Contoh Biodata Diri Dan Pengertiannya

3 min read

Contoh Biodata Diri

 

Rumusguru.com – Pernahkah Anda mendengar atau bahkan mengerti apa yang dimaksud dengan Biodata Diri? Jika belum memahaminya, maka suatu moment yang tepat. Ketika Anda membaca Artikel kami kali ini yang akan membahas tentang Contoh Biodata Diri Dan Pengertiannya.

Biodata Diri Merupakan keterangan yang berisi Informasi tentang data Diri Seseorang yang bersifat Pribadi dan ditulis secara lengkap. Biodata ini sendiri biasanya dipublish untuk berbagai keperluan yang bersifat penting seperti pembuatan Identitas atau bahkan untuk melamar pekerjaan yang diinginkan atau lainnya.

Untuk kelanjutan pembahasan mengenai Contoh Biodata Diri Dan Pengertiannya, silahkan Anda baca uraian berikut ini sampai selesai!

 

Definisi Dari Biodata Diri

Data Diri atau yang kerap disebut dengan Biodata ini, memang cukup Krusial akan penggunaannya. Terutama dalam hal pemberkasan terhadap sesuatu yang bersifat pengenalan jati diri seseorang, mulai dari Nama sampai pada hal lain yang  bersifat Informasi Identitas.

Untuk itu pembuatannya pun harus dengan keakuratan yang kemudian bertujuan agar kita dapat diketahui asal usul darimana tempat kita bahkan Nama kita. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penggunaan Biodata ini dalam berbagai hal termasuk juga untuk dipergunakan jika ingin melamar pekerjaan dan lain lain.

Format untuk Biodata seseorang juga harus benar dan tepat. Karena dalam penyusunannya mesti diperhatikan agar tidak salah tempat apalagi sampai salah penulisan. Karena hal ini dapat menyampaikan Informasi yang salah kepada Orang yang membaca atau Ingin mengetahui jati Diri kita untuk berbagai kepentingan.

Bagi Anda yang belum sama sekali mengetahui bagaimana cara ppenulisan atau format dari susunan Biodata ini, maka hendaknya Anda benar benar mempelajarinya. Sehingga disaat Anda membutuhkannya, tidak lagi ada kesulitan dalam susunan data diri yang baik dan benar.

Hal hal yang perlu menjadi perhatian Anda dalam penyusunan Biodata, antara ain adalah sebagai berikut:

 

Pilihan Huruf Yang Akan Digunakan

Apabila Anda ingin membuat Biodata Diri Anda untuk berbagai keperluan, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis Huruf atau Font yang akan digunakan. Hal ini menjadi penting karena tergantung pada tujuan pembuatan data Diri itu sendiri.

Dengan pemilihan Font yang benar maka diharapkan bagi pembaca Biodata Anda tidak mengalami kesulitan. Umumnya penggunaan Font yang sering dipakai untuk membuat Biodata adalah jenid Huruf Calibri, Arial, Time A New Roman dan lain lain sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya.

 

Struktur/ Susunan Biodata Yang Baik

Berikutnya yang juga tak kalah pentingnya adalah Susunan Biodata yang harus benar. Itu artinya dalam membuat data diri, seseorang harus benar benar menuliskannya dengan akurat dan dengan keterangan yang Asli.

Ini ditujukan untuk penyempaian Info yang ringkas dan tidak berbelit belit. Dimulai dari urutan yang paling penting sampai kepada data yang lainnya. Selain itu hal ini juga akan berpengaruh terhadap data penting yang akan kita sampaikan kepada pembaca dari biodata tersebut. Juga terhadap pemakainan tanda baca yang sesuai dan tidak berlebihan.

 

Penggunaan Tata Bahasa Yang Benar

Hal lainnya yang juga sangat perlu adalah penggunaan Tata Bahasa yang benar. Ini bertujuan untuk penyampaian Biodata Anda agar mudah dimengerti dan difahami oleh siapapun yang kelak akan membacanya.

Jika dinegara kita, tentu saja harus menggunakan Bahasa Indonesia dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Namun berbeda jika kita menggunakan bahasa asing, Bahasa Inggris misalnya, maka Anda harus menyusun Bahasa yang digunakan dengan Gramar yang benar.

Setelah Tiga Hal diatas telah Anda fahami, maka kemudian Anda juga harus mengetahui metode pembuatan Biodata secara lengkap seperti yang akan kami berikan contoh dibawah ini. Silahkan Anda simak dengan baik!

 

Metode Pembuatan Biodata Yang Benar Dan Lengkap

Berikut ini adalah susunan yang umum digunakan apabila seseorang ingin membuat Biodata Diri:

Nama
Tempat/ Tanggal Lahir
Alamat
Jenis Kelamin
Agama
Kewarganegaraan
Pendidikan Terakhir
Nomor Telpon

 

 

Contoh Biodata Diri Untuk Melamar Kerja

Nama                                     : Adi Eka Saputra

Tempat/ Tgl Lahir                 : Bandar Lampung/ 12 Maret 1980

Alamat                                   : Jalan Lada, No : 04 Rt 001, Rw 001 Komplex Perumahan Citra

Jenis Kelamin                        : Laki Laki

Agama                                   : Islam

Kewarganegaraan                  : Indonesia

Pendidikan Terakhir              : Pasca Sarjana (Strata 1 Fakultas Ekonomi)

Nomor Telpon                       : 0823 – 7766 – 8899

Status                                     : Kawin

 

Riwayat Pendidikan

  • TK Perintis Sejak Tahun 1981 sampai 1982/ Lulus Berijazah
  • SDN Perwira Sejak Tahun 1982 sampai 1988/ Lulus Berijazah
  • SLTPN Satria Muda Sejak Tahun 1988 sampai 1991/ Lulus Berijazah
  • SLTAN Pemuda Sejak Tahun 1991 sampai 1994/ Lulus Berijazah
  • Universitas Padjajaran Sejak Tahun 1994 sampai 1999/ Lulus Berijazah

 

Keahlian Khusus

  1. Dapat Mengoperasikan Komputer Serta Menguasai Komputer
  2. Memahami Dan Mengertia Akutansi Management
  3. Berpengalaman Dalam Pengelolaan Keuangan

 

Riwayat Pengalaman Kerja

  • Pernah Bekerja Sebagai Bendahara Diperusahaan Simpan Pinjam sejak tahun 2001 sampai 2005
  • Pernah Bekerja Sebagai Kasir Diperusahaan Tapioka sejak tahun 2006 sampai 2008

 

Kepribadian

Saya merupakan seseorang yang aktif dan produktif dalam pekerjaan, saya mampu bekerja dibawah tekanan, saya mampu bekerja dalam Team, saya juga dapat mengoperasikan Komputer dengan sangat baik serta dapat meminimalisir kesalahan dalam bekerja.

 

Biodata Keluarga

Nama Ayah               : Faris Al Farizi Spd.i

Nama Ibu                  : Dr Leonita Ermanila

Pekerjaan Ayah         : ASN (Aparatur Sipil Negara)

Pekerjaan Ibu            : Dokter Spesialis

Alamat                       : Jalan Lada, No : 04 Rt 001, Rw 001 Komplex Perumahan Citra

 

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai Contoh Biodata Diri Dan Pengertiannya yang telah kami bagikan secara lengkap untuk Anda semua. Terus ikuti Artikel kami yang lainnya dengan berbagai pembahasan menarik seputar Informasi tokoh dan juga Bidang Pendidikan, hanya di https://rumusguru.com/. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Contoh Biodata Diri Dan Pengertiannya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca