Ekosistem Air Tawar dan Air Laut Lengkap

Ekosistem Air Tawar dan Air Laut Lengkap – Ekosistem air masih terbagi dua, yaitu ekosistem air tawar dan ekosistem air laut. Adapun penjelasan mengenai kedua ekosistem tersebut simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Ekosistem Air Tawar dan Ekosistem Air Laut Lengkap di bawah ini.

Ekosistem Air Tawar dan Air Laut Lengkap

Bumi adalah salah satu planet di tata surya. Bumi memiliki permukaan yang tidak rata. Permukaan bumi, atau kerak bumi secara keseluruhan, tidak merata karena adanya dua tanaga yang membuat permukaan bumi menjadi demikian.

Keduanya adalah energi endogen dan eksogen. Tenaga endogen ialah energi yang berasal dari interior bumi. Tenaga ini menggunakan tekanan panas bumi yang menekan lapisan-lapisan bumi.

Karena adanya tenaga endogen tersebut, bumi mengalami berbagai bentuk lipatan dan patahan.

Sedangkan tenaga eksogen yaitu ialah energi dari luar bumi. Tenaga ini menggunakan angin, air, dan gletser sebagai alat pengangkutnya.

Selain itu, tenaga eksogen merupakan energi yang mengubah bentuk permukaan bumi yang sebelumnya diciptakan oleh Tenaga endogen.

Tenaga eksogen juga merupakan proses sedimentasi dan berbagai jenis erosi. Kedua tenaga tersebut menyebabkan bumi memiliki palung/cekungan dan tonjolan.

Akibatnya, bumi mempunyai banyak ekosistem yang mewakili setiap bentuk dari permukaan bumi. Ekosistem bumi dibagi menjadi dua ekosistem utama, darat dan air.

Hanya saja ekosistem perairan memiliki keunikan tersendiri. Karena ekosistem air masih terbagi dua, yaitu ekosistem air tawar dan ekosistem aiar laut. Adapun penjelasan mengenai kedua ekosistem tersebut, sebagai berikut :

Ekosistem Air tawar

Ekosistem air tawar adalah ekosistem akuatik yang airnya rendah akan garam. Sistem air tawar biasanya berada di darat. Sistem air tawar memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk sebagai sumber irigasi untuk pertanian.

Ekosistem air tawar dapat dibagi menjadi dua wilayah, berdasarkan kondisi air dan wilayah.

1. Tergantung pada keadaan air, ekosistem air tawar dibagi menjadi dua area, yaitu air yang tenang dan mengalir.

  • Air tenang adalah danau dan rawa. Ekosistem laut adalah cekungan besar berisi air. Aktivitas vulkanik dapat menyebabkan danau terbentuk. Selain itu, sedimentasi yang memotong garis sungai dapat membentuk danau. Danau itu biasanya sangat besar. Jadi ada banyak makhluk di dalamnya. Rawa adalah ekosistem perairan yang tenang. Rawa adalah genangan air yang terjadi di dataran cekung. Genangan ini bisa musiman karena hujan dan air sungai meluap atau secara permanen karena dekat sumber air. Rawa biasanya di dataran rendah.
  • Air mengalir adalah sungai. Ekosistem sungai adalah aliran air yang terletak di permukaan bumi. Sungai mengalir dari tinggi ke rendah. Sungai mengalir dan berhenti di laut. Sungai adalah salah satu sumber air terbesar di dunia. Air sungai termasuk air tawar, sehingga ikan yang bisa hidup di sungai adalah ikan air tawar seperti nila, gurami atau lele.

2. Berdasarkan wilayahnya di menjadi 3 yaitu litoral, limnetik, & profundal.

  • Littoral adalah sungai dangkal yang mendapat banyak sinar matahari. Sungai ini memiliki lebih banyak ekosistem. Ini karena sinar matahari, sehingga tanaman bisa tumbuh subur di sini. Karena banyaknya tanaman yang hidup di sini, Anda juga makan banyak ikan yang bisa hidup di sini. Ikan air tawar biasanya memakan serangga atau hewan laut kecil yang hidup di sekitar akar pohon. Jadi ini tempat yang bagus untuk mencari mangsa.
  • Limnetik adalah sungai jauh di dalam hutan, tetapi masih mendapat sinar matahari. Sungai ini biasanya berada di hutan lebat. Namun, karena sungai ini masih menerima sinar matahari, masih ada banyak tanaman yang hidup di sekitar sungai ini. Sungai ini juga memiliki banyak ikan, karena banyaknya tanaman yang hidup di sekitar sungai ini.
  • Profundal adalah sungai jauh di dalam hutan dan tidak mendapat sinar matahari. Sungai ini terletak di hutan lebat yang ditutupi dengan daundaunan yang subur. Sungai ini memiliki sedikit vegetasi karena tidak memiliki sinar matahari. Selain itu, binatang seperti ikan jarang ada di sungai ini. Sungai ini biasanya memiliki kedalaman yang relatif kecil dan semakin dalam hujan.

Ekosistem Air Laut

Ekosistem air laut adalah ekosistem perairan yang kaya akan kandungan garam / kadar garamnya tinggi.

Ekosistem ini terletak di laut. Ekosistem ini memiliki pergerakan air yang dipengaruhi oleh arah angin.

Selain itu, suhu dalam ekosistem ini bervariasi sesuai dengan kedalamannya. Ekosistem laut dibagi menjadi empat ekosistem, yaitu ekosistem laut dalam, ekosistem terumbu karang, ekosistem estuari, dan ekosistem pantai pasir.

  • Ekosistem laut dalam ialah ekosistem yang terletak lebih dalam dari 2000 meter di atas permukaan laut. Suhu di daerah ini dianggap sangat dingin karena tidak adanya sinar matahari. Makhluk yang hidup di daerah ini adalah pemangsa dan pemakan bangkai. Ikan yang hidup di daerah ini memiliki kemampuan bertahan hidup selain ikan yang hidup. Ini karena daerah ini sangat gelap, sehingga ikan di daerah ini biasanya buta. Salah satu hewan prasejarah yang diyakini hidup pada kedalaman ini adalah hiu megaloney dan cumi-cumi raksasa.
  • Ekosistem terumbu karang adalah ekosistem laut dangkal di mana sinar matahari masih dapat menembus. Dalam ekosistem ini, terumbu karang dan rumput laut dapat berfotosintesis. Selain itu, hewan laut di daerah ini lebih banyak dan beragam. Di dekat terumbu karang hidup lebih banyak ikan, menghasilkan rasio timbal balik simbiotik.
  • Ekosistem estuari yaitu ialah ekosistem di mana air tawar dan air laut bertemu. Tumbuhan dalam ekosistem ini adalah spesies bakau. Sedangkan hewan yang dapat ditemukan adalah berbagai jenis kepiting. Di beberapa daerah juga monyet tinggal di daerah ini.
  • Ekosistem pantai adalah wilayah pesisir di tepi laut. Daerah ini adalah salah satu daerah yang diciptakan oleh sedimentasi air laut. Di daerah ini ada spesies kepiting dan berbagai jenis kerang. Pantai adalah ekosistem terdekat dengan laut. Ini menjadikan pantai bagian dari lautan. Hewan yang hidup di pantai juga bisa hidup di laut. Sehingga pantai menjadi ekosistem laut, bukan ekosistem darat.

Setiap ekosistem, apakah kaya darat atau air, memainkan peran penting dalam keseimbangan alam. Ini karena setiap ekosistem berperan dalam melindungi alam. Namun, karena aktivitas manusia, banyak ekosistem perairan mulai tercemar Karena itu penting bagi kita untuk melindungi ekosistem agar bumi tidak mengalami kerusakan.

Apa yang di maksud dengan ekosistem terumbu karang?

Ekosistem terumbu karang adalah ekosistem laut dangkal di mana sinar matahari masih dapat menembus. Dalam ekosistem ini, terumbu karang dan rumput laut dapat berfotosintesis. Selain itu, hewan laut di daerah ini lebih banyak dan beragam. Di dekat terumbu karang hidup lebih banyak ikan, menghasilkan rasio timbal balik simbiotik.

Jelaskan mengenai ekosistem pantai?

Ekosistem pantai adalah wilayah pesisir di tepi laut. Daerah ini adalah salah satu daerah yang diciptakan oleh sedimentasi air laut. Di daerah ini ada spesies kepiting dan berbagai jenis kerang. Pantai adalah ekosistem terdekat dengan laut. Ini menjadikan pantai bagian dari lautan. Hewan yang hidup di pantai juga bisa hidup di laut. Sehingga pantai menjadi ekosistem laut, bukan ekosistem darat.

Jelaskan mengenai ekosistem estuari ?

Ekosistem estuari yaitu ialah ekosistem di mana air tawar dan air laut bertemu. Tumbuhan dalam ekosistem ini adalah spesies bakau. Sedangkan hewan yang dapat ditemukan adalah berbagai jenis kepiting. Di beberapa daerah juga monyet tinggal di daerah ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Ekosistem Air Tawar dan Ekosistem Air Laut Lengkap. Baca juga Ekosistem Rawa. Semoga bermanfaat.