Contoh Cerita Non Fiksi

3 min read

Contoh Cerita Non Fiksi

RumusGuru.com – Contoh cerita non fiksi berikut ini bisa kamu jadikan sebagai referensi belajar yang lengkap dan menyenangkan. Fiksi sendiri adalah sebuah cerita yang sifatnya naratif. Atau isinya digunakan untuk menggambarkan suatu hal dengan cara imaginatif.

Karena cerita fiksi memiliki sifat yang berupa imajinasi atau khayalan sehingga biasanya tidak pernah terjadi dalam kehidupan nyata,

Tujuan dari cerita fiksi adalah untuk membangkitkan imajinasi pembacanya, namun meski sifat dari cerita fiksi adalah imajinatif akan tetapi jalan ceritanya masih dibuat logis.

Hal ini dilakukan agar di dalam cerita masih terdapat unsur kebenaran yang bisa digunakan untuk mendramatisasi jalan cerita.

Sedangkan cerita non fiksi merupakan kebalikannya, karena berasal dari klasifikasi berbagai karya yang bersifat informatif. Oleh sebab itu cerita non fiksi dibuat berdasarkan pada tanggung jawab dari penulisnya terhadap kebenaran dan juga keakuratan dari cerita atau infomasi yang ada di dalamnya.

 

Pengertian Cerita Non Fiksi

Jika dilihat berdasarkan pengertiannya, cerita non fiksi merupakan suatu karya sastra yang di dalamnya terdapat fakta, kebenaran hingga dilampirkan juga bukti nyata. Sehingga bisa dibilang jika cerita non fiksi adalah karangan cerita mengenai suatu hal yang benar-benar ada dan terjadi di dunia nyata.

Karangan non fiksi dapat disampaikan dengan cara objektif maupun subjektif tergantung dari jenis karya sastra tersebut.

Sementara itu karangan non fiksi dibagi ke dalam beberapa jenis, yakni :

1.) Karangan argumentasi

2.) Karangan presentasi

3.) Karangan opini

4.) Karangan fungsional

Karangan non fiksi lebih mengarah pada sebuah pengetahuan dan informasi yang bersifat beragam dan ditulis dengan gaya bahasa denotatif.

Mungkin kalian pernah membaca sebuah buku dan di dalam buku tersebut dicantumkan bahwa karya tersebut merupakan karya non fiksi. Istilah ini diberikan untuk memberikan perbedaan pada karya tersebut. Karena karya tersebut memiliki sifat intelektual yang berbeda dengan karya fiksi.

Beberpa karya non fiksi yang biasa kita temui antara lain seperti :

1.) Laporan

2.) Makalah

3.) Tesis

4.) Tulisan ilmiah

5.) Disertasi

Dan masih banyak yang lainnya.

 

Struktur Karangan Non Fiksi

Karangan non fiksi dibagi menjadi dua bagian secara garis besarnya dan berikut penjelasannya :

1.) Karangan Non Fiksi Murni

Karangan non fiksi murni merupakan suatu karangan yang disusun dan juga dibuat berdasarkan penggambaran yang otentik atau benar benar terjadi. Sehingga pengembangan atau pembuatan cerita ini harus disertai dengan bukti bukti yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

2.) Karangan Fiksi Kreatif

Sedangkan karangan fiksi kreatif di dalamnya juga menyediakan bukti berupa data data asli yang bisa dipertanggungjawabkan. Namun kemudian cerita akan dibuat dan dikembangkan menjadi suatu karangan yang imajinatif.

Misalnya saja novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata yang benar benar ada dan terjadi di kehidupan nyata. Mulai dari nama, tempat, kejadian semuaya benar adanya. Namun dalam proses penulisan novel, penulis menambahkan beberapa bagian yang merupakan karangan pemanis dan khayalan untuk memperindah cerita.

 

 

Contoh Cerita Non Fiksi

Berikut ini adalah dua contoh cerita non fiksi yang sudah kami rangkum dan bisa digunakan sebagai media belajar.

 

1.) Contoh Cerita Non Fiksi 1

Judul : Awal Mula Penemuan Mobil

 

Mobil pertama kali ditemukan oleh seorang pria bernama S. Marcus yang berasal dari Austria pada tahun 1875. Mulanya dia hanya berniat untuk membuat mesin gas pertama di dunia.

Meski sebenarnya ide dan pengembangan dari mesin gas sudah lebih dulu dilakukan oleh orang lain sebelum dirinya mulai mencoba untuk mengembangkan mesin gas. Akan tetapi Marcus lah yang pertama kali berhasil mengumpulkan hingga menghubungan mesin gas pada kendaraan.

Sehingga membuat kendaraan yang dikembangkan oleh Marcus dapat berjalan sendiri tanpa adanya bantuan tenaga dari kuda. Karena pada saat itu, kuda merupakan salah satu alat transportasi yang tidak hanya bisa ditunggangi saja. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk menarik kereta.

Semenjak itulan mesin penemuan dari Marcus dikenal dengan nama mobil, hingga 30 tahun berikutnya ada banyak sekali kontribusi yang dilakukan guna melakukan pengembangan untuk membuat mobil menjadi kendaraan yang semakin ramah untuk digunakan.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk mobil yang pertama kali ditemukan hingga kini mengalami perubahan bentuk berulang kali.

Tidak hanya mengalami perubahan bentuk saja, mobil juga dikembangkan agar lebih aman dan nyaman digunakan untuk menunjang mobilitas manusia.

Bentuk mobil pertama kali yang memperoleh hak paten di Amerika Serikat pada tahun 1911 merupakan cikal bakal dari mobil modern yang kita kenal sekarang ini. Dan pastinya sudah mengalami berbagai macam perkembangan dan perubahan setiap tahunnya.

Kini mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di dunia.

 

2.) Contoh Cerita Non Fiksi 2

 

Skripsi dibuat berdasarkan pada penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisa pengaruh dari variabel kompensasi finansia, non finansial, lingkungan kerja hingga kepuasan kerja.

Penelitian tersebut pun dilakukan atas dasar objek Po. Persada dan jumlah responden yang telah ditetapkan sendiri berjumlah 49 orang.

Pebelitian ini menggunakan teknik sampling dengan pemanfaatan teknik purposive sampling.

Sementara itu metode analisis yang digunakan terhadap data yaitu Regresi Liniar berganda dengan menggunakan SPSS 19 dan hasil pengujiannya pun dilaksanakan secara parsial.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan apabila Kompensasi Finansial atau X1 memunyai pengaruh yang positif pada kepuasan kerja atau Y dengan nilai signifikan yang dicapai pun sebesar 0,016.

Sedangkan untuk kompensasi Non Finansial atau X2 mempunyai pengaruh yang sifatnya positif pada kepuasan kerja (Y) dengan nilai signifikan sekitar 0,018.

Lalu pada lingkungan kerja atau X3 juga mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja atau Y dengan nilai signifikan hingga 0,028.

 

 

Demikian contoh cerita non fiksi yang bisa kami rangkum untuk kalian semua, semoga bermanfaat.

 

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Contoh Catatan Anekdot
  2. Kalimat Majemuk
  3. Kalimat Simpleks
Contoh Cerita Non Fiksi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca