Contoh Cerita Fiksi

3 min read

Contoh Cerita Fiksi

RumusGuru.com – Contoh cerita fiksi di bawah ini akan kami sajikan bersamaan dengan penjelasannya mulai dari pengertian, jenis hingga strukturnya.

 

Pengertian Cerita Fiksi

Cerita fiksi atau teks fiksi merupakan karya sastra yang didalamnya berisikan mengenai cerita yang didasari dari fantasi, khayalan atau angan-angan semata. Sederhananya cerita fiksi merupakan suatu karangan yang tidak berdasarkan kisah nyata. Dan seluruh cerita yang ada di dalamnya hanya dibuat sesuai dengan keinginan pengarangnya.

Oleh sebab itu imajinasi dari pengarang merupakan salah satu penentu dari terbentuknya cerita fiksi. Biasanya imajinasi sendiri bisa berasal dari pengalaman, wawasan, pendidikan hingga pandangan dari pengarang terhadap semua peristiwa yang ada di sekitarnya.

 

Jenis Cerita Fiksi

Cerita fiksi terdiri dari beberapa jenis, yakni :

1.) Novel

Novel adalah suatu karya fiksi yang berbentuk prosa selain itu novel juga ditulis dalam bentuk prosa atau bisa juga dalam bentuk narasi.

2.) Cerpen

Cerpen adalah suatu karya yang berbentuk prosa naratif fiktif yang ditulis dengan padat, langsung pada tujuan utama cerita.

3.) Roman

Roman adalah karya sastra bentuk lama yang berisikan cerita fiksi atau rekaan yang menggambarkan kehidupan setiap tokoh dan karakter di dalamnya secara rinci.

 

Unsur Cerita Fiksi

Cerita fiksi sendiri terdiri dari dua unsur yakni unsur intriksik dan ekstrinsik dimana setiap unsurnya juga memiliki ketentuan, berikut ini penjelasan lengkapnya :

 

Unsur Intrinsik Cerita Fiksi

Unsur intrinsik yang ada pada cerita fiksi adalah :

1.) Tema

Tema adalah suatu gagasan dasar dan umum yang menjadi penopang dari sebuah karya sastra dan terkandung di dalam teks.

2.) Tokoh

Tokoh adalah pelaku yang ada di dalam cerita fiksi yang memiliki peran berbeda. Dalam sebuah karya tokoh sendiri terbagi dalam dua jenis yakni tokoh utama dan tokoh tambahan.

3.) Alur atau Plot

Alur adalah cerita yang berisi urutan kejadian, setiap kejadian yang ada di dalam cerita fiksi sendiri terhubung karena adanya sebab akibat.

4.) Konflik

Konflik sendiri merupakan suatu kejadian penting yang ada di dalam sebuah cerita fiksi yang sangat dibutuhkan sebagai pokok utama dalam cerita.

5.) Klimaks

Klimaks adalah puncak dari segala peristiwa dan konflik yang terjadi pada klimaks ini biasanya menggambarkan akibat dari segala peristiwa yang terjadi di dalam cerita. Dan bagaimana cara menyelesaikannya.

6.) Latar

Latar adalah keterangan yang digunakan di dalam cerita mulai dari latar waktu, tempat hingga lingkungan sosial.

7.) Amanat

Amanat merupakan nasihat yang diberikan dari pengarang bagi pembaca yang diambil dari setiap peristiwa dan persoalan yang ada dalam cerita fiksi. Amanat bisa diberikan secara tersurat maupun tersirat.

8.) Sudut Pandang

Sudut pandang adalah cara pandang pengarang yang digunakan sebagai sarana untuk menyajikan cerita berdasarkan pandangan dari sang tokoh, latar hingga peristiwa yang membentuk cerita di dalam sebuah karya pada para pembacanya.

9.) Penokohan

Merupakan teknik yang digunakan untuk menampilkan para tokoh dalam cerita.

 

Unsur Ekstrinsik Cerita Fiksi

Sementara itu unsur ekstrinsik di dalam cerita fiksi antara lain adalah :

1.) Keadaan secara subjektivitas, individu dari pengarang.

2.) Keyakinan.

3.) Pandangan hidup.

4.) Psikologi.

5.) Karya seni yang sudah dibuat.

 

 

Contoh Cerita Fiksi

Di sini kita akan memberikan beberapa contoh cerita fiksi berdasarkan beberapa genre berbeda yang bisa dijadikan sebagai referensi :

 

Contoh Cerita Fiksi Bertema Romansa

 

Judul : Matahari Tenggelam

Pengarang : RumusGuru.com

 

Setiap kali melihat debur ombak terakhir di penghujung hari. Ketika senja. Saat matahari akan berpulang. Maka disanalah aku akan berdiri menatap lautan dan langit yang akan berubah gelap dalam sekejap.

Di sini aku selalu menunggu untuk kembali melihatmu. Saat kalimat terakhir yang terucap hanya “Maaf, aku harus pergi”. Saat itulah aku tak pernah percaya pada senja.

Senja yang seharusnya membawamu kembali di akhir hari. Namun tak kunjung datang meski matahari berkali-kali tenggelam dan terbit di pagi hari.

 

Di garis pantai ini aku dan kamu terakhir bertemu. Katamu tak akan lama. Katamu kau akan kembali.

“Jangan pergi!” saat itu digenggam erat tangannya kuat-kuat. Lalu dengan menenangkan kau pegang pundakku sambil tersenyum.

“Aku tidak akan lama, tunggu saja aku saat senja.”

Tapi kamu bohong. Kamu selalu berbohong bahkan dalam sakit kamu masih tersenyum berkata tidak apa-apa.

Hingga pada saat kamu pergi sebenarnya aku tidak percaya karena kamu selalu berbohong padaku. Hingga matahari terbit lagi kamu juga tidak kunjung kembali.

 

 

Contoh Cerita Fiksi Bertema Horor

 

Judul : Manusia Terakhir

Pengarang : RumusGuru.com

 

Aku melihat beberapa masuk sambil membawa alat-alat berat dan berpakaian lengkap dengan helm berwarna jingga. Setelah lebih dari satu dekade berada di gedung ini, sepi, sunyi hanya sesekali suara dahan bergerak disapu angin yang bisa ku dengar.

Ku pikir bahwa aku adalah manusia terakhir di bumi ini. Tapi kedatangan orang orang itu mulai membuatku lega namun sedikit ragu.

Bisakah mereka menerimaku setelah sekian lama terkurung sendiri di gedung tua ini. Ataukah mereka akan berbahaya bagi ku.

Entahlah…

Yang jelas setiap mendengar deru mesin berbunyi aku ketakutan setengah mati.

 

Lalu aku perlahan aku keluar, memperlihatkan wajahku. Namun yang terjadi justru mereka berteriak lalu berlari meninggalkan ku dan gedung tua ini kembali sunyi.

Apa yang salah ya, dengan ku? Apa karena luka menganga yang ada di perut hingga menembus ke punggung ku ini yang membuat mereka lari ketakutan.

 

 

Demikianlah contoh cerita fiksi yang bisa kami sajikan untuk kalian semua semoga bisa jadi referensi belajar yang asyik ya.

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Tahap-Tahap Perjanjian Internasional
  2. Pithecanthropus Erectus
  3. Meganthropus Paleojavanicus

 

Contoh Cerita Fiksi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca