Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Contoh Nilai Praksis

1 min read

Contoh Nilai Praksis

Contoh Nilai Praksis – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Contoh Nilai Praksis, yuk lihat penjelasannya dibawah ini:


Contoh Nilai Praksis


Nilai Praksis Pancasila

Makna praksis merupakan nilai-nilai instrumental Pancasila dalam perwujudan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, beragama, dan bernegara.

Dalam teorinya, perwujudan nilai praktis ini memiliki penjelasan tentang nilai-nilai dasar Pancasila yang senantiasa berkembang dan senantiasa.

Dapat diubah dan ditingkatkan (reformasi) sesuai dengan perkembangan zaman, iptek dan aspirasi masyarakat.

Proses penyempurnaan aturan nilai Pancasila di atas sering disebut sebagai amandemen.

Contoh Nilai Praksis


Perwujudan Nilai Praksis Pancasila

Penerapan berbagai nilai dalam Pancasila sebenarnya akan selalu diukur dalam butir-butir sila 1-5. Berikut isi dan makna yang terkandung dalam Pancasila;

  • Sila 1 “Ketuhanan”
  • Sila 2 “Kemanusiaan”
  • Sila 3 “Persatuan”
  • Sila 4 “Musyawarahtan”
  • Sila 5 “Keadilan”

Contoh Nilai Praktis Pancasila dalam Sehari-hari

Penjelasan mengenai contoh-contoh yang dapat disebutkan dalam nilai-nilai praksis Pancasila di atas adalah sebagai berikut;

Sila 1 Pancasila

Nilai praksis dalam Pancasila, terutama pada poin pertama, adalah mengakui keyakinan bahwa Bangsa Indonesia adalah Negara yang Bertuhan.

Dalam pembahasan ini, tersirat bahwa setiap kehidupan manusia membutuhkan kekuatan Tuhan. Karenanya, warga negara Indonesia wajib beriman.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari dari pengamalan pada sila 1 misalnya tentang keberadaan 6 agama di Indonesia yang diatur secara penuh.

Bahkan dalam UU, tepatnya pasal 29 memberikan keleluasaan untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinan masing-masing.

Sila 2 Pancasila

Penyebaran makna nilai praktis ini seakan memberikan pengakuan atas perilaku setiap manusia yang sesuai dengan martabatnya sebagai Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam tajuk rencana ini memberikan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai prioritas utama.

Contoh tindakan sehari-hari yang mencerminkan nilai praktis dalam Pancasila misalnya tentang praktik dalam Pasal 31 yang menyatakan bahwa warga negara berhak atas pendidikan.

Mulai dari melanjutkan pendidikan hingga fasilitas yang disediakan (diterima).

Sila 3 Pancasila

Contoh perilaku penyuluhan dalam sila 3 Pancasila ini menunjukkan bahwa setiap warga negara Indonesia selalu mampu dan mau berkorban untuk berbagai kepentingan negara dan bangsa jika diperlukan.

Kondisi pengamalan dalam nilai-nilai praktis sering disebut sebagai penanaman jiwa nasionalisme.


Sila 4 Pancasila

Praktik dalam nilai praktis Pancasila ke-4 ini menunjukkan bahwa mengedepankan kesimpulan musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan diutamakan dalam mewujudkan perdamaian bagi seluruh lapisan masyarakat.

Misalnya, penerapan Pasal 37 menyebutkan bahwa amandemen UU Daar (Amandemen UUD 1945) hanya dapat dilakukan jika DPR dan MPR mengambil keputusan bersama, dengan legalisasi yang kuat dari eksekutif.

Sila 5 Pancasila

Makna nilai praksis dalam sila kelima menunjukkan 3 makna utama yang ada, antara lain mengembangkan munculnya sikap adil.

Menjaga dengan sungguh-sungguh keseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara, dan menghormati orang lain.

Contoh keseharian nilai praktis ini antara lain Pasal 34 yang menyatakan bahwa si miskin dan si miskin adalah tanggung jawab negara, kondisi ini menimbulkan rasa persatuan.

Dimana setiap warga negara diberikan kewajiban untuk membayar pajak, dari hasil pajak yang diberikan lebih diutamakan untuk kepentingan bersama.

Dari penjelasan nilai praksis Pancasila dan contoh-contoh di atas, secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi Pancasila selalu dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Baik untuk melaksanakan kebijakan, melaksanakan pemerintahan, ekonomi, sosial, maupun sistem lain. Oleh karena itu, setiap bentuk negara memiliki makna ideologi yang tinggi.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Contoh Nilai Praksis, semoga bisa bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Contoh Nilai Praksis Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca