, tidak menonjolkan diri tidak suka akan orang yang berbeda pendapat, initnya semua mesti menunjukkan keseragaman dalam hal perasaan.

c. Partikularisme pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penerapan tertentu tempat atau wilayah tertentu. Perasaan subyektif, perasaan kebersamaan sejati yang hanya berlaku untuk kelompok tertentu.

d. Askripsi adalah hubungan dengan kualitas atau sifat tertentu yang tidak dihasilkan oleh upaya yang tidak disengaja, tetapi suatu kondisi yang sudah menjadi kebiasaan atau puisi.

e. Kekabaran adalah sesuatu yang tidak jelas, terutama dalam hubungan antar individu tanpa pernyataan eksplisit. Penduduk desa menggunakan bahasa tidak langsung untuk menunjukkan sesuatu. Dari uraian di atas, Parson dapat mengenali desa-desa yang masih murni, tanpa pengaruh eksternal atau campur tangan globalisasi.

Masyarakat pedesaan memiliki sifat yang kaku, tetapi sangat ramah. Biasanya, adat dan kepercayaan masyarakat sekitar, yang masih membuat masyarakat pedesaan kaku, namun asalkan tidak melanggar ketentuan, peraturan / hukum adat dan kepercayaan maka masyarakat pedesaan akan menjadi masyarakat yang sangat ramah.

Intinya, masyarakat pedesaan mendukung komunitas seperti petani yang menyiapkan pangan, pekerja kasar, dan lainnya.

Penduduk desa mengenali berbagai fenomena sosial seperti pertentangan, konflik, dan kompetisi.

Perselisihan yang muncul biasanya karena masalah rumah tangga yang kerap menyebar di luar rumah. Pertentangan muncul dari perubahan konsep budaya, psikologi dan hubungan magic.

Pertentangan ini biasanya berakar pada kebiasaan masyarakat pedesaan seperti biasa memiliki saingan satu sama lain dalam beberapa aspek. Wujud persaingan ini bisa bersifat positif atau malah negatif. 

Baca Juga : Teori-Teori Perilaku Menyimpang di Masyarakat

Secara umum, karakteristik masyarakat pedesaan dapat ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini beberapa di antaranya.

  1. Masyarakat pedesaan biasanya akan menggunakan bahasa daerah untuk komunikasi sehari-hari.
  2. Masyarakat pedesaan berorientasi pada kepentingan bersama melalui gotong royong.
  3. Komunitas pedesaan selalu mengupayakan kerukunan antar manusia.
  4. Komunitas pedesaan biasanya lebih memilih kehidupan yang sederhana.
  5. Masyarakat pedesaan umumnya mengikuti aturan yang berlaku.
  6. Masyarakat pedesaan cenderung memprioritaskan pelestarian kehidupan tradisional.
Apa itu Desa?

Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai hak dalam mengurus rumah tangganya dengan berdasarkan hak asal usul serta adat istiadat yang sudah diakui Pemerintahan Nasional yang berada di Daerah Kabupaten.

Sebutkan gejala sosial yang terjadi pada masyarakat desa?

Kehidupan masyarakat pedesaan ada beberapa gejala-gejala sosial :

1. Konflik (pertengkaran)
2. Kontraversi (pertentangan)
3. Kompetisi (persiapan

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Ciri Ciri Masyarakat Pedesaan Menurut Talcot Parsons. Baca juga Faktor Perbedaan Perkembangan Negara Kaya dan Miskin. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Ciri-Ciri Masyarakat Pedesaan Menurut Talcot Parsons Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Hati

Ilham Zulfikar
3 min read

Siklus Krebs

Ilham Zulfikar
3 min read

Membran Sel

Ilham Zulfikar
2 min read