Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Kromatin

2 min read

Fungsi Kromatin

Kromatin merupakan kompleks dari asam deoksiribonukleat, protein histon & protein non-histon yang bisa ditemukan pada inti sel eukariota. Lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Fungsi Kromatin, Meliputi Pengertian, Struktur, Letak, dan Gambar di bawah ini.

Pengertian Kromatin

Kromatin merupakan kompleks dari asam deoksiribonukleat, protein histon & protein non-histon yang bisa ditemukan pada inti sel eukariota.

Definisi lainnya yakni kromatin adalah jalinan benang-benang halus dalam plasma inti.

Kromatin adalah massa dari materi genetik yang terdiri dari Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) dan protein yang mengembung membentuk kromosom selama proses pembelahan sel eukariotik.

Kromatin berada di dalam inti sel. Selama profase mitosis, serat kromatin akan melingkar ke kromosom dengan masing-masing kromosom memiliki 2 kromatid yang kemudian bergabung di sentromer.

Kromatin adalah jalinan benang-benang halus dalam plasma inti, hal ini karena apabila suatu jaringan diwarnai dengan suatu zat pewarna.

Jalinan tersebut akan menghisap banyak zat itu. Berasal dari Chroma = berwarna, & tin= benang.

Terdiri dari benang-benang kromonema yang berpilin-pilin longgar yang diselaputi oleh protein.

Kromatin sendiri terdiri dari beberapa serat (fibril) halus dan dibina atas dua macam molekul yakni ADN (asam deoksiribosa nukleat) dan protein.

Protein utamanya berupa histon. Kromatin atau kromosom mengandung puluhan bahkan ratusan ribu gen.

Baca Juga : Fungsi Zat Besi

Fungsi Kromatin

Fungsi Kromatin
Gamabr Fungsi Kromatin

Fungsi utama Kromatin adalah untuk menyingkat enam kaki dari DNA di setiap sel bawah untuk muat di dalam nukleus.

Struktur kromatin memiliki peran penting di dalam mengendalikan ekspresi maupun mengendalikan replikasi gen.

Pengemasan Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) menjadi nukleosom membentuk struktur ‘tertutup’ yang tidak mudah diakses oleh enzim yang melakukan replikasi, transkripsi, serta perbaikan DNA.

Struktur nukleosom ‘terbuka’, Deoxyribo Nucleic Acid akan lebih mudah diakses oleh faktor replikasi dan transkripsi.

Dalam transkripsi, beberapa aktivator dan represor berinteraksi dengan RNA polimerase untuk mengubah struktur kromatin & memodulasi aktivitas gen.

Aktivator sendiri merupakan bahan tambahan yang mampu meningkatkan penguraian mikrobiologis dalam tumpukkan bahan organik

Aktivator bisa membantu mengganggu struktur nukleosom yang demikian itu akan merangsang perakitan ribose nucleic acid (RNA) polimerase dan faktor transkripsi pada promotor.

Untuk replikasi, modulasi mirip dengan struktur kromatin harus terjadi untuk memungkinkan mesin replikasi diposisikan pada asal-usul replikasi.

Struktur kromatin juga bisa memiliki efek jangka panjang pada ekspresi gen.

Dimana dalam sebuah fenomena yang disebut ‘efek posisi variegasi,’ gen yang berada di dekat daerah heterokromatik yang diam juga bisa dibuat tidak aktif secara transkripsi.

Diperkirakan bahwa sifat heterokromatin yang sangat padat dapat mencegah akses oleh faktor transkripsi, yang mana hal ini bisa memengaruhi daerah tetangga yang bukan heterokromatik tidak seluruhnya bisa dipahami.

Meskipun diterima bahwa protein yang ditemukan dalam heterokromatin bisa menyebar ke daerah yang berdekatan dan berdampak terhadap efek represif yang serupa.

Kemungkinan lain yakni adalah bahwa heterokromatin bisa dikelompokkan ke dalam kompartemen inti yang tidak bisa diakses oleh faktor transkripsi.

Selain itu, struktur kromatin juga dapat memengaruhi replikasi DNA di tingkat global.

Contoh misalnya, heterokromatin dan area diam lainnya dari genom bereplikasi pada fase S akhir, namun alasan mengapa daerah replikasi lambat ini belum diketahui.

Salah satu kemungkinannya yakni ialah struktur kromatin represif spesifik yang bisa diatasi untuk memungkinkan asal melepaskan fase-S.

Baca Juga : Fungsi Kelenjar Cowper

Struktur Kromatin

Struktur Kromatin
Gambar Struktur Kromatin

Memilki 2 tipe dasar kromatin, yaitu :

  • Eukromatin
  • Heterokromatin

Eukromatin yang terlibat dalam transkripsi RNA, dapat membantu menghasilkan protein untuk produksi energi.

Kromatin ini lebih tersebar dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Heterokromatin memegang gen yang diam.

Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) yang tertahan pada heterokromatin ini disebut sebagai secara genetik tidak aktif.

Komponen utama dari kromatin yaitu ialah protein DNA dan histon. Dua salinan dari setiap protein inti histon (H2A, H2B, H3 & H4) yang dirakit menjadi sebuah octamer.

Yang mana octamer memiliki 145-147 pasangan basa Deoxyribo Nucleic Acid DNA yang melilit untuk membentuk inti nukleosom.

Nukleosom mengontrol aksesibilitas DNA untuk mesin transkripsi dan kromatin faktor remodeling.

Struktur kromatin tergantung pada beberapa faktor. Struktur keseluruhan tergantung pada tahap siklus sel.

Selama interfase, kromatin secara struktural lebih longgar untuk memungkinkan akses ke RNA dan DNA polimerase yang menuliskan dan mereplikasi DNA.

Struktur lokal kromatin selama interfase tergantung pada gen yang ada pada DNA: DNA gen yang aktif ditranskripsi coding yang lebih longgar dikemas dan dapat ditemukan terkait dengan RNA polimerase.

Sedangkan Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) coding tidak aktif gen ditemukan berhubungan dengan protein struktural dan dikemas lebih erat (heterokromatin).

Sebutkan fungsi kromatin ?

Fungsi utama Kromatin adalah untuk menyingkat enam kaki dari DNA di setiap sel bawah untuk muat di dalam nukleus.

Sebutkan struktur kromatin ?

Memilki 2 tipe dasar kromatin, yaitu Eukromatin dan heterokromatin. Eukromatin yang terlibat dalam transkripsi RNA, dapat membantu menghasilkan protein untuk produksi energi.

Apa itu kromatin ?

Kromatin merupakan kompleks dari asam deoksiribonukleat, protein histon & protein non-histon yang bisa ditemukan pada inti sel eukariota.

Demikianlah pembahasan kami mengenai kelebihan Fungsi Kromatin. Baca juga pembahasan kami kemarin tentang fungsi lambung, Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Kromatin Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca