Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Fungsi Badan Golgi

2 min read

Fungsi Badan Golgi

Fungsi badan golgi adalah untuk mengumpulkan protein yang dihasilkan dari RE (Retikulum endoplasma) dan melepasnya kembali apabila dibutuhkan. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi makalah tentang badan golgi, Pengertian, Struktur, Jenis, dan Gambar Badan Golgi di bawah ini.

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi atau nama lainnya yakni aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom adalah sebuah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, yang mana strukturnya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

Badan golgi berada hampir di seluruh sel eukariotik dan juga banyak dijumpai pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi, misalnya seperti pada ginjal.

Baca Juga : Fungsi Membran Sel

Setiap sel pada hewan memiliki 10 s/d 20 badan Golgi, sementara sel tumbuhan memiliki badan golgi sampai ratusan. Badan Golgi terdapat juga pada tumbuhan disebut diktiosom.

Badan golgi adalah organel terbesar yang ada dalam sitoplasma. Badan Golgi mempunyai bentuk seperti kantung pipih yang bertumpuk dan tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil dan terikat oleh membran.

Bentuk badan golgi yang terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan biasanya memiliki bentuk yang sama. Badan golgi tersebar di seluruh sitoplasma yanag mana berhubungan satu dengan lainnya sehingga badan golgi membentuk seperti struktur kompleks yang menyerupai jala.

Camillo Golg, seorang ahli histologi serta patologi kebangsaan Italia beliau merupakan penemu badan golgi pertama kali.

Fungsi Badan Golgi

Struktur badan golgi
Gambar Badan Golgi

Terdapat dua fungsi utama badan golgi yaitu untuk menampung dan mengeluarkan protein dan untuk penyempurnaan protein.

Fungsi utama badan golgi yakni untuk mengumpulkan protein yang dihasilkan dari RE (Retikulum endoplasma) dan melepasnya kembali apabila dibutuhkan.

Sementara, penyempurnaan atau disebut juga dengan pengolahan protein, terjadi ketika proses masuknya vesikel transpor di daerah cis badan golgi sampai keluar di daerah trans.

Dimana penyempurnaan tersebut menggunakan enzim enzim yang ada pada lumen badan golgi. Pengolahan protein yang terjadi di protein seperti fosforilasi oligosakarida yang terdapat dalam protein lisosomal yang terjadi pada tahapan awal di daerah cis.

Contoh lain dari pengolahan protein seperti pembentukan insulin yang fungsional pada badan golgi, penambahan fosfat pada protein / fosforilasi.

Selain itu, pengolahan protein pada badan golgi juga menyangkut mengenai modifikasi protein dengan penambahan label yang khusus sehingga protein tersebut terkhusus pada satu organel saja.

Contoh dari penambahan manosa-6-fosfat pada protein yang ditujukan untuk organel lisosom.

Baca Juga : Fungsi Lisosom

Struktur Badan Golgi

Struktur atau komponen komponen yang ada pada badan Golgi yaitu berupa berkas kantung yang berbentuk seperti cakram yang bercabang dan menjadi serangkaian pembuluh yang kecil di pada bagian ujungnya.

Fungsi Badan Golgi
Struktur badan golgi

Karena badan golgi memiliki keterkaitan dengan fungsi pengeluaran sel sangat erat, maka pembuluh mengumpulkan dan juga membungkus karbohidrat dan juga zat-zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel.

Kemudian, pembuluh tersebut menyumbang bahan-bahan yang nantinya berguna untuk pembentukan dinding sel. Badan golgi dibangun oleh membran yang memiliki bentuk tubulus dan vesikula.

Dari tubulus tersebut kemudian dilepaskan kantung-kantung yang memiliki ukuran kecil yang berisi berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan seperti enzim–enzim pembentuk dinding sel.

Selain itu, badan golgi juga merupakan bagian sel yang hampir serupa dengan Retikulum Endoplasma (RE). Yang membedakan hanya badan golgi terdiri dari berlapis ruangan yang di bungkus atau ditutupi membran.

Badan golgi memiliki dua bagian, yaitu bagian cis dan trans. Bagian cis menerima vesikel yang berasal dari Retikulum Endoplasma Kasar (REK). Vesikel tersebut kemudian diserap ke ruangan-ruangan dalam badan golgi serta isi dari vesikel akan tadi akan diproses untuk penyempurnaan, pengolahan protein dan yang lainnya.

Ruangan tersebut bergerak di mulai dari bagian cis menuju ke bagian trans. Di bagian inilah ruangan-ruangan akan memecahkan dirinya dan juga membentuk vesikel, dan sudah siap disalurkan ke berbagai bagian sel yang lain atau ke luar sel.

Sebutkan fungi badan golgi?

Terdapat dua fungsi utama badan golgi yaitu untuk menampung dan mengeluarkan protein dan untuk penyempurnan protein. Selain itu, fungsibadan golgi yakni untuk mengumpulkan protein yang dihasilkan dari RE (Retikulum endoplasma) dan melepasnya kembali apabila dibutuhkan.

Apa itu badan golgi?

Badan Golgi atau nama lainnya yakni aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom adalah sebuah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel.

Sebutkan struktur badan golgi?

Struktur / komponen yang ada pada badan Golgi yaitu berupa berkas kantung yang berbentuk seperti cakram yang bercabang dan menjadi serangkaian pembuluh yang kecil di pada bagian ujungnya.

Demikianalah pembahasan kami mengenai Fungsi Badan Golgi pada sel hewan dan sel tumbuhan. Baca juga pembahasan kami kemarin tentang fungsi vakuola, Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Fungsi Badan Golgi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca