Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Dampak Perubahan Iklim

3 min read

Dampak Perubahan Iklim

Apa Dampak Perubahan Iklim? Iklim Bumi memiliki kekuatan dalam membentuk sejarah dunia. Itu adalah fakta yang tak terbantahkan. Nah, untuk lebih lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Materi Makalah Dampak Perubahan Iklim Lengkap di bawah ini.

Apa Dampak Perubahan Iklim?

Iklim Bumi memiliki kekuatan dalam membentuk sejarah dunia. Itu adalah fakta yang tak terbantahkan. Berbagai aspek biologis, budaya dan geografis mengubah fondasi planet ini.

Namun, dalam beberapa abad terakhir telah diakui bahwa tindakan manusia pun dapat mengubah iklim global. Selama 100 tahun terakhir, suhu permukaan global rata-rata telah meningkat sekitar 0,7 derajat Celcius, menyebabkan perubahan iklim.

Planet Bumi kita menghadapi ketidakseimbangan iklim yang serius karena penyalahgunaan kepentingan yang telah terjadi dalam beberapa abad terakhir.

Telah diprediksi bahwa suhu rata-rata planet ini akan meningkat dari 2,5 menjadi 11,5 ° F selama abad berikutnya karena perubahan iklim. Perubahan suhu kecil terbukti sangat berbahaya di masa depan.

Pemanasan global adalah masalah yang menimpa beberapa negara di dunia. Dengan peningkatan gas rumah kaca yang stabil, situasi ini kemungkinan akan memburuk di masa depan jika tidak segera diatasi.

Emisi pabrik, kendaraan, dan rokok telah memicu efek rumah kaca yang lebih kuat dan, akhirnya, telah terjadi pemanasan global.

Kenaikan tajam dalam suhu global telah menyebabkan beberapa efek iklim yang serius. Ada perubahan besar dalam pola curah hujan yang menyebabkan kekeringan, banjir bandang, curah hujan tidak teratur dan curah hujan berlebihan.

Salah satu ancaman terbaru adalah sumber daya kelautan. Permukaan air naik menuju bawah air dataran rendah.

Gletser, yang mencair karena kenaikan suhu, menyebabkan kenaikan permukaan laut, terutama di kutub. Ini juga mengancam hilangnya habitat bagi beberapa makhluk yang hidup di daerah dingin seperti beruang kutub.

Dampak Perubahan Iklim

Dampak Perubahan Iklim
Dampak Perubahan Iklim

1. Perubahan Pola Curah Hujan

Kita semua telah mengethaui bahwa banjir, kekeringan, curah hujan berlebihan dan curah hujan tidak teratur telah menjadi sangat umum dalam beberapa dekade terakhir.

Ini tidak lain adalah dampak dari perubahan iklim. Sementara banyak hujan turun di beberapa tempat, menyebabkan banjir, tempat lain harus mengharapkan kekeringan.

Hujan telah diprediksi sebelumnya, tetapi sekarang polanya sangat dinamis dan sulit diprediksi.

2. Peningkatan Muka Air Laut

Wilayah pesisir yang rendah lebih rentan terhadap kenaikan permukaan laut dan merusak puluhan juta orang.

Kenaikan permukaan laut dan gletser yang mencair selama pemanasan global meningkatkan jumlah air laut.

Di Amerika Serikat saja, sekitar 100 juta orang hidup dalam jarak 3 kaki dari permukaan laut. Orang-orang yang tinggal di negara pulau kecil seperti Maladewa sudah mencari tujuan alternatif ketika pulau itu tenggelam.

Di Indonesia, Jakarta dan Semarang adalah contoh dampak kenaikan permukaan laut.

3. Kepunahan Spesies

Naiknya suhu dan perubahan pola vegetasi telah memaksa beberapa spesies punah, sementara yang lain bermigrasi ke lokasi lain.

Para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2050, seperempat spesies bumi bisa mati. Pada tahun 2008, beruang kutub ditambahkan ke daftar hewan yang bisa mati karena naiknya permukaan laut.

4. Suhu Tinggi

Sebab dari peningkatan gas atmosfer oleh industri dan kendaraan, suhu bumi global dapat naik menjadi 3 hingga 10 derajat Fahrenheit pada akhir abad ini.

Peningkatan suhu telah menyebabkan peningkatan kematian akibat iklim panas dan kering, khususnya di Afrika.

Selama abad terakhir, suhu rata-rata bumi telah meningkat sebesar 1 derajat Fahrenheit, yang menimbulkan kekhawatiran.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kontrol dan reboisasi dapat mengurangi suhu hingga 0,5 derajat Celcius pada tahun 2050.

Baca Juga : Dampak Positif & Negatif Tenaga Eksogen

5. Es Kutub Menyusut

Peningkatan gas rumah kaca menyebabkan peningkatan suhu. Inilah yang biasa kita sebut efek rumah kaca. Efek rumah kaca sangat penting bagi keberadaan ekologis kita.

Namun, dengan adanya peningkatan gas rumah kaca hanya dapat memiliki efek yang berbahaya pada ekologi dan lingkungan.

Studi oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional menunjukkan bahwa es Kutub Utara telah menurun secara signifikan dalam 30-40 tahun terakhir.

6. Badai kuat dan Hurricanes

Saat bumi menghangat, kemungkinan badai dapat meningkat di masa yang akan datang. Tidak hanya akan sering terjadi, mereka juga akan menjadi lebih kuat, tahan lama, dan angin yang lebih kuat, dengan kemampuan untuk menghancurkan ekosistem dan masyarakat pesisir.

7. Gelombang Panas

Pelepasan konstan gas rumah kaca dari semua aktivitas antropogenik adalah faktor utama dalam perubahan iklim.

Gas rumah kaca dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar, industri, pertanian, dll. Gas-gas ini memanaskan udara, meningkatkan suhu udara dan menyulitkan manusia untuk bertahan hidup.

8. Penyebaran penyakit dan kerugian ekonomi

Penyakit pandemi seperti malaria atau demam berdarah akan meningkat. Gelombang panas dalam dekade terakhir saja dapat menyebabkan lebih dari 150.000 kematian, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

9. Pergeseran Habitat

Kebakaran hutan dan gelombang panas telah memaksa hewan-hewan untuk beralih ke tumpukan dan ketinggian yang lebih tinggi.

Ini bukan kabar baik bagi lingkungan karena kebanyakan dari mereka sudah sekarat karena mereka tidak dapat beradaptasi dengan perubahan iklim yang sebenarnya membuat mereka punah.

10. Kebakaran

Gelombang panas yang lebih lama yang disebabkan oleh perubahan iklim telah menciptakan kondisi panas dan kering yang cocok untuk kebakaran hutan.

Akibatnya, deforestasi terjadi dan satwa liar didorong ke ketinggian yang lebih tinggi. Hewan yang tidak dapat beradaptasi dengan lokasi baru akan mati.

Baca Juga : Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi

Apa itu perubahan iklim?


Perubahan iklim ialah suatu perubahan jangka panjang dalam distribusi pola cuaca yang terjadi secara statistik sepanjang periode waktu mulai dasawarsa sampai dengan jutaan tahun.

Apa penyebab perubahan iklim?

Perubahan iklim terjadi disebabkan terjadi / meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida serta gas-gas lainnya yang berada di atmosfer yang menimbulkan efek gas rumah kaca.

Demikianlah pembahasan kami menegenai Materi Makalah Dampak Perubahan Iklim Global. Baca juga Tenaga Endogen. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Dampak Perubahan Iklim Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca