Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Energi Potensial

2 min read

Rumus Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda akibat adanya pengaruh tempat maupun pengaruh kedudukan dari benda itu sendiri. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Rumus Energi Potensial, meliputi Pengertian, Jenis, dan Contoh Soal di bawah ini.

Pengertian Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda akibat adanya pengaruh tempat maupun pengaruh kedudukan dari benda itu sendiri.

Energi potensial ini juga disebut dengan energi diam sebab benda yang dalam keadaan diam bisa memiliki energi.

Jika benda tersebut bergerak, maka benda tersebut mengalami perubahan energi potensial yang menjadi energi energi kenetik/energi gerak.

Energi potensial memiliki beberapa bentuk diantaranya adalah : energi potensial pegas, energi potensial gravitasi dan sebagainya.

Selain itu, energi potensial yaitu energi yang mempengaruhi suatu benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut cenderung menuju tidak terhingga dengan arah dari gaya yang munculkan oleh energi potensial tersebut.

Satuan SI untuk mengukur usaha dan energi yaitu Joule (J). Sebutan dari energi potensial/energi diam ini pertama kali dikemukakan William Rankine, seseorang teknik dan juga fisikawan yang berkebangsaan Skotlandia,

Jenis Energi Potensial

Perlu kalian ketahui bahwa jenis-jenis energi dapat dikelompokkan ke dalam energi potensial, hal tersebut karena setiap bentuk energi dapat dihubungkan dengan jenis gaya tertentu yang dapat bekerja karena berhubungan dengan jenis gaya yang bekerja dan juga sifat fisik benda tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis yang bisa di kelompokan ke dalam energi potensial, yakni diantaranya :

  1. Energi potensial gravitasi – energi potensial yang dihubungan gaya gravitasi yang bekerja pada masa benda.
  2. Energi potensial elastik – energi potensial yang yang bekerja terhadap gaya elastis terhadap elastisitas objek yang terjadi perubahan bentuk.
  3. Energi potensial listrik – energi yang bekerja terhadap muatan elektrik suatu objek atau benda.
  4. Energi potensial kimia – energi potensial yang terjadi pada suatu konfiguasi atomik yang bekerja pada sturktur atomik sehingga membentuk objek.
  5. Energi potensial termal – energi potensial yang bekerja dengan gaya elektromagnetik & berhubungan dengan suhu sebuah objek.
  6. Energi potensial elastis – energi potensial dari sebuah benda yang mengalami perubahan bentuk sebab dari adanya tekanan. Jika tekanan tersebut dilepas, energi tersebut akan berubah menjadi energi kinetik. Contohnya seperti pada anak panah yang dilepaskan dari busurnya.

Rumus Energi potensial

Energi potensial ada disebabkan karena adanya gravitasi bumi. Rumus Energi potensial tersebut dirumuskan sebagai berikut ini :

Rumus Energi Potensial

Ep = m × g × h

Keterangan:

Ep : Energi potensial (J)
m : massa benda (kg)
g : percepatan gravitasi (m/s2)
h : tinggi benda dari permukaan tanah (meter)

Apabila mengangkat benda bermassa yang awalnya setinggi yi hingga benda setinggi yf maka benda akan berpindah sejauh Δr = yfyi.

Adapun besar gaya luar minimal yang perlukan untuk mengangkat benda yaitu adalah sebesar F = mg. Sehingga besar usaha. Dinyatakan sebagai berikut.

W =F × Δr
W = mgΔr
W = mgyf – mgyi

Contoh Soal Energi Potensial

Contoh Soal Energi Potensial

1. Buah semangka yang memiliki massa 2 kg, diletakan di atas lemari yang ketinggiannya 4 m. Tentukanlah energi potensial buah semangka tersebut jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2 !

Jawab :

m = 2kg
h = 4m
g = 10 m/s2
Ep = m x g x h
Ep = 2 x 10 x 4
Ep = 80 Joule

Jadi, energi potensial bola tersebut yaitu adalah 80 Joule (J)

2. Buah Pepaya yang menggantung di pohonnya diperkirakan memiliki massa 1,5 kg. Apabila ketinggian pohon pepaya tersebut 12 meter. Berapakah energi potensial buah pepaya tersebut jika diketahui g = 10 m/s2 ?

Jawab :

m = 1,5kg
h  = 12 meter
g  = 10 m/s2
Ep = m x g x h
Ep = 1,5 x 12 x 10
Ep = 180 Joule

Jadi, energi potensial buah pepaya tersebut adalah 180 Joule (J).

Apa itu Energi Potensial?

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda akibat adanya pengaruh tempat maupun pengaruh kedudukan dari benda itu sendiri.

Sebutkan Jenis Jenis Energi Potensial?

1. Energi potensial gravitasi
2. Energi potensial elastik
3. Energi potensial listrik
4. Energi potensial kimia
5. Energi potensial termal
6. Energi potensial elastis

Sebutkan Contoh Energi Potensial?

1. Karet pegas yang belum di tarik, sebab apabila ditarik akan menjadi energi elastis.
2. Busur & anak panah memiliki energi potensial pegas apabila digunakan.
3. Bola lampu yang belum dialiri listrik, apabila di aliri listik maka akan menghasilkan energi cahaya.
4. Radio yang belum di aliri listrik.
5. Batu baterai yang belum dipakai.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Energi Potensial. terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Energi Potensial Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca