Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Contoh Anekdot

2 min read

Contoh Anekdot

Catatan anekdot merupakan sebuah cara pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung mengenai sikap dan perilaku anak yang muncul dengantiba-tiba yang dimaksud disini ialah peristiwa yang terjadi secara insidental). 

Anecdotal record(catatan kejadian khusus) merupakan uraian tertulis mengenai perilaku yang ditampilkan oleh anak dalam situasi khusus. Catatan anekdot ditulis dengan singkat.

Catatan anekdot menjelaskan sesuatu yang terjadi secara faktual (sesuai dengan apa yang dilihat dan didengar), dengan cara yang obyektif (tidak berprasangka, tidak menduga-duga), menceritakan bagaimana, kapan dan di mana terjadi peristiwa itu, serta apa yang dikatakan dan dikerjakan anak.

Penggunaan catatan anekdot banyak memberi keuntungan kepada pendidik (guru). Keuntungan menggunakan catatan anekdot tersebut adalah:

1.      Pengamatan dapat bersifat terbuka. Pengamat dapat mencatat apa saja tentang apa yang dilihatnya tanpa dibatasi hanya satu macam perilaku khusus.

2.      Pengamat dapat menangkap hal-hal yang tak terduga pada saat kejadian, pencatatan dilakukan nanti setelah pembelajaran usai, sehingga tidak mengganggu aktivitas guru.

3.      Pengamat dapat melihat dan mencatat tingkah laku khusus dan mengabaikan perilaku yang lain.

Secara ideal, komponen yang diases meliputi seluruh aspek perkembangan anak yaitu:

Fungsi Catatan Anekdot PAUD

Catatan anekdot digunakan untuk mencatat seluruh fakta, menceritakan situasi yang terjadi,
apa yang dilakukan dan dikatakan anak. Catatan anekdot sebagai jurnal kegiatan harian mencatat kegiatan anak selama melakukan kegiatan setiap harinya. Catatan anekdot memungkinkan untuk mengetahui perkembangan anak yang indikatornya baik tercantum maupun tidak tercantum pada RPPH.

Hal-hal pokok yang dicatat dalam catatan anekdot meliputi:

  • 1. Nama anak yang dicatat perkembangannya
  • 2. Kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak
  • 3. Perilaku, termasuk ucapan yang di sampaikan anak selama berkegiatan.

Catatan anekdot dibuat dengan menuliskan apa yang dilakukan atau dibicarakan anak secara obyektif, akurat, lengkap dan bermakna tanpa penafsiran subyektif dari guru. Akurat (tepat), objektif (apa adanya, tanpa memberi label misalnya: cengeng, malas, nakal), spesifik (khusus/tertentu), sederhana (tidak bertele-tele), dan catatan guru terkait dengan indikator yang muncul dari perilakuanak. Catatan dalam catatan anekdot lebih berupa jurnal kegiatan akan lebih baik bila disertai foto kegiatan yang dilakukan setiap anak.

FORMAT CATATAN ANEKDOT ANAK TK Kelompok                     : Semester                      : Tahun pelajaran          :

TanggalNama Anak PeristiwaTafsiran PermasalahanTindak lanjut dan Pemecahan
07-11-2010TaniaTidak mau bernyanyi bersama-samaIa sakit panas Membawa Tania ke Puskesmas

CATATAN ANEKDOT ANAK  USIA DINI

KELOMPOK                              : B
SEMESTER                                 : I
TAHUN PELAJARAN               : 2013/2014

Tanggal Nama Anak DidikPeristiwaTafsiranKeterangan
Juli 2014 Ria Rima Malas/Enggan melakukan aktivitas/kegiatan padahal anak tersebut selalu ceria/gembira setiap melaksanakan kegiatanKemungkinan ada permasalahan di rumah (keluarga)Melakukan kunjungan ke rumah untuk mengkomunikasikan yang terjadi pada diri anak.
Ternyata di rumah anak tersebut sering ditinggal ibunya ke luar kota.

Tujuan Catatan Anekdot

  1. Catatan anekdot yang dikumpulkan dari waktu ke waktu dapat memperkuat pemahaman guru terhadap setiap anak sebagai suatu pola atau munculnya profil anak.
  2. Catatan anekdot dapat menangkap kekayaan dan kompleksitas pada saat anak berinteraksi dengan sesama anak dan dengan material.
  3. Perubahan perilaku yang muncul yang dikumpulkan dalam portofolio memberikan usulan untuk rencana pengamatan selanjutnya, rencana pembelajaran dan pertemuan orangtua.

Nah cukup jelas bukan pembahasan tentang contoh catatan anekdot nya? semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita ya, baca juga artikel yang satu ini Kalimat Majemuk

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Contoh Anekdot Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Hati

Ilham Zulfikar
3 min read

Siklus Krebs

Ilham Zulfikar
3 min read

Membran Sel

Ilham Zulfikar
2 min read