Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Fungsi Kelembaban Udara Bagi Makhluk Hidup dan Bumi

2 min read

Fungsi Kelembaban Udara

Udara adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Tanpa udara orang tidak bisa bertahan hidup. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keadaan udara, seperti tekanan udara dan kelembaban. lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi Kelembaban Udara bagi Makhluk Hidup dan Bumi Lengkap di bawah ini.

Fungsi Kelembaban Udara bagi Makhluk Hidup dan Bumi

Udara adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Tanpa udara orang tidak bisa bertahan hidup. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keadaan udara, seperti tekanan udara dan kelembaban.

Kelembaban adalah kadar air di udara. Kelembaban dapat diukur dengan objek yang disebut hygrometer. Apakah kelembaban ini sangat penting? Dan apa fungsinya?

Kelembaban udara adalah salah satu kondisi di udara yang banyak orang perhatikan. Ini karena kelembaban itu sendiri dapat mempengaruhi berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia.

Untuk alasan ini, kelembaban udara sangat penting. Apa fungsi atau kelebihan kelembaban yang dianggap penting oleh banyak orang? Tentu ada banyak. Beberapa manfaat atau fungsi kelembaban meliputi:

Menjadi salah satu faktor penentu pertumbuhan tanaman.

Fungsi kelembaban adalah salah satu penentu pertumbuhan tanaman. Seperti kita ketahui, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Selain pembagian iklim, spesies tanaman, kesuburan tanah, sinar matahari, pupuk, ada juga kelembaban udara. Jika kelembabannya bagus, tanaman akan tumbuh lebih cepat dan tentunya lebih baik. Berapa prosesntase kelembaban udara yang baik? Di dalam ruangan, kelembaban normal adalah 4 – 60%. Apa yang terjadi pada tanaman ketika kelembaban rendah? Tanaman terancam dehidrasi, meskipun sering disiram.

Menjaga kestabilan kesehatan tubuh

Siapa yang akan berpikir bahwa kelembaban memiliki dampak besar pada kesehatan kita? Tubuh kita berinteraksi langsung dengan udara karena kita bernafas dengan menghirup udara.

Nah, udara lembab ini akan mempengaruhi kesehatan kita. Jika kita berada di ruangan dengan kelembaban yang terlalu rendah, batuk dan bahkan flu dapat dengan mudah terjadi.

Ini bisa terjadi ketika kita berada di ruangan yang menggunakan daya AC. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kelembaban yang berlebihan juga memiliki efek buruk. Ruangan dengan kelembaban yang terlalu tinggi menyebabkan gangguan pernapasan.

Menjaga suhu Bumi agar tidak terlalu panas

Fungsi kelembaban paling global adalah menjaga suhu planet Bumi agar tidak terlalu panas dari radiasi matahari atau pemanasan global.

Kita tahu bahwa Bumi berada di urutan ketiga di tata surya, menyebabkan cukup banyak sinar matahari ke Bumi. Saat matahari membakar, permukaan bumi terasa sangat panas.

Kelembaban, yang merupakan kandungan uap air di udara terbuka, berkontribusi untuk menjaga suhu kerak bumi agar stabil.

Menjaga keawetan dan kualitas barang- barang tertentu

Berbagai barang yang kita miliki tentunya akan ada perawatan khusus karena sangat sensitif terhadap keadaan yang ada di sekitarnya.

Salah satu keadaan yang akan mempengaruhi kualitas barang barang tersebut adalah suhu serta kelebaban udara. Contohnya seperti tas yang mana bahan pokoknya adalah kulit yang memiliki perawatan khusus yang tidak boleh diletakkan sembarang tempat dan mesti disimpan dalam ruangan yang memiliki kelembaban udara yang sesuai.

Baca Juga : Dampak Perubahan Iklim

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelembaban Udara

Tinggi dan rendahnya kelembaban udara di sebuah tempat sangat bergantung dari beberapa faktor sebagai berikut :

  1. Suhu.
  2. Pergerakan angin
  3. Tekanana udara
  4. Vegetasi
  5. Kuantitas & kualitas penyinaran.
  6. Ketersediaan air di suatu tempat, dan lain-lain.

Macam-Macam Kelembaban

1. Kelembaban Spesifik

Kelembaban Spesifik yaitu ialah banyaknya uap air yang terkandung dalam 1 kilogram (kg) udara.

Contohnya:

Dalam 1 kg massa udara terkandung uap air, 12 gram. Maka dikatakan kelembaban spesifik udara tersebut ialah 12 gram/kg.

2. Kelembaban Absolut/ Densitas uap air dalam udara

Kelembaban Absolut yakni ialah banyaknya uap air dalam setiap unit volume udara.

Contohnya:

Dalam 1 meter kubik udara ada uap air sebanyak 12 gram. Maka dikatakan kelembaban absolute udara tersebut adalah 12 gram/m3.

3. Kelembaban Relatif atau Kelembaban Nisbi

Kelembaban nisbi (RH) terdapat dua pengertian, yaitu:

  • Perbandinganterhadap jumlah uap air yang ada secara nyata dengan jumlah uap air minimal yang mampu tampung oleh setiap unit volume udara dalam suhu yang sama.
  • Banyaknya tekanan uap secara nyata dengan tekanan uap maksimum di suhu yang sama.

Baca Juga : Faktor Penyebab Bumi Semakin Panas

Apa itu udara?

Udara adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Tanpa udara orang tidak bisa bertahan hidup. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keadaan udara, seperti tekanan udara dan kelembaban.

Apa itu kelembaban?

Kelembaban adalah kadar air di udara. Kelembaban dapat diukur dengan objek yang disebut hygrometer.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi Kelembaban Udara bagi Makhluk Hidup dan Bumi Lengkap. Baca juga Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Fungsi Kelembaban Udara Bagi Makhluk Hidup dan Bumi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca