Contoh Soal Probabilitas

Contoh Soal Probabilitas

RumusGuru.com – Contoh soal probabilitas di bawah ini akan kami bahas beserta dengan pengertian dan penjelasan mengenai materi ini secara jelas dan rinci. Langsung saja kita ke pembahasan utama sebelum lanjut ke contoh soalnya ya!

 

 

Apa itu Probabilitas

Jika dilihat dari pengertiannya, maka probabilitas sendiri merupakan suatu nilai yang digunakan untuk mengukur tingkat terjadinya suatu kejadian yang terjadi secara acak. Sementara itu kata probabilitas sendiri jika diartikan secara umum akan memiliki arti peluang akan adanya sesuatu yang akan terjadi.

 

Konsep Probabilitas

Probabilitas mempunyai konsep yang dianggap sebagai salah satu peran penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Mulai dari bidang ilmiah, usaha, industri hingga bidang pemerintahan.

Bahkan konsep ini digunakan untuk memecahkan masalah kecil hingga masalah masalah besar.

Terdapat tiga kunci yang wajib untuk kalian ketahui di dalam mempelajari probabilitas. Yaitu eksperiman, hasil atau outcome dan kejadian/peristiwa atau even.

Contoh :

Suatu eksperimen dilakukan dengan cara melemparkan sebuah dadu, hasil atau outcome dari pelemparan dadu tersebut kemungkinan akan keluar biji satu, biji dua, biji tiga dan seterusnya.

Kumpulan dari beberapa hasil percobaan tersebut disebut dengan istilah kejadian atau even.

 

Probabilitas sendiri biasanya dinyatakan dengan bentuk bilangan desimal, misalnya : 0,50, 0,20 atau 0,89. Tapi juga bisa dinyatakan dalam bentuk pecaha, misalnya : 5/100, 10/100, 25/100 dan lain sebagainya.

Nilai probabilitas juga berkisar antara 0 hingga 1 dan semakin dekat nilai probabilitasnya ke nilai 0, maka semakin kecil pula kemungkinan suatu kejadian akan dapat terjadi. Dan apabila semakin dekat nilai probabilitas ke nilai 1 maka semakin besar pula peluang suatu kejadian akan terjadi.

 

 

Contoh Soal Probabilitas

Contoh Soal 1

Di sini kalian memiliki 10 kartu dengan nomor mulai dari 1 hingga 10, nah apabila satu kartu diambil secara acak. Maka berapa peluang terambilnya kartu dengan nomor bilangan prima?

 

Jawaban :

Sebelum kalian menyelesaikan soal yang ada di atas, kalian harus lebih dulu mengetahui apa itu bilangan prima.

Nah, bilangan prima ini sendiri merupakan suatu bilangan yang hanya memiliki dua faktor saja. Yakni 1 dan bilangan itu sendiri, atau bisa dibilang bilangan prima tidak dapat dibagi dengan bilangan lain. Selain itu yang temasuk bilangan prima adalah bilangan asli, bilangan yang nilainya positif dan nilainya harus lebih dari 1.

Karena kartu yang ada dalam permainan di atas memiliki nomor dari 1 hingga 10, maka di antara angka 1 dan 10 yang termasuk bilangan prima adalah :

2, 3, 5 dan 7.

Sehingga bisa dibilang apabila ada 4 bilangan prima yang ada dari nomor 1 hingga nomor 10.

Maka dari itu peluang terambilnya kartu yang dengan nomor yang merupakan bilangan prima dari 10 kartu tersebut ialah 4/10 atau 0,4.

 

 

Contoh Soal 2

Terdapat bilangan ribuan ganjil yang akan disusun dari empat buah angka yakni 2, 5, 6, 8. Nah cobalah hitung berapa banyakkah bilangan yang bisa disusun jika angka angka tersebut bisa diulang, dan tidak bisa diulang?

 

Jawaban :

Apabila bilangan ribuan akan disusun harus memiliki nilai yang ganjil, maka angka terakhir yang ada pada bilangan tersebut pun haruslah ganjil. Dan dari ke 4 angka yang akan disusun hanya terdapat 1 buah saja angka ganjilnya yakni angka 5.

 

Bilangan yang Bisa Disusun Jika Angkanya Bisa Diulang

Maka dari itu, dikarenakan angka angka tersebut dapat diulang sehingga jumlah bilangan yang bisa disusun adalah :

1 × 4 × 4 × 4 = 64.

 

Bilangan yang Bisa Disusun Jika Angkanya Tidak Bisa Diulang

Namun jika angka angka di atas tidak boleh diulang, sehingga jumlah bilangan yang bisa disusun adalah :

1 × 3 × 2 × 1 = 6.

 

 

Contoh Soal 3

Bilangan yang terdiri dari 3 angka akan dibuat dari angka angka 1, 2, 3, 4, 5 dan juga 6. Maka coba tentukan berapa banyak bilangan yang bisa dibuat dari angka angka yang ada di atas. Apabila bilangan yang dibuat harus memiliki nilai lebih kecil dari angka 300!

 

Jawaban :

Apabila bilangan yang dibentuk harus kurang dari angka 300, maka di sini angka yang ada pada digit pertama bilangan di atas haruslah kurang dari angka 3.

Kemudian banyaknya angka yang kurang dari angka 3 sendiri adalah angka 2, yakni 1 dan 2. Selain itu apabila digit pertama sudah dipilih maka banyaknya angka yang mungkin saja ada pada digit kedua adalah angka 5. Dan untuk digit ketiga adalah angka 4.

Maka dari itu banyaknya bilangan yang bisa dibuat dari angka angka tersebut apabila bilangan yang dibuat nilainya harus lebih kecil dari angka 300 adalah 2 × 5 × 4 = 40.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai materi probabilitas akan sangat berguna bagi kalian dan bisa dijadikan sebagai refrensi belajar yang menyenangkan. Apalagi ada contoh soal probabilitas yang sangat mudah dipahami sebab disertai pula dengan jawaban yang benar, selamat belajar….

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Teori Pertumbuhan Ekonomi
  2. Konsep Pembagian Kekuasaan di Indonesia
  3. Tahap-Tahap Perjanjian Internasional