Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Kloroplas

2 min read

Fungsi Kloroplas

Fungsi Kloroplas adalah sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah materi fungsi Kloroplas, meliputi pengertian, Struktur, Sistem, dan Gambar Kloroplas di bawah ini.

Pengertian Kloroplas

Kloroplas atau Chloroplast merupakan plastid yang mengandung klorofil, yang digunakan sebagai tempat terjadinya atau berlansungnya fotosintesis.

Selain itu, kloroplas merupakan organel sel yang memiliki membran yang hanya bisa ditemukan pada sel tumbuhan.

Kesimpulannya, pengertian kloroplas yaitu ialah plastida yang berwarna hijau yang mengandung pigmen yang dibsebut dengan klorofil.

Yang memiliki bentuk seperti lensa atau butir dan pipih yang bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop dengan cahaya perbesaran yang paling kuat.

Pada tumbuhan tingkat tinggi kloroplas yakni berbentuk lonjong, sementara pada tingkat rendah berbentuk agak kebulatan.

Baca Juga : Fungsi Badan Golgi

Fungsi Kloroplas

Fungsi Kloroplas

Fungsi kloroplas yakni ialah untuk mengkonversi sinar matahari, air dan karbon dioksida yang akan menjadi makanan bagi tumbuhan.

Kloroplas merupakan organel penghasil energi, dan hadir di segala jenis tanaman. Selain itu, kloroplas juga merupakan situs fotosintesis.

Adapun bagian dari reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel. Kloroplas mengandung banyak dari membran internal, yang menjadikan proses fotosintesis sangat efisien.

Fungsi Utama Kloroplas adalah sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis.

Lalu apa itu fotosintesis? fotosintesis merupakan suatu reaksi pada pembentukan ATP & melibatkan transpor hidrogen dan elektron dalam senyawa-senyawa seperti NADH & sitokrom.

Pada proses fotosintesis ini karbondioksida akan berubah menjadi gula, yakni suatu sumber energi kimia yang kemudian menjadi makanan bagi tumbuhan.

Dalam proses fotosintesis sangat membutuhkan cahaya sebagai sumber energi, menggunakan CO2 & air yang akan menghasilkan oksigen dan karbohidrat.

Adapun rekasi fotosintesis bisa dirangkum pada rumus sebagai berikut ini:

6CO+ 12H2O + energi cahaya > C6H12O6 + 6O+ 6H2O

Baca Juga : Fungsi Dinding Sel

Struktur Kloroplas

Struktur Kloroplas

Kloroplas memiliki beberapa struktur yang terdapat di dalamnya, adapun struktur tersebut memiliki fungsi tersendiri, untuk lebih jelasnya akan kami sajikan dalam tabel berikut ini :

StrukturFungsi
Membran LuarBerfungsi untuk mengatur keluar juga masuknya pada zat cair & zat padat.
Ruang Antar MembranBerfungsi sebagai pemisah ruang antara membran luar & membran dalam, tebalnya kira-kira 10 nm.
Membran Dalam Berfungsi sebagai penghalang antara sitosol dan stroma.
TilakoidBerfungsi sebagai tempat untuk reaksi terang dan berperan untuk menangkap energi cahaya matahari.
StromaMembran bagian dalam yang membungkus cairan kloroplas, berfungsi sebagai tempat berlangsung suatu reaksi gelap.
GranumSekumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk seperti uang logam.
DNA PlastidaMerupakan gen pembawa sifat pada plastida yang berfungsi untuk replikasi kloroplas / pembelahan sel kloroplas.
RibosomBefungsi dalam proses terjadinya sintesis pada sebuah protein (Arti Ribosom, Struktur & Fungsi Ribosom).
PlastoglobulaMerupakan senyawa kimiawi yang terkandung pada kloroplas, senyawa ini adaah lipid yang berbentuk globul.
PatiMerupakan hasil dari fotosintesis yang disimpan dalam bentuk amilum (pati).

Sistem Kloroplas

Sistem kloroplas

Kloroplas memiliki 3 macam jenis sistem membran ganda yang terikat organel dalam proses fotosintesis, anatar lain seperti Membran Dalam, Membran Luar, & Membran Antar Ruang.

1. Membran Dalam

Membran dalam bersifat Permeable yang fungsinya adalah sebagai tempat Protein Transpor Melekat, pada ruang antar membran yaitu terletak diantara membran luar dan diantara membran dalam.

Didalam bagian kloroplas ada yang mengandung DNA, RNAs, Ribosom, Stroma atau tempat terjadinya reaksi gelap, dan juga Granum.

Granum sendiri terdiri dari Membran Tilakoid atau tempat terjadinya reaksi terang & Ruang Tilakoid (ruang yang berada di anatar membran tilakoid).

2. Membran luar

Membran luar merupakan membran Semi Berpori yang bersifat Permeabel untuk molekul kecil & ion yang berpindah dengan mudah, yang mana membran luar tidak permeabel untuk protein yang lebih besar.

Pada membran luar inilah terjadinya reaksi fase gelap, dimana pada Stroma tertanam sejumlah grana.

Masing-masing terdiri dari setumpuk tilakoid yang berbentuk seperti gelembung bermembran, pipih dan diskoid (seperti cakram).

Membran tilakoid sendiri memiliki fungsi yakni untuk menyimpan pigmen-pigmen fotosintesis & sistem transpor elektron yang terlibat dalam fase fotosintesis.

Yang bergantung pada sebuah cahaya, grana biasanya terkait dengan Lamela Intergrana yang bebas pigmen.

3. Membran Antar Ruang

Membran anaar ruang ini berfungsi sebagai pemisah ruang antara membran luar dan membran dalam, yang mana membran anatar ruang ini memiliki tebal kira-kira 10 nm.

Apa itu kloroplas ?

Kloroplas merupakan plastid yang mengandung klorofil, yang digunakan sebagai tempat terjadinya atau berlansungnya fotosintesis.

Apa fungsi kloroplas ?

Fungsi Utama Kloroplas adalah sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis.

Sebutkan struktur kloroplas ?

1. Membran Luar
2. Ruyang antar membran
3. Membran dala
.4. Tilakoid
5. Stroma
6. Granum
7. DNA plastida
8. Ribosom
9. Plastoglobula
10. Pati

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Kloroplas, baca juga artikel kami sebelumnya mengenai fungsi Inti Sel. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Kloroplas Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca