Faktor Terjadinya Resesi Ekonomi Dunia

Menjelang akhir 2019 ini, Indonesia sedang gusar dengan prediksi resesi ekonomi dunia seperti pada tahun 2001 dan 2008. Lalu apa yang di maksud dengan resesi ekonomi dunia dan mengapa itu terjadi?. Nah, untuk itu simaklah penjelasan kami mengenai Materi Makalah Faktor Terjadinya Resesi Ekonomi Dunia Lengkap di bawah ini.

Pengertian Resesi Ekonomi

Resesi ekonomi dapat dengan mudah diartikan sebagai menurunnya Pendapatan Domestik Bruto atau GDP selama kuartal secara berturut-turut.

GDP sendiri merupakan nilai total barang dan jasa yang diproduksi oleh negara dalam periode waktu tertentu.

Di era ekonomi dunia saat ini, resesi ekonomi merupakan siklus yang akan berulang dalam beberapa tahun dan tidak dapat dipungkiri.

Faktor Terjadinya Resesi Ekonomi Dunia

Setidaknya ada 12 faktor yang menyebabkan resesi ekonomi. Tanda utamanya adalah bahwa PDB berkembang secara negatif pada kuartal tertentu. Ini adalah gejala awal dari siklus resesi ekonomi.

1. Hilangnya Kepercayaan Investasi

Hilangnya kepercayaan investasi menyebabkan konsumen berhenti membeli dan kembali ke mode defensif. Selama krisis ini, kepanikan mulai berkembang.

Penjualan ritel menurun, perusahaan menjalankan sedikit iklan dan pengangguran meningkat. Manufaktur mengurangi dampak permintaan pasar yang menurun terhadap produksi.

Untuk mengembalikan kepercayaan investasi, bank federal dan bank sentral harus menjalankan kebijakan strategis.

2. Suku Bunga Tinggi

Dengan kenaikan harga, likuiditas terbatas. Penyebab terbesar adalah pihak federal, yang sering menaikan suku bunga guna melindungi Dollat.

The Fed menaikkan suku bunga untuk memerangi stagflasi, penyebab resesi 1980-an. Tujuan yang sama adalah untuk melindungi dolar dan emas sehingga depresi ekonomi besar dapat diminimalkan.

3. Anjoklnya Pasar Saham

Kehilangan kepercayaan yang tiba-tiba dalam investasi dapat menyebabkan “bear market” dan menekan modal perusahaan. Kejatuhan pasar saham adalah salah satu penyebab resesi ekonomi.

4. Jatuhnya Harga Properti

Jatuhnya harga rumah akan menyebabkan pemilik rumah kehilangan ekuitas, yang menyebabkan banyak penyitaan. Ini adalah pemicu pertama resesi ekonomi karena berbagai alasan. Bank kehilangan uang berdasarkan nilai dasar unit real estat.

5. Pesanan Manufaktur Melambat

Jika pesanan produksi melambat, resesi dapat diprediksi. Pesanan barang tahan lama menurun pada Oktober 2006, jauh sebelum resesi mencapai 208.

Baca Juga : Faktor Penentuan Lokasi Industri

6. Deregulasi

Politik / hukum dapat memicu resesi ekonomi dengan menghilangkan beberapa perlindungan penting di sektor makro dan ekonomi mikro.

7. Manajemen Buruk

Praktik bisnis yang buruk dapat memicu resesi ekonomi. Pada tahun 1990, lebih dari 1.000 bank AS runtuh dengan aset $ 500 juta karena pertukaran lahan, kredit macet, dan aktivitas ilegal lainnya.

8. Kontrol Upah Pekerja

Ini terjadi pada tahun 1971, ketika Presiden Richard Nixon membekukan upah dan harga untuk menghentikan inflasi.

Permintaan turun karena keluarga memiliki penghasilan rendah. Perusahaan tidak dapat menurunkan harga, sehingga mereka telah mem-PHK banyak pekerja. Pada tahun 1973 terjadi resesi.

9. Pelambatan Pasca Perang

Ekonomi melambat setelah Perang Korea, yang memicu resesi tahun 1953, dan setelah Perang Dunia Kedua, yang memicu resesi pada tahun 1945.

10. Krisis Kredit

Ini adalah kasus ketika lembaga keuangan memiliki beban hutang yang tinggi dalam melepaskan kewajibannya. Pergantian dengan uang buruk menyebabkan krisis besar.

11. Meledaknya Aset

Ini terjadi ketika harga barang-barang seperti emas, perumahan, atau saham naik di luar nilai normal. Peningkatan nilai harga aset adalah tanda pertama dari resesi ekonomi.

12. Deflasi

Ketika harga jatuh, ini akan memiliki efek buruk dibandingkan dengan inflasi.

Deflasi mengurangi nilai barang dan jasa yang dijual di pasar dan mendorong orang untuk menunggu harga yang lebih rendah.

Permintaan merosot dan resesi dimulai. Deflasi disebabkan oleh perang dagang yang menyebabkan depresi ekonomi besar.

Baca Juga : Faktor Perkembangan Kota di Indonesia

Apa yang di maksud dengan resesi ekonomi?

Resesi ekonomi dapat dengan mudah diartikan sebagai menurunnya Pendapatan Domestik Bruto atau GDP selama kuartal secara berturut-turut.

Apa faktor terjadinya resesi ekonomi dunia?

1. Hilangnya Kepercayaan Investasi
2. Suku Bunga Tinggi
3. Anjoklnya Pasar Saham
4. Jatuhnya Harga Properti
5. Pesanan Manufaktur Melambat
6. Deregulasi
7. Manajemen Buruk
8. Kontrol Upah Pekerja
9. Pelambatan Pasca Perang
10. Krisis Kredit

 

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Faktor Terjadinya Resesi Ekonomi Dunia. Baca juga Faktor Urbanisasi di Indonesia. Semoga bermanfaat.