Pengertian Dinamika Penduduk

2 min read

Rumusguru.com – Pengertian Dinamika Penduduk adalah suatu perubahan kondisi pada jumlah penduduk dalam waktu tertentu yang mempengaruhi strukturnya. Keadaan masyarakat di suatu wilayah tertentu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Perlu Anda ketahui bahwa segala sesuatu yang terjadi dan peristiwa yang sedang berlangsung dikenal sebagai dinamika penduduk. Perubahan penduduk, yang bergantung pada luas, persebaran, atau struktur suatu kawasan, guna mempengaruhi pertumbuhan penduduk di kawasan tersebut.

 

 

Untuk pembahasan secara lengkap mengenai Pengertian Dinamika Penduduk, silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai.

Pembahasan Dinamika Penduduk

Dinamika Penduduk mempengaruhi berbagai aspek sifat manusia, seperti kelahiran, kematian, dan perpindahan, seperti berikut ini:

1. Natalitas/ Kelahiran

Kelahiran adalah kemampuan seseorang untuk bereproduksi. Faktornya adalah pernikahan, gagasan bahwa lebih banyak anak memiliki lebih banyak rizqy, lebih sedikit kesehatan, gagasan bahwa anak adalah jaminan hari tua.

Faktor-faktor yang menghambat kelahiran dan adanya pembatasan usia perkawinan pasangan muda, adanya program kontrasepsi, persepsi praktik terkait atau mahalnya biaya perawatan anak.

2. Mortalitas/ Kematian

Kematian merupakan angka gambaran jumlah penduduk yang meninggal pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Penyebab utama kematian adalah kesehatan yang buruk, rumah sakit terbatas, wabah penyakit, bencana alam, dan perang.

Faktor yang mencegah kematian yakni kebersihan lingkungan yang baik, rumah sakit yang sesuai, untuk peningkatan manfaat kesehatan, biaya yang lebih tinggi atau disebut juga dengan sumber daya yang lebih baik.

3. Pertumbuhan

Pertumbuhan penduduk adalah jumlah yang berubah pada suatu wilayah atau tempat dari hari ke hari.

4. Proyeksi

Proyeksi penduduk yakni gambaran keadaan di masa datang dengan melihat data kependudukan sekarang.

Ulasan Dinamika Penduduk

Dinamika penduduk adalah pertambahan penduduk dari waktu ke waktu, dengan konsekuensi kelahiran, kematian dan pergerakan manusia. Ketiga faktor ini diketahui penting bagi pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk dibagi tiga kategori, yaitu alami, migrasi, dan pertumbuhan total.

  • Pertumbuhan alami adalah pertumbuhan manusia yang dihasilkan dari perbedaan antara kelahiran dan kematian.
  • Pertumbuhan penduduk Migrasi adalah jumlah penduduk yang dihasilkan dari keluar masuknya penduduk.
  • Pertumbuhan penduduk total mewakili pertumbuhan penduduk yang dihasilkan dari kelahiran, kematian dan migrasi.
  • Tingkat lahir adalah banyaknya kelahiran dalam suatu periode tertentu.
  • Angka kematian merupakan penurunan jumlah orang dalam kurun waktu tertentu yang disebabkan oleh kematian.

Kepadatan Pada Penduduk

Pertumbuhan penduduk lebih tinggi di negara berkembang daripada di negara maju. Pertumbuhan penduduk dihitung dengan membagi penduduk dengan wilayah tempat mereka tinggal.

Beberapa pengamat masyarakat meyakini bahwa konsep transportasi juga berlaku bagi penduduk dunia. Negara yang lebih kecil seringkali memiliki lebih banyak penduduk.

Piramida Kependudukan

Pembagian usia dan jenis kelamin orang di negara atau wilayah tertentu dapat dijelaskan dengan piramida penduduk. Piramida menggambarkan pertumbuhan populasi sementara. Negara atau wilayah dengan angka kematian bayi yang rendah dan prospek kehidupan yang lebih baik.

Pengendalian Pada Penduduk

Pengendalian pada penduduk merupakan upaya mengurangi pertumbuhan penduduk, terutama dengan mengurangi jumlah kelahiran. Indonesia juga berupaya untuk meningkatkan pengendalian pada penduduk, yang disebut Program Keluarga Berencana (KB).

Penurunan Pada Penduduk

Penurunan jumlah penduduk menyebabkan penurunan jumlah penduduk di daerah tersebut. Ini karena penyakit, kelaparan dan perang. Di masa lalu, kepadatan penduduk terutama disebabkan oleh penyakit.

Perpindahan Penduduk

Migrasi adalah saat kebijakan pemerintah untuk memaksa pergerakan sekelompok orang untuk pindah ke suatu daerah tertentu, terutama atas dasar ras atau agama. Ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk.

Populasi Penduduk

Peningkatan populasi mengarah pada pertumbuhan yang lebih besar. Menurut perkiraan yang dirilis oleh AS. Biro Sensus, populasinya di seluruh dunia mencapai 6,5 miliar sejak Feb. 26 Tahun 2006.

Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk adalah penggolongan berdasarkan kriteria. Hl ini dapat digolongkan berdasarkan ekonomi, pendidikan, jenis kelamin dsb. Komposisi penduduk mempengaruhi pertumbuhan penduduk di masa datang.

Komposisi penduduk penting baik kerangka biologis, sosial serta ekonomi. Misalnya dalam kaitannya dengan kelahiran, kematian,  jumlah, dan beban tanggungan. Dasar komposisi penduduk, adalah sebagai berikut:

  • Aspek biologis

  • Aspek sosial

  • Aspek ekonomis

  • Aspek geografis

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Pengertian Dinamika Penduduk, yang telah secara lengkap kami jabarkan untuk Anda semua pembaca setia web https://rumusguru.com/. Ini dapat Anda jadikan rujukan apabila menemukan persoalan terkait ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian Dinamika Penduduk Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Sel Darah Merah

Ami Alhasani
3 min read

Fungsi Ureter

Ami Alhasani
2 min read

Tempat Wisata di Jakarta

Faranggi
3 min read