Guru Anggi Mari kita Gemar Membaca, Menulis, Dan mengikuti Seminar Pendidikan

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

4 min read

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Di dalam kehidupan sehari – hari permintaan barang sifatnya bisa dibilang tidak tetap. Hal ini dikarenakan permintaan barang bisa saja mengalami penurunan dan juga bisa saja suatu saat mengalami peningkatan. Bahkan bisa terjadi sebuah peningkatan dan penurunan permintaan barang secara gratis. Lalu apa saja ya faktor yang mempengaruhi permintaan barang, hingga terjadi peningkatan dan penurunan.

Tapi sebelum mengetahi faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab permintaan barang menjadi naik atau turun. Kita harus tahu bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan ini meliputi kebutuhan barang untuk dikonsumsi dan digunakan, serta kebutuhan jasa.

Untuk memperolehnya manusia harus memberikan pengorbanan yakni dengan membayar apa yang dibutuhkan dengan sejumlah uang. Uang ini sendiri didapatkan dari bekerja.

Harga setiap barang sendiri biasanya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan mau pun tingkat permintaan dari barang tersebut.

Apa Itu Permintaan?

Nah, jika dilihat dari pengertiannya permintaan sendiri merupakan sejumlah barang dan juga jasa yang diinginkan oleh manusia. Dan mampu untuk dipenuhi atau dibeli. Sedangkan untuk memuhi dan membelinya dibutuhkan alat yang digunakan untuk membayar. Dan alat ini yang biasa kita kenal dengan uang.

Harga dari barang atau jasa ini biasanya akan dipengaruhi dengan tingkatan permintaan dari barang atau jasa tersebut. Meski tidak selalu berlaku, biasanya barang dengan permintaan tinggi akan memiliki harga yang tinggi pula dan sebaliknya. Untuk barang yang permintaannya rendah maka harganya akan cenderung rendah. Meski pun terdapat pengecualian yang membuat hukum ini tidak berlaku.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan merupakan sebuah hukum yang digunakan untuk menjelaskan mengenai hubungan yang memiliki sifat negatif. Hubungan ini berada di antara tingkat harga dan juga pada jumlah barang yang diminta khususnya oleh pasar. Hukum ini menyebutkan jika harga naik maka jumlah barang yang diminta pun akan mengalami penurunan. Dan sebaliknya permintaan akan sebuah barang akan meningkat jika harga turun.

Meski seperti yang sudah dijelaskan di atas jika hukum ini tidak mutlak adanya. Akan tetapi hukum ini akan bersifat mutlak pada saat kondisi ceteris paribus atau sebuah kondisi yang memiliki faktor tetap.

Jenis – Jenis Permintaan

Permintaan barang sendiri terdiri dari beberapa jenis di antaranya adalah seperti berikut ini :

1.) Permintaan Berdasarkan Daya Beli Konsumen

– Pemintaan efektif atau permintaan yang disertai dengan adanya daya beli. Dan juga terjadnya transaksi.

– Permintaan Potensial merupakan permintaan yang juga disertai dengan adanya daya beli. Akan tetapi belum terjadi sebuah transaksi.

– Permintaan Absolut adalah sebuah permintaan barang. Yang mana permintaan ini tidak disertai dengan adanya sebuah daya beli. Sehingga permintaan ini tidak akan menciptakan transaksi jual beli.

2.) Permintaan Berdasarkan dengan Jumlah nya

– Permintaan Individu  merupakan sebuah pemintaan pada barang atau jasa yang diinginkan oleh seseorang atau individu.

– Permintaan Pasar Hasil merupakan sebuah permintaan yang berasal dari penjumlahan setiap orang atau individu. Pada sebuah barang atau jasa. Dan permintaan ini terjadi secara bersamaan.

 

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Barang

Woman looking at milk carton in supermarket, low section

Seperti yang sudah kami singgung di atas jika hukum permintaan akan menyatakan jika semakin rendah harga suatu barang atau jasa maka akan semakin banyak permintaan barang tersebut. Dan hukum ini juga berkata sebaliknya jika semakin tinggi harga suatu barang maka permintaannya pun akan menjadi berkurang.

Namun hukum ini bisa dibialng hanya akan berlaku pada sebuah kondisi yang disebut dengan cateris paribus saja. Kondisi ini merupakan suatu kondisi yang memperlihatkan jika terdapat faktor lain yang menjadi penyebab dan akan dianggap tetap.

Inti dari hukum di atas adalah, barang akan terjual banyak atau penjualannya meningkat ketika harganya rendah. Dan akan mengalami penurunan penjualan ketika harganya naik.

Dan tentu saja terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan sebuah barang. Dan berikut ini adalag faktornya :

1.) Harga Barang Itu Sendiri

Faktor utama yang mempengaruhi permintaan barang adalah harga dari barang itu sendiri. Ya, harga barang memang bisa menjadi penentu utama apakah permintaan barang akan naik atau turun. Kita lihat dari contoh yang ada di sekitar kita, pada bahan pokok yang biasa kita beli. Misalnya saat harga Cabai hanya Rp. 20.000 / kg, maka permintaan akan cabai pun akan naik. Karena masyarakat tidak akan berpikir panjang untuk membeli cabai dengan harga yang terjangkau.

Namun penjualan cabai akan mulai lesu ketika harga cabai mencapai Rp. 100.000 / kg. Sebab bagi mereka yang memiliki dana terbatas untuk anggaran belanja pastinya akan berpikir ulang untuk membeli cabai dengan harga tersebut. Mungkin mereka akan membeli namun dengan jumlah yang dikurangi dari biasanya.

Faktor ini juga dipengaruhi ketersediaan barang. Misalnya ketika cabai dalam masa panen maka jumlah cabai akan meningkat maka harganya pun akan cenderung murah. Akan tetapi ketika belum masa panen cabai akan langka dan membuat harganya melambung tinggi.

Hal ini juga berlaku untuk beberapa bahan pokok lainnya seperti beras bahkan pada sayur dan buah buahan.

2.) Pendapatan

Faktor yang kedua adalah pendapatan, karena pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat akan berpengaruh pada permintaan terhadap barang. Pendapatan ini merupakan pendapatan siap konsumsi. Atau disebut juga dengan pendapatan rumah tangga sehingga pendapatan ini sudah dikurangi dengan biaya lain seperti pajak.

Jika jumlah pendapatan ini berubah maka hal ini juga akan mengubah permintaan barang. Karena jika pendapatan naik maka permintaan akan barang pun akan semakin naik dan sebaliknya. Pada saat pendapatan di suatu daerah tersebut menurun maka permintaan barang pun akan menjadi menurun.

Faktor ini dapat berpengaruh pada barang yang sering dibeli. Mau pun barang yang masih baru.

3.) Selera Masyarakat

Faktor lainnya adalah selera atau juga kebiasaan dari masyarakat. Contohnya ketika masyarakat sedang menyukai makanan Korea, hal ini pastinya akan membuat permintaan akan daging dan bahan bahan makanan Korea menjadi naik. Meski pun harga yang dikeluarkan untuk menikmati makanan Korea cukup mahal. Tapi karena sedang menjadi trend dan digemari banyak orang maka akan membuat rumah makan bernuansa Korea atau yang menyediakan menu Korea akan tetap ramai didatangi pengunjung.

Hal ini pun juga berlaku ketika minat masyarakat rendah terhadap suatu barang, meski pun harga barang tersebut diturunkan. Tetap tidak akan menaikkan penjualannya. Jika faktornya berdasarkan pada selera masyarakat.

4.) Perkiraan Mengenai Masa Depan

Perkirangan mengenai perubahan harga di masa mendatang dapat diprediksi. Dan ini akan menjadi faktor permintaan barang. Misalnya saja ketika orang orang tahu bahwa bulan depan panen cabai berakhir maka cabai pun akan diperkirakan langka dan pastnya harganya naik.

Maka banyak orang memilih untuk membeli cabai dalam jumlah banyak terlebih dahulu karena takut tidak bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga di bulan depan saat cabai sudah mahal.

5.) Harga Barang Lain yang Berkaitan Erat

Faktor berikutnya berasal dari harga barang lain yang memiliki kaitan dengan barang utama. Misalnya saja ketika harga daging ayam mahal, sedangkan telur yang merupakan barang subtitusi dari ayam akan menjadi meningkat permintaannya.

Hal ini membuat permintaan daging ayam menurun karena harganya yang mahal. Sedangkan orang orang akan berpindah untuk membeli telur karena harganya yang masih tetap, untuk memenuhi kebutuhannya.

 

Nah, itu dia faktor yang mempengaruhi permintaan barang yang ada di sekitar kita dan wajib untuk kamu ketahui.

Artikel Lainnya :

Candi Muara Takus

Paragraf Deduktif

Metabolisme Adalah

Guru Anggi Mari kita Gemar Membaca, Menulis, Dan mengikuti Seminar Pendidikan
Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca