Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Fungsi Hati

2 min read

Fungsi Hati – Organ hati merupakan salah satu organ yang paling inti dan perannya sangat vital bagi manusia. Bagian ini dapat kita sebut dengan sebutan liver dan merupakan organ yang ukurannya paling besar di dalam tubuh memiliki berat kisaran 1,5 kilogram dan berwarna coklat.

Hati terletak di rongga perut kanan pada bagian atas lebih tepatnya berada di bawah rusuk bagian kanan pada bagian kanan.

Bagian dari hati ialah bagian kiri dan bagian kanan, bagian kiri kita sebut dengan lobus. Lobus huga terbagi kembali menjadi dua yaitu lobus kiri dan lobus kanan, lobus kanan memiliki ukuran yang lebih besar jika diukur bisa 6 kali lipat besarnya dari lobus kiri.

Hati merupakan bagian dari tubuh yang sangat vital sehingga kita wajib sekali untuk menjaganya agar fungsi-fungsinya dapat berjalan baik dan tidak terganggu. Sebenarnya apa aja sih fungsi hati itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Fungsi Dari Hati

  • Fungsi dari organ hati ialaha sebagai penghancur sel sel darah merah yang terbilang sudah tua, proses penghancuran ini ditandai dengan warna tinja yang berubah menjadi coklat, akan tetapi jika tinja berwarna pucat atau bahkan putih dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya. Berarti ini memberi tanda bahwa organ hati sedang bermasalah serius. Dan berakibat menderita penyakit hepatitis atau umumnya disebut penyakit kuning. Keadaan seperti ini juga salah satu dari penyebabnya ialah menumpuknya bilirubin ataupun hasil penguraian hemoglobin ketika proses penguraian sel darah merah.
  • Berikutnya fungsi organ hati juga ialah mempunyai tugas membersihkan sel darah dari senyawa yang fatal seperti obat obatan, Narkotika, racun, dan Alkohol.
  • Fungsi selanjutnya membantu metabolisme protein dengan memanfaatkan ginjal yang bisa merubah ammonia untuk menjadi urea dan dikeluarkan bersamaan dengan urine.
  • Hati juga berfungsi sebagai pembantu didalam penyimpanan energi untuk tubuh kedalam bentuk glikogen kemudian diubah menjadi glukosa jika darah didalam tubuh membutuhkan asupan kadar glukosa
  • Organ hati juga digunakan untuk menyimpan asam folat, beberapa vitamin contohnya seperti A, B12, K dan D serta zat besi.
  • Organ hati digunakan untuk memproduksi kolesterol, protein dan trigliserida agar bisa dialirkan ke dalam darah.
  • Organ hati digunakan untuk memproduksi protein diantaranya albumin yang bertugas untuk menjaga cairan tubuh didalam sirkulasi tubuh. sedangkan protein itu sendiri berperan penting didalam pembekuan darah dan pemberi imun untuk kekebalan tubuh.
  • Organ hati berfungsi untuk memproduksi hormon untuk proses pertumbuhan anak anak.
  • Organ hati berfungsi untuk memproduksi cairan empedu yang memiliki tugas untuk membantu pencernaan makanan.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Fungsi Hati

Sebagai organ yang sangat penting fungsinya bagi tubuh kita, pastinya kita wajib menjaga organ hati agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan semestinya. Untuk menjaganya tentunya kita harus terlebih dahulu mengetahui kebiasan buruk yang dapat menghambat atau menghentikan kerja dari organ hati kita, diantaranya sebagai berikut :

1. Merokok

Merokok memang salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan, tidak hanya merusak paru-paru, merokok justru dapat membahayakan hati. Merokok mengganggu kinerja hati karena hati harus bekerja lebih keras karena ada zat yang terkandung berbahaya yang diterima ketika kita merokok.

Maka hati membutuhkan lebih banyak waktu untuk meregenerasi sel hati, berefek fatal dan dapat mengaktifkan pertumbuhan sel kanker. Selain perokok aktif, penyakit hati lain seperti sirosis hati dan hepatitis juga berisiko.

2. Mengkonsumsi Obat – Obatan Secara Berlebihan

Banyak orang mengira jika obat adalah satu-satunya solusi yang bisa dilakukan jika dirinya sedang terserang sakit. Misalnya, seperti sakit pada kepala, sakit pada perut, dan berpendapat hanya obat-obatan yang dapat segera meringankan gejala-gejala ini, tetapi pada kenyataannya, beberapa gejala nyeri , seperti disebutkan di atas, bahkan mungkin membaik, tergantung pada sistem kekebalan tubuh Anda sendiri. Jika anda terlalu banyak minum obat untuk waktu yang lama maka akan membuat hati berat menjalankan tugasnya, karena beberapa obat untuk gejala ringan sulit larut, Ini akan merusak fungsi hati untuk waktu yang lama.

3. Begadang

Di zaman serba modern seperti saat ini, banyak orang menjadi semakin tidak sehat ketika mereka mulai menyepelekan waktu istirahat yang cukup, waktu dihabiskan hanya untuk menonton TV dan bermain di smartphone sampai larut malam. Meskipun Anda tahu bahwa jika Anda begadang, organ tubuh Anda akan bekerja, terutama hati Anda akan bekerja lebih keras tanpa istirahat. Terutama jika Anda begadang sepanjang malam dengan mengonsumsi makanan ringan atau makanan berat yang sulit dicerna, sulit bagi tubuh Anda untuk menangkal kandungan tubuh yang lemah yang disebabkan oleh makanan ini. Intinya mengapa kita diharuskan beristirahat yang cukup? karena dengan kita beristirahat semua organ organ vital yang ada ditubuh kita dapat refres kembali

4. Mengkonsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan tidak hanya dapat menrusak kinerja dan fungsi hati, tetapi alkohol yang tinggi yang masuk didalam tubuh dapat menyebabkan tiga penyakit hati yang sangat berbahaya, yaitu hepatitis, sirosis, hati berlemak, semuanya bukan hanya dapat mengurangi kinerja organ hati saja, akan tetapi dapat merusak dan melumpuhkan fungsi hati

Setelah membaca artikel ini, anda sudah semakin cerdas dalam menjaga fungsi organ hati, karena anda sudah mengetahui apa saja yang dapat mengganggunya.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Fungsi Hati Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca