Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Jaringan Palisade – Lengkap dengan Pengertian, Karakter, Struktur, dan Jenis nya

3 min read

Fungsi Jaringan Palisade

Rumusguru.com – Tahukah Anda bahwa seperti halnya makhluk hidup yang lain, tumbuhan membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Dengan begitu tumbuhan melakukan suatu aktifitas pemasakan makanan yang juga disebut dengan istilah Fotosintesis pada tumbuhan yang dilakukan dengan bantuan sinar matahari.

Meski fotosintesis sangat bermanfaat bagi tumbuhan, namun tidak semua aspek tumbuhan dapat menghasilkan fotosintesis. fotosintesis hanya mungkin dilakukan dengan daun, karena daun mengandung jaringan yang disebut jaringan mesofil.

Sebelum kita masuk kepembahasan pokok tentang Fungsi jaringan Palisade, lebih baik kita bahas tuntas dulu tentang Proses Fotosintesis

 

Proses Fotosintesis

Aktivitas fotosintesis berlangsung pada bagian daun yang disebut jaringan daun mesofil. Mesofil adalah jaringan yang terdiri dari sel parenkim atau jaringan asli dan bertindak sebagai pengisi di antara organ/ jaringan lainnya.

Karena sel-sel parenkim adalah jaringan ground tissue atau dasar, hampir setiap bagian tanaman mengandung nutrisi penting ini. Jaringan mesofil merupakan jaringan yang sangat berguna untuk fotosintesis karena mengandung banyak klorofil. Zat klorofil atau hijau daun adalah salah satu jenis pigmen yang berperan penting dalam proses fotosintesis oleh daun.

 

Nah sekarang kita masuk pada pembahasan inti

Pengertian Jaringan Palisade (Jaringan Tiang)

Jaringan fotosintesis mesofil terbagi menjadi dua bagian, salah satunya adalah jaringan palisade. Jaringan palisade juga atau jaringan tiang diketahui terdiri dari sejumlah sel yang berkembang di sekitar daun (memanjang dan tegak lurus).

Sel pada jaringan palisade saling terpisah satu sama lainnya. Fungsinya agar udara di tengah sel bisa mencapai sisi jauh sel. Jaringan ini adalah tempat dimana banyak sekali klorofil yang berfungsi untuk melakukan fotosintesis.

Setiap daun biasanya memiliki dua atau tiga lapisan dan klorofil menempel di dindingnya. Seperti fotosintesis yang mengandung begitu banyak klorofil, palisade melakukan sejumlah fungsi penting.

Fungsi pertama adalah tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan. Konsentrasi klorofil yang tinggi di jaringan ini memungkinkan jaringan menyerap sinar matahari, yang bertindak sebagai radiasi matahari untuk fotosintesis.

Jaringan yang saling berhubungan juga berfungsi di sini sebagai pelengkap yang bagus untuk ruang dalam daun. Kemudian berkaitan dengan transpirasi atau disebut juga dengan proses pelepasan cairan dari dinding parenkim.

Pengertian Jaringan Spons (Bunga Karang)

Selain dilakukan oleh jaringan palisade fotosintesis pada daun juga dilakukan oleh organ lain yang disebut jaringan bunga karang atau spons. Spons terletak di bawah palisade dan memiliki beberapa bentuk, yakni silinder atau bulat.

Selain itu, jaringan spons ini berbentuk longgar jika dibandingkan dengan jaringan palisade juga lebih stabil. Karena terletak di dasar palisade, jaringan Spons ini tidak memiliki klorofil sebanyak palisade yang ada di permukaan.

Sebaliknya, jaring memiliki kantung besar yang berfungsi sebagai alat pertukaran udara antar daun yang berbeda. Meskipun komponen klorofil dalam spons ini lebih sedikit dibandingkan dengan palisade, tetapi spons ini masih berfungsi dengan daun.

Fungsi yang pertama adalah mengubah udara di daun, karena jaringan berisi kantong udara yang besar. Aktivitas selanjutnya adalah tetmpat ikatan dari pembuluh darah yang berasal dari daun tumbuhan.

Spons juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan fotosintesis yang terbuat dari palisade fotosintesis. Terakhir, jaring spons berfungsi sebagai penampung gas dan oksigen yang juga sangat dibutuhkan oleh daun tumbuhan.

 

Lebih lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Fungsi Jaringan Palisade, Pengertian, Ciri, Letak, Struktur, dan Gambar di bawah ini.

Karakteristik Jaringan Palisade

Jaringan Palisade
Jaringan Palisade

 

Jaringan palisade memiliki karakteristik / ciri tersendiri. Berikut adalah ciri-cirinya:

  • Selnya berbentuk panjang, silindris, & tegak. Jaringan palisade juga disebut dengan jaringan pagar.
  • Sel-selnya memiliki susunan yang rapat, namun masih ada ruang antar sel walaupun sedikit jika dibandingkan dengan sel di jaringan bunga karang atau spons.
  • Terdiri atas 1 lapis / beberapa lapis sel.
  • Setiap sel nya mengandung kloroplas dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Fungsi Jaringan Meristem

 

Struktur Jaringan Palisade

Struktur sel pada jaringan palisade tidak terlalu banyak perbedaan dengan struktur sel pada jaringan tumbuhan lainnya.

Bagian-bagian sel yang bisa ditemukan pada sel di jaringan palisade yaitu dinding sel, sitoplasma, inti sel, vakuola, & kloroplas.

Nah akan kita bahas juga apa itu Kloroplas, agar kita lebih paham betul tentang jaringan dan sel yang ada pada daun

Kloroplas bisa dijumpai diseluruh sel tumbuhan, namun yang biasanya ditemukan  di jaringan mesofil khususnya sel dari jaringan tiang atau jaringan palisade.

Kloroplas merupakan organel sel berbentuk cakram yang tersusun atas beberapa membran,yaitu membran luar dan dalam.

Dalam kloroplas ada materi genetik (DNA & RNAs), membran tilakoid, granum, stroma, ribosom, dan tilakoid,

Reaksi fotosintesis berawal dari proses penyerapan radiasi matahari yang terjadi di tilakoid. Struktur kloroplas dapat dilihat di gambar di bawah ini.

Tilakoid berbentuk pipih serta kumpulan tilakoid kelihatan seperti tumpukan uang logam yang biasa disebut granum.

Klorofil dan pigmen fotosintesis lain bisa ditemukan di membran tilakoid. Membran tilakoid juga berkaitan dengan sistem transpor elektron dalam proses pada fotosintesis.

Reaksi gelap terjadi di stroma yang menjadi bagian dalam membran kloroplas.

Kloroplas di tiap sel tumbuhan memiliki jumlah yang berbeda, jumlah kloroplas yang ada di sel jaringan tiang memiliki jumlah yang banyak.

Materi genetik yang ada di kloroplas memiliki fungsi yakni untuk replikasi / perbanyakan kloroplas sehingga jumlah kloroplas tiap sel bisa bertambah tergantung kebutuhannya.

Selain itu, ternyata kloroplas memiliki karakteristik yaitu mampu melakukan pergerakan terhadap rangsangan cahaya.

Apabila cahaya cenderung sedikit, maka banyak kloroplas menyebar di permukaan untuk memaksimalkan penyerapan cahaya tersebut.

Sedangkan apabila cahaya dengan intensitas yang tinggi, maka kloroplas akan mendapat perlindungan dari kolom vertikal dinding sel & berbaris sehingga akan terhindar dari kerusakan.

 

Letak Jaringan Palisade

Jika dilihat dari letaknya, maka jaringan palisade dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut ;

  • Dorsiventral : Jaringan palisade terletak di bawah epidermis (sisi adaksial atau atas).
  • Isolateral : Jaringan palisade terletak di ke-2 sisi permukaan daun.

Baca Juga : Fungsi Jaringan Epidermis

 

Fungsi Jaringan Palisade

  • Menjadi tempat terjadinya proses fotosintesis karena pada jaringan tersebut ada sel yang mengandung banyak kloroplas. Kloroplas memiliki beberapa pigmen fotosintesis seperti klorofil untuk bisa menyerap radiasi matahari. Energi yang berasal dari radiasi matahari serta beberapa komponen seperti air, karbon dioksida (CO2) dan lainnya dimanfaatkan untuk membuat senyawa organik berupa karbohidrat, sebagai makanan bagi tumbuhan. Jaringan palisade pada daun dikenal juga dengan parenkim asimilasi dan parenkim pagar
  • Aktifitas jaringan palisade pada daun yakni sebagai bagian dari mesofil yang tersusun dari sel-sel parenkim yang memiliki guna sebagai pengisi utama bagi lapisan sel dalam daun.
  • Jaringan palisade, berkaitan dengan proses transpirasi. Dalam proses transpirasi ini, air yang menguap dari dinding sel-sel parenkim jaringan palisade menuju ke ruang interseluler.

Jaringan palisade pada daun memiliki peran yang penting bagi tumbuhan sebagai organisme autotro karena manfaat pada daun secara khusus yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis.

 

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Fungsi Jaringan Palisade. Jangan lupa untuk terus ikuti update artikel kami yang lainnya di Https://rumusguru.com/ dengan berbagai pembahasan yang menarik untuk Anda baca. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Jaringan Palisade – Lengkap dengan Pengertian, Karakter, Struktur, dan Jenis nya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Pengertian Kata Rujukan

Ami Alhasani
3 min read