Daftar Beserta Contoh Verb 3

2 min read

Contoh Verb 3

Rumusguru.com – Daftar Beserta Contoh Verb 3 merupakan sebuah istilah dalam Bahasa Inggris yaitu Past Participle yang dipakai untuk kalimat Pasive Voice serta Perpect Tense. Penggunaan Verb 3 ini umumnya disertakan sesudah kata Had, Been, Have, dan Has.

Istilah dalam Bahasa Inggris seperti Verb 1, Verb 2, dan Verb 3 atau dengan kata lain bentuk kata kerja pertama atau Infinitive, lalu bentuk kedua atau Past Tense, dan bentuk ketiga atau Past Participle.

Anda dapat mengubah kata dari V1 menjadi kata V2 lalu membentuk kata kerja V3 dengan format yang benar. Bahkan dengan menggunakan kata kerja Regular Verb (Beraturan) atau menggunakan kata kerja Irregular Verb (Tidak Beraturan).

Apa yang dimaksud dengan Daftar Beserta Contoh Verb 3, Regular Verb atau Irregular Verb (kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan)? Simak ulasannya secara lengkap berikut ini:

 

Pengertian Regular Verb

Adalah metode pengubahan kata kerja dari V1 ke V2 lalu membentuk kata kerja V3. Artinya setiap penggunaan kata kerja harus dengan bentuk Verb 1, Verb 2, dan Verb 3, yang umumnya diubah dengan penambahan akhiran “ed atau d”.

 

 

Pengertian Irregular Verb

Merupakan pengubahan kata kerja yang bebas atau tidak teratur. Itu artinya penggunaan kata kerja jenis ini tidak dengan metode yang tersusun atau perubahan kata semaunya.

 

Penggunaan Verb 3 Dengan Benar

Apabila Anda ingin membuat Kalimat Bahasa Inggris menggunakan Verb 3 (Past Participle). Maka penempatan kata kerjanya harus diletakkan setelah kata bantu seperti “Have, Has, Be, Being, Been, dan Had”.

Artinya jika Anda menempatkannya dengan benar atau kata kerja Verb 3 diletakkan setelah kata bantu yang ada diatas. Maka dapat dipastikan bahwa kalimat Anda adalah Perpect tense.

Namun apabila Anda meletakkan kata Verb 3 setelah kata “To Be, Being, Been atau Be”, itu berarti kalimat Bahasa Inggris Anda termasuk kedalam Passive Voice atau Kalimat Pasif. Agar lebih memahami penggunaan verb 3, silahkan lihat keterangan berikut:

Verb 3 Digunakan Pada:

>>Perpect Tense:

  1. Past Perpect
  2. Present Perpect
  3. Past Future Perpect
  4. Present Future perpect

>>Passive Voice

Contoh Verb 3 Dalam Passive Voice

Dalam penggunaan Bahasa Inggris Passive Voice harus tetap memakai Verb 3 dengan tenses apapun. Anda mesti menguasai terlebih dahulu apa yang disebut dengan Past particeiple tadi apabila hendak membuat passive Voice ini.

Sementara jumlah keseluruhan Tenses yang memakai Passive Voice, adalah 16. Tetapi tenses yang sering digunakan biasanya hanya 5 saja, yaitu “Present Continuous, Simple Present, Present Perfect, Present Future, dan Simple Past.

Untuk Anda ketahui bahwa dalam kalimat pasif Bahasa Inggris, penggunaan kata kerja Verb 3 selalu diletakkan setelah kata kerja “Been, To Be (Am, Is, Were, Was, dan Are), Being, dan Be”.

Penggunan Verb 3 kalimat pasif, jika dalam Bahasa Indonesia berarti “Di”. Artinya jika Anda menemukan kalimat seperti Was Write itu artinya Ditulis atau Were Eat itu artinya Dimakan. Begitu seterusnya dalam kata yang lainnya. Contoh kalimatnya, silahkan Anda lihat kolom dibawah:

 

 

Contoh Verb 3 Dalam Kalimat Perfect Tense

Seperti yang telah kami jelaskan pada paragraf diatas bahwa, Verb 3 juga dipakai pada kalimat Perpect Tense yang mencakup “Past Perfect, Present Perfect, Past Future Perfect, dan Present Future Perfect.

Perlu diperhatikan jika dalam Tenses ini penggunaan Verb 3 akan selalu diletakkan atau didahului Auxiliary Verb (Kata bantu) seperti “Has, Have, serta Had. Agar lebih faham silahkan Anda simak kolom berikut:

 

 

Catatan:

Sampai disini kami berharap Anda telah mengerti akan perbedaan antara Regular Verb dan Irregular Verb. Yang harus Anda lakukan adalah lebih memperbanyak penggunaan kata kerja verb dalam kalimat Bahasa Inggris. Dengan sering menggunakannya, maka dapat dipastikan akan semakin mudah untuk mengingatnya. Karena memang penggunaannya tidak terlalu sulit.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Daftar Beserta Contoh Verb 3, yang telah kami jelaskan secara rinci. Jangan lupa untuk selalu mengikuti update web kami https://rumusguru.com/ disetiap harinya, dengan berbagai pembahasan menarik seputar Bidang Pendidikan, Informasi Tokoh, dan Pengetahuan Umum. Tentunya telah kami rangkum agar Anda dapat membaca dan mengerti dengan mudah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Daftar Beserta Contoh Verb 3 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca