Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Xilem dan Floem

3 min read

Fungsi Jaringan Xilem

Xilem adalah jaringan kompleks yang akan terdiri dari sel hidup dan juga sel mati. Sedangkan jaringan floem adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai macam jenis unsur dengan tipe yang berbeda. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembasahan kami mengenai Materi Fungsi Xilem dan Floem, meliputi Jenis, Unsur, Perbedaan Lengkap dibawah ini.

Pengertian Xilem dan Floem

Fungsi Jaringan Xilem
Jaringan Xilem dan Floem

Xilem adalah jaringan kompleks yang akan terdiri dari sel hidup dan juga sel mati. Sedangkan jaringan floem adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai macam jenis unsur dengan tipe yang berbeda yaitu parenkim serabut, kloroid dan pembuluh lapisan. Adapun sel-sel yang penting pada floem yaitu adalah tabung tapis.

Fungsi Jaringan Xilem

Xilem merupakan tempat pengangkut air & unsur hara yang didapatkan dari penyerapan oleh akar menuju ke daun.

Jaringan xilem adalah jaringan yang sangat kompleks yang tersusun dari berbagai macam sel.

Biasanya, penyusun xilem tersusun dari sel mati dengan dinding sel yang tebal dan didalamnya mengandung lignin.

Xlem juga memiliki fungsi lain yakni sebagai jaringan penguat bagi pertumbuhan pada tanaman.

Jaringan xilem tersusun dari beberapa komponen. Antara lainnya yaitu unsur trakeal (trakea & trakeida), serat xilem, dan juga parenkim xilem.

Baca Juga : Fungsi Jaringan Epidermis

Unsur Unsur Jaringan Xilem 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai unsur-unsur xilem :

1. Trakea

Trakea yaitu ialah komponen xilem yang tersusun dari tabung-tabung yang berdinding tebal. Tabung itu tadi dilapisi oleh selulosa sekunder dan juga lignin sehingga memiliki tekstur yang keras dan juga kuat.

Trakea biasanya hanya ditemukan pada tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Pada tumbuhan berbiji terbuka (gymsnospermae), komponen ini tidak ada kecuali pada keluarga tanaman melinjo (Gnetaceae).

2. Trakeid

Trakeida adalah yang berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan diameter trakea. Yaitu trakeida hanya memiliki diameter sekitar 30 mm lebih kecil dari trakea.

Meskipun dinding sel nya tebal dan juga berkayu. Trakeida ada pada semua jenis tumbuhan berbiji (spermatophyta).

3. Parenkim Xilem

Parenkim xilem pada umumnya terdiri dari sel-sel yang hidup, dan bisa dijumpai pada xilem primer & xilem sekunder.

Pada xilem sekunder bisa dijumpai dua macam jenis parenkim, yaitu parenkim kayu & jari-jari empulur.

Parenkim kayu pada sel-sel nya dibentuk oleh sel pembentuk fusi unsur-unsur trakea yang bisa mengalami penebalan pada bagian dindingnya.

Parenkim jari-jari empulur terdiri dari beberapa sel yang biasanya memiliki 2 bentuk dasar, yaitu sel yang bersumbu panjang ke arah radial dan juga sel bersumbu panjang yang ke arah vertikal.

Sel-sel parenkim xilem memiliki fungsi menjadi tempat cadangan makanan berupa zat tepung. Zat tepung ini pada umumnya tertimbun hingga saat-saat pertumbuhan yang kemudian akan berkurang seiring dengan kegiatan kambium.

Fungsi Jaringan Floem

Floem adalah jaringan pengangkut pada tanaman yang memiliki fungsi untuk mengangkut atau menyalurkan hasil fotosintesis yang berasal dari daun menuju ke seluruh bagian tanaman yang kemudian berguna untuk proses pertumbuhannya.

Jaringan ini terdiri dari dari 2 jenis sel yaitu sel hidup & sel mati. Sel-sel yang menjadi penyusun nya antara lain sel pengantar, parankim, sel albumen, dan serat floem.

Unsur-unsur kibral adalah sel penyusun floem yang memiliki pori dan juga berfungsi sebagai saringan / filter.

Sel ini juga terbagi menjadi dua komponen yaitu sel tapis & komponen pembuluh tapis. Komponen komponen tersebut memiliki dinding melintang yang menjadi penyekat setiap fotosintat yang akan disalurkan melalui jaringan itu sendiri.

Baca Juga : Fungsi Jaringan Parenkim

Unsur Unsur Jaringan Floem

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai unsur-unsur yang terdapat pada jaringan floem :

1. Parenkim Floem

Parenkim floem yaitu adalah jaringan parenkim yang terletak di bagian jaringan pengangkut tapis. Komponen yang menjadi penyusun floem ini berfungsi menjadi tempat penyimpanan karbohidrat, resin, lemak tanin, dan zat orgnaik lainnya.

Jaringan ini juga memiliki 2 macam jenis sel yang memiliki fungsi tersendiri, yaitu sebagai sel pengantar & sel albumen.

2. Sel Pengantar

Sel pengantar adalah penyusun floem yang merupakan sel-sel hidup yang sifatnya meristematik.

Komponen tersebut berfungsi membawa hormon-hormon sebagai penyembuh luka dan juga sebagai penyalur atau menyalurkan fotosintat bagi sel-sel tapis.

3. Sel Albumin

Sel albumin adalah sel jari empelur yang kaya akan zat putih telur. Sel ini adalah sel mati yang menjadi pelindung sel pengantar.

4. Serat Serat Floem

Serat-serat floem adalah penyusun yang terdiri dari dua jenis komponen floem, yaitu komponen floem primer dengan floem sekunder.

Floem primer pada umumnya akan ada di dalam organ-organ tumbuhan yang masih mengalami proses pertumbuhan memanjang. Sementara serat-serat floem sekunder berada di dalam sel kambium.

5. Unsur Tapis

Unsur tapis memiliki karateristik tersendiri, yaitu adanya daerah tipis yang berada di bagian dinding yang mana intinya hilang dari protoplas.

Daerah tapis ini merupakan daerah noktah yang termodifikasi serta tampak sebagai daerah cekung di dinding yang memiliki pori.

Pori-pori tersebut menjadi tempat lewatnya plasmodesmata yang menghubungkan 2 unsur tapis yang saling berdampingan.

Sel-sel tapis ini adalah sel panjang yang pada bagian ujungnya meruncing di bidang tangensial & membulat pada bidang radial.

Dinding lateral, yang mana dinding ini banyak mengandung daerah tapis yang berpori. Komponen bulu tapis, pada dinding bagian ujungnya akan saling menempel dengan dinding ujung sel di bagian bawahnya maupun di bagian atasnya. 

Maka akan membentuk deretan sel-sel yang bentuknya memanjang atau yang biasa disebut dengan pembuluh tapis.

Apa perbedaan Jaringan Xilem dengan Floem?

Jaringan xilem adalah jaringan yang sangat kompleks yang tersusun dari berbagai macam sel.
Biasanya, penyusun xilem tersusun dari sel mati dengan dinding sel yang tebal dan didalamnya mengandung lignin. Sedangkan Jaringan floem terdiri dari dari 2 jenis sel yaitu sel hidup & sel mati. Sel-sel yang menjadi penyusun nya antara lain sel pengantar, parankim, sel albumen, dan serat floem.

Apa itu jaringan xilem?

Xilem adalah jaringan kompleks yang akan terdiri dari sel hidup dan juga sel mati

Apa itu jaringan floem?

Floem adalah jaringan pengangkut pada tanaman yang memiliki fungsi untuk mengangkut atau menyalurkan hasil fotosintesis yang berasal dari daun menuju ke seluruh bagian tanaman yang kemudian berguna untuk proses pertumbuhannya.

Demikianlah pembahasan kemi mengenai Materi Fungsi Jaringan Xilem dan Jaringan Floem. Baca juga artiekl lainnya mengenai Fungsi Jaringan Ikat. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Xilem dan Floem Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Fungsi Kromatin

Ami Alhasani
3 min read