Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Fungsi Inti Sel

3 min read

Fungsi Inti Sel

Fungsi inti sel yakni adalah pengatur seluruh aktivitas sel. Fungsi tersebut dilakuakan dengan mengelola ekspresi gen, mereka mengatur kapan & dimana ekspresi gen dimulai, diproses, maupun diakhiri. Lebih lengkapnya simaklah Materi Fungsi Inti Sel, Pengertian, Struktur, Sejarah, dan Gambar di bawah ini.

Pengertian Inti Sel

Inti sel atau dalam ilmiah disebut dengan Nukleus merupakan salah satu dari 3 bagian utama sel. Nukleus juga adalah organel yang bisa ditemukan pada semua organisme eukariotik.

Inti sel mengandung beberapa materi genetik seperti Deoxyribo Nucleic Acid (DNA), Kromosom dan protein.

Sebagian besar sel memiliki hanya satu nukleus, namun ada juga yang memiliki 2 atau lebih nukleus, dan juga ada sel yang tidak memiliki nukleus sama sekali.

Fungsi utama dari Nukleus yakni sebagai pengatur seluruh aktivitas sel. Fungsi tersebut dijalankan dengan mengelola ekspresi gen,mereka mengatur kapan & dimana ekspresi gen dimulai, diproses, maupun diakhiri.

Didalam sebuah inti sel akan ada anak inti atau nukleous yang berfungsi dalam mengatur kinerja inti sel, inti sel memiliki fungsi yang sangat penting bagi perkembangan sel pada makhluk hidup.

Fungsi Sel Inti

Fungsi Inti Sel

Pada sel eukariotik dapat ditemukan selaput tipis yang membungkus inti sel. Selaput tipis, yang mana selaput tipis tersebut merupakan membran inti yang berfungsi dalam proses pertukaran materi antara cairan inti sel ( nukleoplasma) dengan sitoplasma.

Fungsi utama dari inti sel yakni sebagai pengatur seluruh aktivitas sel. Fungsi tersebut dijalankan dengan mengelola ekspresi gen,mereka mengatur kapan & dimana ekspresi gen dimulai, diproses, maupun diakhiri.

Selain itu inti sel juga memiliki bagian-bagian yang menyusunnya. Didalam sebuah inti sel akan ada anak inti atau nukleous yang berperan dalam mengatur kinerja inti sel.

Selain itu juga fungsi nukleus atau inti sel sangat penting bagi perkembangan sel pada makhluk hidup. Selain fungsi utama, fungsi lain dari inti sel yakni sebagai berikut :

1. Media Penyimpanan Informasi Genetik

Inti sel berfungsi untuk media penyimpanan informasi genetik sebab didalam hati sel terdapat membran inti yang berperan dalam mempertahankan Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) didalam wajahnya.

Rangkaian DNA ini adalah rangkaian yang terbilang sangat rumit sebab terdiri atas banyak gen yang mewakili setiap spessiesnya.

2. Wadah Replikasi Dan Transkripsi

Inti sel berfungsi sebagai tempat, dimana Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) melaksanakan replikasi. Replikasi tersebut didalam siklus sel terjadi pada fase G1.

Dengan adanya replikasi Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) tersebut maka akan terjadi protes mitosis setelahnya.

3. Sebagai Pengatur Siklus Sel

Dalam hal ini inti sel berguna untuk mengatur siklus sel, mulai dari menentukan kapan suatu sel harus membelah, dan kapan sel tidak perlu membelah, dan juga kapan sel hanya perlu membesar saja.

Fungsinya yaitu untuk semua jenis sel secara umum, kecuali sel kanker yang telah terkodekan didalam gen yang berada pada inti sel.

4. Mengendalikan Metabolisme Selular

Fungsi ini dapat terjadi karena adanya proses menghasilkan protein yang dilakukan yang melalui proses transkripsi & translasi.

Tiap tiap gen akan menjadi protein yang dihasilkan melalui cetakan DNA. Protein tersebut nantinya akan menjadi enzim yang berperan dalam metabolisme sel / metebolisme indivindu.

Baca Juga : Fungsi Retikulum Endoplasma

Struktur Inti Sel

Struktur Inti Sel

Inti sel merupakan organel pertama yang ditemukan, yang pertama kali dideskripsikan oleh Franz Bauer pada 1802 kemudian dijabarkan lagi secara terperinci oleh ahli botani Skotlandia, Robert Brown, pada tahun 1831 Inti sel adalah organel yang sangat penting bagi makhluk hidup.

Inti sel berfungsi mengendalikan seluruh kegiatan sel. Biasanya sel mengandung satu inti sel namun beberapa organisme memiliki jumlah nukleus yang bervariasi

Berdasarkan jumlah inti dalam sel dapat dibedakan menjadi

  1. Sel monukleat (Sel berinti tunggal) , umumnya terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan
  2. Sel Binukleat (Sel berinti ganda) Terdapat pada Paramecium.
  3. Sel Polinukleat ( Sel berinti banyak) Sel yang berinti lebih dari 2 seperti sel otot lurik, sel osteoblast dan sel alga  Vaucheria.

Bentuk inti biasanya berhubungan dengan bentuk sel. Namun, biasanya bentuk inti tidak beraturan, ada yang berbentuk kubus, lonjong, persegi banyak beraturan.

Pada leukosit, inti berbentuk glanduler .Volume inti berkaitan dengan jumlah kromosom dalam inti sel. Inti sel haploid memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ukuran inti diploid.

Nukleus mengandung materi genetil Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) dan ribose nucleic acid (RNA), protein inti, dan garam mineral ( Karmana, 2008  : 6 )

Sejarah Penemuan Inti Sel

Inti sel merupakan organel pertama yang ditemukan & diteliti oleh para ahli. Inti sel pertama kali dideskripsikan oleh seorang ahli yang bernama Antonie van Leeuwenhoek.

Dimana pada saat itu sedang meneliti inti sel yang terdapat di dalam sel darah merah salmon. Penggambaran inti sel juga dilakukan oleh Franz Bauer di tahun 1802.

Pada tahun 1831 penggambaran inti sel dijelaskan atau dijabarkan secara terperinci oleh seorang ahli botani dari Skotlandia yang bernama Robert Brown.

Yang mana Robert Brown meneliti inti sel pada sel epidermis bunga anggrek. Dari penelitian tersebut, Beliau tidak dapat menjelaskan fungsi dari inti sel tersebut.

Kemudian di tahun 1838, Matthias Schleiden menyatakan bahwa inti sel memiliki peran dalam pembentukan sel, yang kemudian diberi nama yang dikenal “cytoblast” yang berarti “pembentuk sel”.

Beliau yakin bahwa dia telah melihat sel baru terbentuk di sekeliling “cytoblast”.

Di tahun 1877 & 1878, Oscar Hertwig meneliti sejumlah studi dari fertilisasi telur landak laut yang menunjukkan bahwa inti sel sperma memasuki sel telur & kemudian bergabung dengan inti sel tersebut.

Studi pertama kali muncul dugaan bahwa sebuah individu terbentuk dari sebuah inti sel. Selain itu, Hertwig juga telah meneliti hewan lain seperti moluska dan amfibi.

Dan akhirnya di tahun 1884, Eduard Strasburger juga memperoleh hasil penelitian yang sama pada tumbuhan.

Apa itu inti sel ?

Inti sel atau dalam ilmiah disebut dengan Nukleus merupakan salah satu dari 3 bagian utama sel. Nukleus juga adalah organel yang bisa ditemukan pada semua organisme eukariotik.

Apa fungsi utama dari Inti Sel ?

Fungsi utama dari inti sel yakni sebagai pengatur seluruh aktivitas sel. Fungsi tersebut dijalankan dengan mengelola ekspresi gen,mereka mengatur kapan & dimana ekspresi gen dimulai, diproses, maupun diakhiri.

Sebutkan struktur Inti Sel ?

1. Membran Inti
2. Nukleoplasma
3. Kromatin
4. Nukleolus

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Inti Sel, baca juga artikel kami sebelumnya mengenai fungsi ribosom. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Fungsi Inti Sel Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca