Contoh Kalimat Konjungsi Antar Paragraf

3 min read

Seperti yang sudah kamu tahu, bahwa kata konjungsi adalah kata penghubung. Artinya kata konjungsi ini digunakan untuk menghubungkan antar kalimat. Terdapat dua kalimat atau bahkan lebih yang akan dihubungkan dengan menggunakan kata yang termasuk dalam kata konjungsi. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh kalimat konjungsi antar paragraf.

Kalimat konjungsi sendiri memiliki beberapa jenis dan kalimat konjungsi antar paragraf merupakan salah satunya, maka dari itu sebelum kita memberikan contoh kalimat konjungsi antar paragraf kita akan memberikan penjelasan dan pengertian mengenai apa itu kalimat konjungsi antar paragraf. Setidaknya kamu harus tahu kan, apa itu kalimat konjungsi antar paragraf jika dilihat dari pengertian umumnya.

Pengertian Konjungsi Antar Paragraf

Jika konjungsi merupakan sebuah kata, klausa atau frasa yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau bahkan lebih menjadi satu, dengan syarat kalimat ini harus memiliki makna yang sama atau setidaknya memiliki tingkatan yang setara.

Kalimat konjungsi sendiri memiliki beberapa jenis dan salah satu jenisnya adalah kalimat konjungsi antar paragraf yang akan kita berikan contoh lengkapnya di bawah ini. Jika kalimat konjungsi hanya digunakan untuk menggabungkan dua kalimat atau lebih, namun jika kalimat konjungsi antar paragraf ini digunakan untuk menggabungkan 2 hingga lebih dari 2 paragraf untuk menjadi satu dan memiliki keterkaitan antara satu paragraf dengan paragraf lain.

Paragraf ini pun juga harus memiliki makna dan arti yang setara agar dapat dimengerti dan dipahami artinya secara runut oleh pembaca.

Sementara itu kata yang sering digunakan di dalam kalimat konjungsi antar paragraf ini biasanya terdiri dari beberapa kata seperti : ‘adapun’, ‘mengenai’, ‘akan hal’, ‘dalam pada itu’, ‘terlebih lagi’, ‘di samping’, ‘oleh karena itu’, ‘berdasarkan’, dan ‘jadi’.

Sudah tahu kan, pengertian lengkap dari kalimat konjungsi antar paragraf? Jika sudah tahu makan mari kita beralih ke materi utama kali ini yakni contoh dari kalimat konjungsi antar paragraf.

Contoh Kalimat Konjungsi Antar Paragraf

Untuk membuat kamu lebih mengerti mengenai materi yang satu ini, kami sudah menyiapkan beberapa contoh kalimat konjungsi antar paragraf yang pastinya dapat kamu jadikan sebagai refrensi belajar yang mengasyikan. Mari simak contohnya di bawah ini ya!

Contoh 1

Joe Taslim merupakan salah satu aktor kenaam Indonesia yang namanya mulai dikenal saat berperan sebagai polisi di The Reid bersama dengan aktor laga terkenal lainnya yakni Iko Uwais. Film ini lah yang melambungkan nama Joe Taslim di perfilman Indonesia yang bahkan telah mengantarkannya ke kancah Hollywood dengan bermain dalam beberapa judul film Hollywood besar seperti Fast and Furious 6 yang membuat banyak pecinta film Indonesia bangga karena nya.

Terlebih lagi film yang juga dibintangi oleh Vin Diesel ini merupakan salah satu film waralaba paling sukses di Hollywood yang kini sudah memasuki seri ke 9 nya dengan raihan pendapatan yang tidak sedikit. Keterlibatan Joe Taslim dalam film ini pastinya membuat banyak orang bangga, apalagi tidak seperti aktor Indonesia lain yang hanya bermain sebentar di film Hollywood, Joe Taslim mendapatkan peran yang cukup penting dalam seri ke 6 Fast and Furious ini.

Adapun peran yang dimainkan oleh Joe Taslim adalah sebagai penjahat yang merupakan kaki tangan dari penjahat utama dalam film ini bernama Owen Shaw yang diperankan oleh Luke Evans. Di film ini Joe Taslim memerankan karakter penjahat bernama Jah yang berasal dari Indonesia, bahkan dalam salah satu adegan, Joe Taslim berkesempatan menggunakan bahasa Indonesia. Meskipun pada akhirnya karakter ini meninggal saat pertempuran di Bandara, namun akting apik Joe Taslim dipuji oleh banyak pihak.

Contoh 2

Yoon Eun Hye merupakan salah satu aktris terkenal asal Korea Selatan. Namanya mulai dikenal banyak orang saat dirinya bermain sebagai istri dari pangeran tampan di drama Korea berjudul Princess Hours. Di dalam drama ini dirinya beradu akting dengan aktor tampan bernama Joo Ji Hoon. Drama ini membuatnya dikenal tak hanya di Korea bahkan di Negara Negara Asia seperti Indonesia.

Oleh karena itu sukses berperan di Princess Hours membuat nama Yoon Eun Hye mulai banjir tawaran bermain dalam banyak drama salah satu yang tak kalah terkenal adalah Coffee Prince. Dalam drama yang dia perankan bersama dengan Gong Yo ini, Yoon Eun Hye mendapatkan peran yang jauh berbeda dari peran sebelumnya. Dirinya harus berperan sebagai gadis tomboy yang berpenampilan seperti laki-laki dan berupra-pura menjadi laki-laki untuk dapat bekerja di sebuah café yang bernama Cofee Prince, sesuai dengan namanya café tersebut hanya memperbolehkan laki-laki untuk bekerja di sana.

Oleh karena itu Yoon Eun Hye harus berpura pura untuk menjadi pria agar bisa menafkahi keluarganya dan membiayai sekolah adiknya. Sama halnya dengan Princess Hours, drama ini juga mendapatkan banyak penghargaan dan cinta dari penontonnya hingga semakin melambungkan nama Yoon Eun Hye didunia akting. Meskipun mulanya Yoon Eun Hye adalah seorang anggota girl band yang sempat debut selama beberapa tahun hingga akhirnya memutuskan untuk hengkang demi mengejar karier aktingnya.

Contoh 3

Virus Corona semakin merebak dan semakin mengkhawatirkan, setelah membuat Tiongkok kewalahan, kini virus ini justru menyebar di Korea Selatan dengan jumlah ratusan orang yang telah terjangkit oleh virus ini. 22 di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Oleh karena itu beberapa Negara sudah menutup penerbangan ke Korea Selatan dan melarang warga Negara Korea Selatan masuk ke negaranya seperti beberapa Negara di timur tengah. Hal ini juga yang membuat banyak event dunia dibatalkan karena adanya isu virus corona yang semakin merebak dan semakin meluas.

Berdasarkan sebuah berita yang disebarkan di internet beberapa event dunia terancam batal karena adanya isu mengenai virus corona ini, salah satunya adalah event balap Moto GP yang akan digelar pada 8 Maret mendatang di Qatar dan merupakan seri pembuka di tahun 2020 ini. Tentu hal ini membuat banyak pihak kecewa dan mengalami kerugian meski belum ada pengumuman pasti mengenai hal ini.

Di samping itu Indonesia juga sudah mengkonfirmasi jika virus corona sudah masuk ke Negara kita ini. Presiden Joko Widodo sendiri yang sudah memberikan keterangan jika ada 2 warga yang positif terjangkit virus corona. Hal ini membuat masyarakat Indonesia panik hingga melakukan beberapa tindakan yang membuat banyak orang berada dalam ketakutan seperti memborong masker dan bahan pokok di super market. Harga masker pun langsung melonjak tinggi dan naik hingga puluhan kali lipat yang membuat warga Indonesia terasa tercekik.

Jadi warga Indonesia berharap pemerintah mampu menangani masalah ini dengan segera. Bukan hanya memberikan keamanan bagi masyarakatnya namun juga menyediakan masker dengan harga terjangkau agar semua orang bisa memastikan diri mereka dalam keadaan aman dari virus corona.

Terlebih lagi tak semua warga Indonesia memiliki cukup uang dan pengetahuan penting mengenai cara penanggulangan dari virus corona sehingga pemerintah harus mampu memberikan penyuluhan bagi masyarakat Indonesia agar dapat terlindung dari virus yang mematikan ini segera.

Nah, itu dia contoh kalimat konjungsi antar paragraf yang sudah kami rangkum khusus untuk kalian semua, selamat belajar.

Artikel Lainnya :

Contoh Kalimat Konjungsi Koordinatif

Wewenang MPR Setelah Amandemen

Paragraf Induktif dan Deduktif

Contoh Kalimat Konjungsi Antar Paragraf Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca
SELAMAT DATANG
Hai Sobat Rumusguru.Com. Untuk Masukan, Saran, Kerja Sama dan Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami Melalui Email Ini Ya Sobat admin@rumusguru.com