Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Dampak Negatif Pertambangan Terhadap Lingkungan

3 min read

Dampak Negatif Pertambangan

Dampak Negatif Pertambangan Terhadap Lingkungan – Dampak negatif tentunya akan memberikan kerugian bagi banyak pihak. Lalu apa dampak dari kegiatan pertambangan terhadap lingkungan sekitar? Nah, untuk itu simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Dampak Negatif Pertambangan Terhadap Lingkungan Lengkap di bawah ini.

Dampak Negatif Pertambangan Terhadap Lingkungan

Beberapa dari kita tentunya sudah mengetahui jika barang-barang yang kita gunakan tidak datang dengan sendirinya, bukan.

Semua barang ini telah mengalami berbagai proses yang panjang dan cukup rumit untuk menjadi barang yang bermanfaat.

Pernahkah kita berpikir dari mana barang-barang tersebut berasal? Kita dapat menggunakan contoh-contoh seperti kendaraan, yang sangat berguna sebagai alat transportasi dan memfasilitasi mobilitas dari satu tempat ke tempat lain.

Terbuat dari apakah kendaraan itu? Semua kendaraan yang kita kenal memiliki kerangka yang terbuat dari besi dan mesin serta komponen pendukungnya. Jika telah menjadi kendaraan yang utuh, akan terasa tidak lengkap kecuali diisi dengan bahan bakar yang merupakan sumber energi.

Nah, dari contoh ilustrasi di atas bisa disimpulkan untuk membuat kendaraan hingga bahan bakar yang bisa digunakan semua itu berasal dari kegiatan pertambangan.

Karena sudah pasti untuk mendapat itu semua tidak serta merta ada sendirinya. Kegiatan pertambangan sudah bukan menjadi hal yang asing bagi seluruh masyarakat, sebab kegiatan satu ini sangat berkaitan dengan seluruh kegiatan manusia.

Oleh sebab itu, tidak hanya di Indonesia, di seluruh belahan bumi pun kegiatan pertambangan menjadi hal yang penting terutama demi kemajuan sebuah negara.

Dari Sabang sampai Merauke telah banyak ditemukan daerah pertambangan dengan hasil tambang yang tentunya berbeda-beda di setiap lokasi.

Beberapa hasil tambang banyak digunakan / dimanfaatkan di dalam negeri serta sebagian lagi akan diekspor ke beberapa negara, dapat dikatakan hasil pertambangan sudah menjadi sumber pendapatan bagi negara.

Dibalik manfaat yang kita rasakan dari adanya kegiatan pertambangan ini, ternyata menimbulkan efek / dampak negatif.

Dampak negatif tentunya akan memberikan kerugian bagi seluruh pihak. Lalu apa dampak dari kegiatan pertambangan terhadap lingkungan sekitar?

1. Kegiatan pertambangan sudah tentu akan merusak lingkungan

Untuk mendapatkan hasil pertambangan, perlu menggali hinga ke dalam bumi. Tidak mengherankan bahwa hasil penggalian ini akan membentuk lubang, terowongan sampai batas tertentu.

Tidak heran lingkungan di area penambangan rusak. Seperti yang terjadi di pulau Kalimantan, ada banyak kolam yang ditemukan sebagai hasil dari penambangan batubara.

Banyak kolam-kolam ini tidak diisi dengan tanah, sehingga ketika hujan dan dalam waktu yang lama, penggalian bekas diubah menjadi kolam.

Contoh lain adalah di bukit atau gunung, di mana tanah dikeruk dan dikirim ke berbagai daerah. Jadi jangan heran jika tidak ada lagi bukit atau gunung, sehingga bencana alam seperti tanah longsor dan banjir di tengah hujan tidak terhindarkan, karena tidak ada lagi daerah tangkapan air hujan.

2. Berubahnya struktur muka bumi

Seperti yang sudah kita ketahui, penambangan berarti menggali sumber daya alam di bumi. Dan kegiatan ini pasti akan mengubah bentuk lanskap bumi, terutama dalam aktivitas penambangan menggunakan teknik penambangan terbuka.

Misalnya, kehilangan aliran karena tumpukan material atau formasi lumpur ekstrem, serta bukit-bukit yang berubah menjadi jalan atau dataran rendah.

3. Terjadi pencemaran lingkungan

Belum dihitung berapa banyak kasus yang disebabkan oleh kegiatan penambangan, termasuk polusi.

Sebut saja pencemaran sungai dari limbah tambang yang dibuang langsung ke sungai tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Sungai, yang mengangkut limbah pertambangan, terus mengalir ke laut. Konsekuensinya bisa lebih serius bahwa ekosistem air laut rusak.

Tidak mengherankan bahwa banyak terumbu karang dan ikan mati karena keracunan limbah tambang.

Sungai itu tidak hanya tercemar, kendaraan besar yang membawa produk pertambangan menyebabkan polusi udara dari partikel debu.

Kendaraan yang digunakan tentu besar, sehingga tidak mengherankan bahwa kendaraan yang lewat menghasilkan debu terbang, sehingga udaranya tercemar dan tidak cocok untuk manusia.

Tanah kehilangan nutrisi dan mineral karena limbah pertambangan yang merusak struktur tanah, sehingga tanah tidak mungkin ditanam oleh perkebunan dan mempengaruhi produktivitas tanaman.

Hingga polusi suara yang dapat menimbulkan kebisingan yang tinggi di daerah sekitar pertambangan. Jika hal tersebut dibiarkan terus – menerus pasti pencemaran lingkungan akan menjadi sangat parah.

4. Keselamatan menjadi terancam

Dampak negatif dari penambangan juga dapat membahayakan keselamatan penambang dan penduduk di sekitar tambang. Mengapa demikian?

Dalam penambangan emas, para penambang menggali bumi menjadi terowongan yang panjang, sempit dan berliku-liku, dengan ketersediaan oksigen di dalam gudang tentu saja sangat rendah.

Tidak heran banyak pekerja yang mati karena kekurangan oksigen atau risiko lain, menimbun begitu banyak pekerja saat terowongan runtuh.

Di luar, tanah dan pohon-pohon di sekitar area penambangan juga hilang, sehingga ketika hujan, air tidak dapat diambil oleh tanah jika bahaya bagi penduduk lokal yang tinggal dekat dengan tambang terus menjadi begitu besar sehingga menyebabkan banjir bandang. dan tanah longsor datang.

5. Menghilangnya keanekaragaman hayati

Sebelum ditemukannya sumber daya alam di bawah tanah, yang merupakan hasil penambangan, sebagian besar wilayah ini jauh dari daerah pemukiman, sehingga flora dan fauna yang tinggal di sana tidak merasa terganggu.

Namun, setelah penambangan dimulai, banyak hewan dan tumbuhan hilang dan bahkan mati akibat perusakan habitat mereka.

Begitu banyak flora dan fauna asli Indonesia kini terancam punah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melestarikannya tetapi mereka tidak konsisten dengan kegiatan penambangan yang sedang berlangsung.

Apabila dibiarkan tentunya keanekaragaman hayati di sekitar pertambangan akan menghilang atau bahkan punah seiring berjalannya waktu.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Dampak Negatif Pertambangan Terhadap Lingkungan. Baca juga Perbedaan Negara Kesatuan Dan Negara Federal. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Dampak Negatif Pertambangan Terhadap Lingkungan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Hati

Ilham Zulfikar
3 min read

Siklus Krebs

Ilham Zulfikar
3 min read

Membran Sel

Ilham Zulfikar
2 min read