Guru Anggi Mari kita Gemar Membaca, Menulis, Dan mengikuti Seminar Pendidikan

Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro – Pengertian, Kebijakan, Contoh

4 min read

Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro – Pengertian, Kebijakan, Contoh

Pernahkah kamu mendengar istilah ekonomi yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro. Bagi kamu yang sekolah di jurusan Akuntansi atau Ekonomi pasti tidak asing dengan istilah di atas. Namun bagi mereka yang belum tahu, wajib rasanya menyimak pemaparan di bawah ini.

Kami akan memberikan pemaparan lengkap mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro yang akan kami hadirkan secara jelas, ringan, padat dan pastinya menyenangkan sebagai refrensi pembelajaran.

Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Agar lebih jelas kami pun sudah menyediakan pengertian dari ekonomi mikro dan juga pengertian dari ekonomi makro satu persatu. Untuk lebih memudahkan kamu dalam mengerti materi pembelajaran ini.

Pengertian Ekonomi Mikro

Jika dilihat dari mata keilmuan, ekonomi mikro sendiri bisa diartikan mengenai sebuah ilmu ekonomi. Yang secara khusus digunakan untuk melakukan keiatan mengalalisa, memperhatikan proses kegiatan ekonomi yang berlangsung. Hingga digunakan untuk mempelajari perilaku dari produsen dan juga dari konsumen. Mengenai penentuan harga pasar, harga produk, harga jasa hingga kuantitas yang menjadi faktor imput. Yang diperjualbelikan di dalam pasar.

Pengertian Ekonomi Makro

Jika dilihat dari pengertiannya, ekonomi makro adalah sebuah cabang dari ilmu ekonomi. Yang mana ilmu ini akan secara khusus membahas mengenai perekonomian yang lebih jauh luas. Dan juga kompleks dibandingkan dengan ekonimi mikro. Selain itu ekonomi makro ini mampu memberikan perubahan dan memberikan pengaruh yang luas bagi banyak masyarakat, pasar, perusahaan. Ekonomi makro ini pun dapat mempengaruhi perekonomian di dalam sebuah Negara.

 

Nah, itulah kira kira pengertian dari ekonomi mikro dan ekonomi makro. Setelah mengetahui mengenai pengertiannya, kita pastinya harus mengetahui materi pembelajaran yang satu ini dengan lebih mendalam lagi. Seperti penjelasan yang sudah kami sediakan di bawah ini mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Kebijakan Ekonomi Mikor dan Ekonomi Makro

Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro lebih membahas mengenai permasalah kecil. Namun dikupas dengan cara lebih spesifik. Misalnya kondisi perusahaan yang tengah berada dalam krisis dan hampir bangkrut. Akan tetapi ilmu ini tidak harus hanya memperhatikan dan mempelajari mengenai hal hal yang berhubungan dengan finansial.

Untuk itu berikut adalah kebijakan yang diterapkan pada ekonomi mikro :

1.) Teori Harga

Teori harga merupakan langkah awal di dalam sebuah proses permintaan. Teori ini pun adalah awal dari proses penerimaan barang atau jasa. Dan pastinya akan memberikan pengaruh terhadap produk penjualan. Maka dari itu sebelum kamu menentukan berapa harga jualnya. Maka kamu harus melakukan sebuah riset atau penelitian terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah harga yang kamu tetapkan tersebut terbilang tinggi atau rendah.

Teori sangat mudah dimengerti sebab jika harga tidak sebanding dengan produk. Misalnya jika terlalu mahal maka akan membuat produk atau jasa tidak laku di pasaran. Sementara jika harga lebih rendah bisa jadi kamu mengalami kerugian. Harga ini pun harus disesuaikan dengan kompetitor yang ada di sekitar kamu. Mau pun tingkat kepuasan dari pelanggan. Sebelum kamu memperhitungkan mengenai keuntungan.

2.) Teori Produksi

Teori berikutnya yang juga harus sangat dipikirkan adalah teori produksi. Teori ini harus kamu pikirkan dengan sangat matang. Sebelum akhirnya kamu menentukan harga jual produk atau jasa. Hal ini dilakukan pastinya untuk membuat pengeluaran dan pendapatan seimbang. Yang mana pendapatan tidak lebih kecil dari pengeluaran membuat barang atau jasa tersebut.

Selain itu hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas dari barang atau jasa itu sendiri.

3.) Teori Distribusi

Teori yang terakhir membahas mengenai pengeluaran dari si pemilik perusahaan. Misalnya seperti pembagian dengan partner usaha, pembayaran gaji hingga segala kebutuhan yang berhubungan dengan perusahaan.

Ekonomi Makro

Sementara itu ekonomi makro sendiri akan lebih fokus dalam membahas beberapa hal yang lebih luas cakupannya. Karena ekonomi makro tidak hanya membahas mengenai finansial, pengeluaran hingga pendapatan dari perusahaan seperti pada ekonomi mikro. Sebab ekonomi makro akan lebih memperhatikan mengenai banyak hal. Misalnya fokus pada lapangan kerja. Meneliti tentang tingkat pengangguran di suatu Negara. Hingga masalah inflasi dan deflasi. Dan masih banyak lagi yang dapat dibahas dalam ilmu ini.

Berikut ini adalah kebijakan yang diberlakukan pada ekonomi makro :

1.) Kebijakan Fiskal

Yang pertama adalah kebijakan yang digunakan untuk mengaru mengenai pendapatan dan pengeluaran dari sebuah Negara. Sebab pendapatan dari Negara ini didapatkan dari pajak. Dan keputusan ini dikeluarkan oleh Pemerintah. Pendapatan juga bisa diperoleh dari non pajak. Misalnya denda, gratifikasi, lelang hingga pemberian dari Negara lain yang dermawan.

Sementara pegeluaran dari sebuah Negara berasal dari kegiatan impor yang dilakukan pada benda benda atau jasa yang tidak kita miliki dan didatangkan dari Negara lain. Seperti kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya yang pastinya sangat penting peranannya bagi sebuah Negara.

2.) Kebijakan Moneter

Berikutnya adalah kebijakan yang mengukur mengenai banyaknya keuangan yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia. Dan pengeluaran ini pun juga harus dilakukan demi kepentingan banyak orang. Seperti memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Yang mana perputaran uang akan dilakukan dan memberikan pengaruh pada tingkat inflasi sebuah Negara. Yang akhirnya menjadi penyebab dan faktor harga pokok melambung tak terkendali. Akan tetapi apabila perputaran uang menjadi semakin kecil, hal ini pun akan membuat harga produk menurun drastis atau mengalami deflasi.

3.) Kebijakan Segi Penawaran

Kebijakan yang terakhir ini dapat berpengaruh pada kestabilan neraca keuangan sebuah perusahaan, bahkan sebuah negara. Hal ini pun membuat banyak perusahaan memerlukan bantuan ahli dalam bidang ilmu ekonomi makro.

Selain itu hal tersebut dianggap mampu untuk menekan anggaran produksi. Bahkan secara maksimal akan tetapi tetap mempertimbangkan mengenai kualitas dari produk yang dihasilkan. Maka barang yang diproduksi pun akan tetap memiliki kualitas yang dapat dibanggakan dan setimpal dengan harganya.

Sehingga kebijakan ini tak hanya memperhatikan mengenai laba perusahaan saja. Akan tetapi juga pada gaji karyawan. Karena kebijakan ini dipergunakan setiap tahun pada hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei.

 

Contoh Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh dari ekonomi mikro. Dan tentu saja ekonomi makro yang dijelaskan satu persatu :

Ekonomi Mikro

  1. Yang termasuk ekonomi makro terdiri dari perilaku konsumen dan perilaku dari produsen
  2. Biaya produksi produk juga termasuk pada kegiatan ekonomi makro
  3. Permintaan dan penawaran adalah contoh kegiatan ekonomi makro yang palings sering kita ketahui
  4. Investasi adalah kegiatan dalam ekonomi mikro
  5. Penetapan harga dasar hingga harga tertinggi juga termasuk dalam kegiatan ekonomi makro
  6. Kegiatan ekonomi mikro juga meliputi pada keutungan dan kerugian yang diperoleh perusahaan
  7. Pendistribusian barang juga termasuk dalam ekonomi mikro
  8. Bahkan membayarkan gaji karyawan juga adalah kegiatan ekonomi mikro

 

Ekonomi Makro

  1. Pertumbuhan ekonomi dari sebuah Negara adalah salah satu contoh dari ekonomi makro yang ada di sekitar kita dan biasa kita temukan.
  2. Tingkat dari pengangguran yang ada pada sebuah Negara juga merupakan contoh ekonomi makro
  3. Selain itu tingkat kesempatan kerja di sebuah Negara pun termasuk dalam contoh ekonomi makro
  4. Karena ekonomi makro fokus pada pendapatan, maka penghasilan Negara pun termasuk di dalamnya
  5. Termasuk juga Inflasi dan Deflasi yang terjadi
  6. Setiap Negara pasti memiliki kebijakan mengenai keuangan dan ini pun termasuk dalam ekonomi makro
  7. Selain itu setiap Negara juga pastinya melakukan kerja sama dengan Negara lain untuk mendapatkan keuntungan. Dan menjadi bagian dari sebuah organisasi dagang Negara Negara
  8. Kegiatan ekspor dan impor juga termasuk contoh ekonomi makro
  9. Setiap Negara pastinya mengalami siklus ekonomi dan juga menjadi contoh ekonomi makro

 

Cukup menyenangkan kan, penjelasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro di atas. Yang sudah kami bahas mulai dari pengertian, kebijakan hingga pada contoh yang ada di sekitar kita.

Artikel Lainnya :

Larutan Non Elektrolit – Pengertian, Sifat, Ciri Ciri, Contoh

Rumus Momentum

Rumus Kecepatan

Guru Anggi Mari kita Gemar Membaca, Menulis, Dan mengikuti Seminar Pendidikan
Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro – Pengertian, Kebijakan, Contoh Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Ekspansi Artinya

Guru Anggi
2 min read