Daur Hidup Ayam

3 min read

Daur Hidup Ayam

Rumusguru.com – Daur Hidup Ayam merupakan proses perkembang biakan yang terjadi pada Ayam atau bisa disebut juga dengan Proses kehidupan bertahap. Artinya hewan jenis ini tidak mengalami Metamorfosis melainkan berkembang dengan tahapan yang bisa diamati prosesnya.

Selain itu hewan Ayam tergolong kedalam jenis unggas, yang juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu pelengkap makanan berprotein. Ayam juga dapat dikembang biakkan dengan cara diternak.

Bagaimanakah Daur Hidup Ayam? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

 

Daur Hidup Hewan Ayam

Yang dikatakan Daur Hidup Ayam adalah proses tahapan kehidupan yang terjadi pada hewan Ayam dimulai dari telur hingga menjadi dewasa kemudian melakukan proses perkawinan dan mengulang siklus tersebut kembali.

Proses dari telur yang di erami sampai pada menetas dan menjadi anak ayam denga ukuran tubuh yang kecil, kemudian berangsur angsur menjadi Ayam dewasa dengan ukuran tubuh yang besar dengan masing masing jenis (jantan dan betina).

Kemudian melakukan perkawinan dan bertelur kembali sebagai proses pengulangan siklus hidupnya. Ayam jenis peliharaan diketahui berasal dari keturunan jenis Ayam hutan berbulu merah atau Gallus Gallus, dan juga Ayam Bangkiwa atau Bankiva Fowl.

 

 

Klasifikasi Hewan Ayam

Diketahui bahwa Ayam termasuk dalam kelas Aves dan berasal dari Kingdom Animalia. Ciri dari hewan yang tergolong dalam kelas Aves ialah dengan ditumbuhi bulu pada seluruh tubuhnya.

Ayam masuk kedalam kategori Omnivora Ovivar yang memiliki tinggi antara 30 sampai 45 cm dan berat 1 sampai 3 kg dengan lebar sayapnya sekitar 45 sampai 60 cm. Layaknya unggas pada umumnya Ayam juga mengkonsumsi makanan jenis biji bijian, serangga, dan buah buahan.

Seperti yang telah kami jelaskan diparagraf atas tadi bahwa hewan Ayam tidak mengalami Metamorfosis. Karena ayam mengalami masa pertumbuhan yang tidak mengubah bagian tubuh tertentu atau perubahan pada struktur tubuh dan kulitnya.

Ayam atau Gallus Gallus Domesticus merupakan hewan yang dapat dipelihara guna memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia. Mulai dari bentuk telurnya hingga daging Ayam yang dapat dikonsumsi sebagai asupan makanan.

 

>> Klasifikasi Ilmiah Hewan Ayam

Nama Hewan Ayam
Nama Ilmiah Gallus Gallus Domesticus
Keluarga Phasianidae
Kelas Aves
Jenis Unggas Omnivora Ovivar
Filum Chordata
Kelompok Kingdom Animalia

 

 

Siklus Hidup Pada Hewan Ayam

Hewan Ayam mempunyai tahapankehidupan seperti dibawah ini:

1. Zigot Atau Telur

Telur ayam adalah wadah organik dengan kandungan Zigot didalamnya dan perkembangan Embrio yang bertahan hidup secara mandiri. Lalu telur akan menetas apabila telah mencapai waktunya 21 hari, dengan proses pengeraman atau dierami oleh induk Ayam/ mesin penetas.

2. Anak Ayam

Jika Anda perhatikan, bahwa setelah menetas telur ayam akan berubah menjadi anak ayam dengan ukuran yang kecil. Dengan waktu sekitar 3 hari maka Anda akan dapat melihat perubahan pada anak ayam bahkan ciri ciri jenis kelaminnya.

Untuk dapat membedakan ciri dan jenis kelamin pada anak ayam, Anda dapat memperhatikan perkembangan pada bulu sayapnya. Jiak bulu sayap bertumbuh dengan lambat, itu berarti anak ayam tersebut adalah jantan, sementara kebalikannya pada anak ayam jenis betina.

Kemudian pada anak ayam jantan diusianya mencapai 5 hari, maka akan menunjukkan pertumbuhan bulu seperti jarim yang kasar. Itu artinya ujung pada bulu anak ayam jantan akan terlihat menguncup, dan kebalikannya jika pada anak ayam betina.

3. Ayam Dewasa

Setelah melalui tahapn yang cukup panjang yaitu sekitar 6 bulan lamanya. Maka anak ayam akan bertumbuh menjadi ayam dewasa dengan masing masing jenis kelaminnya. Pada fase ini maka ayam dewasa telah bisa melakukan perkawinan untuk meneruskan siklus hidupnya.

Biasanya ayam dewasa akan melakukan proses perkawinan antara ayam jantan dan ayam betina diusia sekitar 7 hingga 8 bulan. Pada usia ini ayam dewasa betina telah siap untuk dibuahi dan bertelur sebagai pengulangan daru hidup mereka.

 

Beberapa Jenis Hewan Ayam

Hewan ayam memiliki jenis keturunan yang berbeda beda tergantung tempat dan kondisi pada lingkungan penyebarannya. Berikut ini ada beberapa jenis ayam yang sering kita jumpai:

No Jenis Ayam Ciri Ciri
01 Ayam Kedua ·         Berasal dari Wilayah Kedua

·         Warna Hitam Pekat Seluruh Tubuh

·         Termasuk Ayam Pedaging

·         Dapat Diternak

02 Ayam Bali ·         Tanpa Rambut Dibagian Kepala

·         Dapat Diternak

03 Ayam Bantam ·         Ukuran Tubuh Kecil/ Kerdil

·         Dapat Diternak

04 Ayam Pedang ·         Berasal dari Wilayah Pri (Cianjur)

·         Berkokok Dengan Unik

·         Jenis Ayam Hias

·         Dapat Diternak

05 Ayam Nunukan ·         Berasal dari Kalimantan Timur

·         Tubuh Besar

·         Jenis Petarung/ Brochor

·         Dapat Diternak

06 Ayam Ketawa ·         Ayam Jantan Dengan Kokokan Seperti tertawa

·         Dapat Diternak

07 Ayam Walik ·         Disebut Ayam Frixxle

·         Bulu Tak Menutupi Tubuh/ Tumbuh Tegak

·         Dapat Diternak

08 Ayam Hutan ·         Berbulu Merah

·         Tubuh Kecil

·         Kokokan Pendek

·         Tidak Dapat Diternak

09 ·         Dan  Lain Lain

 

Manfaat Memelihara Hewan Ayam

Sebagai Hewan jenis Unggas yang dapat dikonsumsi, umumnya ayam akan diternakkan oleh manusia untuk menjadikan perkembang biakan yang berjumlah banyak. Hal ini bertujuan untuk membantu mencukupi kebutuhan konsumsi makanan.

Ayam selain dagingnya yang dapat dikonsumsi oleh manusia, juga menghasilkan telur yang dpat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan makanan. Misalnya, untuk pelengkap minuman jenis jamu, pelengkap bahan kue, atau bahkan dimakan langsung dengan cara direbus atau digoreng.

Selain itu Ayam dapat berkembang dengan cepat dengan sekali bertelur mencapai jumlah rata rata 8 sampai 12 biji telur. Yang dapat ditetaskan dengan cara dierami oleh indukan ayam, atau dengan menggunakan mesin penetas buatan manusia.

Setelah telur telur tersebut menetas dan menjadi anak ayam, maka perawatannya pun cukup ringan dan tidak sulit. Pemilik ayam dapat memelihara ayam dengan cara diliarkan begitu saja atau juga dengan memasukkannya dalam kandang dan memberi makanan.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Daur Hidup Ayam, yang telah secara rinci kami jelaskan. Tak bosan kami selalu mengingatkan pada Anda untuk selalu mengikuti Update Artikel https://rumusguru.com/ disetiap harinya. Dengan berbagai pembahasan tentang bidang pembelajaran dan ilmu pengetahuan umum. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Daur Hidup Ayam Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Pengertian Kata Rujukan

Ami Alhasani
3 min read