Ekspansi Artinya

2 min read

Setiap perusahaan menginginkan jika bisnis mereka bisa bertumbuh dan juga berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Pertumbuhan dan perkembangan pada perusahaan ini sendiri disebut dengan istilah ekspansi. Sebuah perusahaan dapat dibilang sudah sukses dan berhasil melakukan ekspansi jika perusahaan tersebut dapat mengembangkan usahanya. Mulai dari menambahkan aktiva tetap atau pun meningkatkan hasil produksi dari perusahaannya tersebut.

Pengertian Ekspansi

Di sini kami akan memberikan pengertian ekspansi berdasarkan para ahli dan pengertian umumnya.

Pengertian Menurut Para Ahli

Jika dilihat dari pernyataan yang dikemukakan oleh seorang Bambang Riyanto, beliau menyatakan jika ekspansi adalah perluasan modal. Yang meliputi perluasan modal kerja mau pun modal tetap yang digunakan terus menerus untuk menjalankan perusahaan.

Sementara penyataan berbeda datang dari Alex S. Nitisemito yang mengatakan jika ekspansi merupakan sebuah tindakan yang secara khusus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk dapat memperluas atau memperbesar perusahaan yang mulanya hanya ada di bidang kecil menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan untuk barang – barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Pernyataan di atas disetujui oleh Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti yang memberikan penyataan jika ekspansi adalah perluasan usaha yang bisa dilakukan dengan menggunakan cara menambahkan kapasitas pabrik, menambahkan unit produksi, menambahkan devisi baru hingga melakukan penggabungan usaha dengan perusahaan lain yang sudah ada. Istilah ini dikenal dengan merger dan consolidation. Istilah umumnya adalah mengakuisisi atau membeli perusahaan lain.

Pernyataan lain datang dari Marithot Manullang yang mengungkapkan jika ekspansi bisa terjadi jika telah mencakup tiga hal, seperti :

1. Ekspansi dapat dicapai jika perusahaan bisa melakukan perluasan modal. Yang meiputi modal kerja, modal tetap atau pun keduanya. Modal ini pastinya digunakan secara terus menerus oleh perusahaan.

2. Ekspansi dapat tercapai jika sebuah badan usaha dianggap sudah sanggup menaikkan tingkat produksi dan penjualannya.

3. Ekspansi juga dapat tercapai dengan adanya pembelian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pada perusahaan lain yang membuat perusahaan tersebut semakin besar.

Dari sini dapat disimpulkan jika ekspansi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan di dalam usaha untuk memperluas bisnisnya. Baik dengan cara menambah modal kerja atau modal tetap.

Pengertian Secara Umum

Jika dilihat dari pengertian yang berdasarkan para ahli di atas, maka jika dilihat secara umum, ekspansi adalah suatu bentuk perluasan usaha perusahaan. Baik yang dapat dilihat dari aspek hasil produksinya atau pun dari penggunaan modalnya.

Bentuk-Bentuk Ekpansi

Setiap perusahaan mempunyai berbagai macam bentuk di dalam usaha untuk mencapai ekspansi yang sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh perusahaannya. Maka dari itu, ekspansi ini pun memiliki dua jenis atau dua tipe yang dibedakan berdasarkan dengan kebutuhan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan untuk melakukan ekspansi.

Menurut Bambang Riyanto sendiri, ekspansi dibagi ke dalam dua bentuk, yakni :

1.  Business Ekspansion

Yang pertama adalah business ekspansion, yang merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan tanpa mengakibatkan perubahan pada struktur modal perusahaan. Bentuk eskpansi ini akan memungkinkan perusahaan memperluas usahanya tanpa perlu menambahkan alat – alat produksi tahan lama. Akan tetapi perusahaan tersebut hanya akan menambahkan modal kerjanya saja. caranya adalah dengan menggunakan kapasitas produksi yang disediakan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Maka dari itu sebuah perusahaan tidak akan menambahkan aktiva tetapnya sehingga tidak akan dibutuhkan pula tambahan modal jangka panjang. Hal ini membuat perusahaan tidak harus mengubah struktur modanya. Kebutuhan modal sendiri akan semakin meningkat seiring dengan berkembangnya usaha yang semakin lama semakin besar. Maka dengan sendirinya modal pun akan ditambahkan secara perlahan dan berangsur – angsur. Sehingga tidak heran jika bentuk ekspansi ini disebut juga dengan ekspansi berangsur – angsur.

2.  Financial Ekspansion

Bentuk yang kedua adalah financial ekspansion yakni sebuah upaya ekspansi yang dilakukan dengan cara membeli alat produksi tahan lama yang baru. Atau memodernisir alat – alat produksi yang lama, bentuk ekspansi ini juga bisa dilakukan dengan cara mendirikan pabrik baru atau membeli perusahaan lain yang biasa disebut dengan mengakuisisi serta menggabungkan sebuah perusahaan lain dengan perusahaan tersebut.

Bentuk ekspansi ini membutuhan tambahan modal jangka panjak yang membuat ekspansi ini berakibat pada struktur modal perusahaan yang berubah. Maka jangan heran, jika untuk melakukan ekspansi ini dibutuhkan modal yang sangat banyak sehingga ekspansi ini disebut juga dengan ekspansi yang melonjak.

Demikian pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai ekspansi. Dari sini bisa diketahui jika ekspansi artinya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperluas atau memperbesar sebuah usaha atau perusahaan.

Artikel Lainnya :

Ekspansi Artinya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca
SELAMAT DATANG
Hai Sobat Rumusguru.Com. Untuk Masukan, Saran, Kerja Sama dan Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami Melalui Email Ini Ya Sobat admin@rumusguru.com