Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Dasar-Dasar Klasifikasi Mahluk Hidup

1 min read

Dasar Klasifikasi Mahluk Hidup

Dasar-Dasar Klasifikasi Mahluk Hidup – Setiap makhluk hidup memiliki ciri yang membedakannya dari makhluk hidup lainnya. Lalu apa dasar klasifikasi makhluk hidup? Nah, untuk itu simakalh penjelasan kami mengenai Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan Perbedaan, Persamaan, Manfaat, Ciri Morfologi, Anatomi, dan Ciri Biokimia Lengkap di bawah ini.

Dasar-Dasar Klasifikasi Mahluk Hidup

Setiap makhluk hidup memiliki ciri yang membedakannya dari makhluk hidup lainnya. Terlepas dari perbedaan, beberapa makhluk hidup memiliki satu atau lebih kesamaan. Coba perhatikan dua makhluk seperti kuda dan sapi.

Keduanya memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah: memiliki tulang belakang, jumlah kakinya 4, memiliki rambut, dan banyak lagi. Perbedaannya terletak pada cara makan kuda tidak memamah biak, sedangkan sapi memamah biak. 

1. Berdasarkan Persamaan

Kita dapat mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan kesamaannya seperti halnya sapi dan kuda tadi. Apakah Anda berpikir bahwa kuda dan sapi dapat diklasifikasikan sebagai makhluk hidup karena karakteristiknya?

Dengan mengamati karakteristiknya, kita dapat membagi kuda dan sapi menjadi spesies hewan. Karena memiliki tulang punggung dan keduanya adalah kelompok vertebrata.

Atau dapat juga diklasifikasikan sebagai mamalia karena memiliki kelenjar susu atau mamalia. Kuda dan sapi juga termasuk dalam kategori hewan berkaki empat, karena keduanya berkaki empat.

2. Berdasarkan Perbedaan

Meskipun kuda dan sapi adalah kelompok mamalia, kita juga dapat membaginya menjadi kelompok yang berbeda sesuai dengan karakteristik mereka yang berbeda.

Misalnya, dengan mempertimbangkan jumlah jari pada setiap kaki, kuda memiliki tiga jari pada setiap kaki, sehingga ia termasuk dalam kelompok mamalia atau perisodactyla yang berjari aneh.

Sementara sapi memiliki empat jari pada masing-masing kaki, mereka masuk dalam kategori mamalia dengan jari yang jumlahnya genap atau artiodactyla, seperti halnya kambing dan kerbau.

3. Berdasarkan Manfaat

Klasifikasi adalah salah satu upaya klasifikasi. Hampir setiap orang mengklasifikasikan makhluk hidup. Di dunia tanaman kami menggabungkan mawar, melati, cemara dan kuncup ke tanaman hias.

Kacang, jagung, ubi jalar dikelompokkan dalam tanaman. Kacang tanah, kacang panjang dan kacang merah dibagi menjadi kacang dan tanaman lainnya.

Klasifikasi dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan ia memiliki dasar yang jelas dan tujuan yang jelas. Misalnya, bayam, kol, kentang, kacang-kacangan, wortel, dan mustard termasuk dalam kelompok sayuran.

Dasar dari pengelompokan ini adalah bahwa tanaman dapat digunakan sebagai sayuran sementara tujuannya adalah untuk memudahkan manusia menggunakan tanaman ini sebagai sayuran.

4. Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi

Klasifikasi didasarkan pada persamaan dan perbedaan dalam karakteristik tertentu. Ciri yang digunakan terutama ialah ciri morfologis dan anatomi.

Morfologi adalah sifat yang terjadi di luar tubuh makhluk hidup. Anatomi adalah sifat yang ada dalam tubuh makhluk hidup.

Pada tanaman karakteristik morfologi seperti warna bunga, bentuk bunga, bentuk biji, kekerasan biji, bentuk pohon, bentuk daun dan karakteristik lainnya dapat digunakan untuk klasifikasi. Bisa juga memiliki ciri anatomi seperti ada atau tidaknya berkas pengangkut, ada tidaknya kambium, ada atau tidaknya kambium dan lain-lain.

Ciri-ciri yang dapat digunakan dalam klasifikasi hewan, seperti ada tidaknya tulang belakang, bentuk organ, jumlah sayap, ruas pada tubuh, jumlah kaki dan lainnya.

5. Berdasarkan Ciri Biokimia

Dalam perkembangannya, tidak hanya ciri morfologis dan anatomi tetapi juga ciri biokimia seperti jenis protein, jenis enzim, ada atau tidak adanya membran sel telah digunakan sebagai karakteristik untuk klasifikasi.

DNA atau asam nukleat juga digunakan untuk menentukan hubungan makhluk hidup.

Pembahasan diatas merupakan sistem klasik dalam klasifikasi, walaupun sebenarnya dasar dari persamaan Biokimia bisa dibilang sudah masuk dalam sistem moderen. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahuan kita semua

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Dasar-Dasar Klasifikasi Mahluk Hidup Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Hati

Ilham Zulfikar
3 min read

Siklus Krebs

Ilham Zulfikar
3 min read

Membran Sel

Ilham Zulfikar
2 min read