Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Lisosom

3 min read

Fungsi Lisosom

Lisosom merupakan organel di dalam sel hewan yang berbentuk bulat yang di batasi oleh sistem membran tunggal. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai makalah, materi, pengertian, sruktur, klasifikasi, gambar, dan fungsi lisosom.

 

Pengertian Lisosom

Lisosom merupakan organel di dalam sel hewan yang berbentuk bulat yang di batasi oleh sistem membran tunggal. Lisosom memiliki diameter lebih dari 1,5 mikron dan letaknya berdekatan dengan badan golgi.

Dimana di dalam badan golgi penuh dengan protein yang di berguna untuk memproduksi lisosom. Proteolitik & fosfatase merupakan enzim hidrolik yang mana enzim hidrolik tersebut berasal dari lisosom.

Enzim ini juga berperan dalam mencerna makanan yang masuk dengan cara fagositosis. Adapun jumlah dari lisosom di dalam sel sekresi lebih banyak dari sek sekresi lain yang di antaranya yaitu leukosit, ginjal, pancreas dan sel hati.

Di dalam lisosom terdapat sel putih dalam jumlah yang banyak karena sel tersebut bisa menghasilkan zat kekebalan tubuh. Selain itu juga lisosom bersifat autolysis, aufagi & menghancurkan atau melebur makanan dengan eksositosis.

 

Fungsi Lisosom

Fungsi Lisosom
Gambar Lisosom

Berbeda dengan fungsi ribosom, fungsi lisosom ini terbagi menjadi dua bagian, adapun bagian tersebut ialah lisosom primer dan lisosom skunder.

Lisosom primer

merupakan lisosom yang memiliki peran sebagai tempat memproduksi enzim yang belum di aktifkan. Fungsi yang di miliki oleh lisosom primer yaitu sebagai vakuola makanan.

Lisosom sekunder

merupakan lisosom yang memiliki peran aktif di dalam aktivitas pencernaan sel. Fungsi dari lisosom sekunder ini adalah sebagai autofagsom.

Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah fungsi lain dari lisosom, adapun fungsi lisosom yakni sebagai berikut :

  • Sebagai tempat mencerna makanan, apabila terjadi kekurangan makanan.
  • Dapat mencerna makanan yang di hasilkan dari fagositosis & pinositosis.
  • Lisosom juga bisa menghancurkan suatu organel sel yang telah rusak di dalam keadaan tertentu atau disebut juga dengan autolysis. Kejadian yang berlangsung tersebut di sebut dengan autofagi.
  • Mampu menetralkan zat yang memiliki sifat karsinogen yang artinya sel kanker.
  • Menghancurkan benda yang berasal dari luar atau benda asing, seperti pada contoh dinding sel telur sperma yang di hancurkan yang akan mendapatkan enzim untuk melakukan fertilisasi.

 

Fungsi Lisosom Pada Sel Hewan & Tumbuhan

  • Fungsi pada lisosom pada tumbuhan dan hewan, yakni berfungsi untuk memproses pencernaan makanan & benda asing yang masuk ke dalam sel pada tubuh seekor hewan. Contohnya seperti seekor ular memangsa seekor hewan yang ukurannya lebih besar dari tubuh ular tersebut.
  • Berperan apabila sedang terjadi proses pengausan atau pengrusakan organel sel contohnya proses rusaknya kloroplas pada tumbuhan yang telah tua.

Struktur Lisosom

struktur lisosom
Struktur Lisosom

Lisosom merupakan organel sel bermembran tunggal yang di antaranya dihasilkan oleh badan golgi.

Lisosom sendiri memiliki pH yang rendah serta mengandung enzim hidrolitik, enzin hidrolitik sendiri merupakan enzim yang mampu mencerna setiap mikromolekul secara intraselular.

Pada saat kondisi asam, enzim tersebut mampu menghidrolisis lemak, polisakarida, protein, dan asam nukleat,

Makromolekul sering juga masuk ke dalam sel dengan cara fagositosis dengan cara membentuk suatu struktur berupa vakuola makanan. Kemudian, lisosom dari badan Golgi bergabung dengan vakuola makan.

Dan akhirnya, enzim dari lisosom masuk ke vakuola untuk mencerna makromolekul pada manusia, mekanisme seperti ini bisa terjadi ketika sel-sel putih memakan bakteri maupun benda yang berasal dari luar lainnya.

Dalam hal ini, lisosom juga dapat dianggap sebagai organel pertahanan sel. Permukaan luar dibentuk oleh membran tunggal, fosfolipid bilayer yang berfungsi dengan beberapa organel yang terikat membran yang lain.

Adapun bentuknya berbentuk bulat dengan diameter berkisar hingga satu mikrometer (1 m). Sebuah lisosom tunggal mengandung molekul enzim dalam jumlah yang banyak.

Enzim-enzim yang terkandung dalam lisosom dikenal secara kolektif sebagai asam hidrolase dan bekerja terbaik di dalam lingkungan asam, yaitu pada pH rendah.

Interior lisosom adalah asam dengan pH sekitar 4,8 – 5 dibandingkan dengan cairan intraseluler yang sedikit basa (pH sekitar 7,2), yang juga disebut sitosol, yang mengelilingi organel seperti lisosom dalam sel.

 

Klasifikasi Lisosom

Lisosom

Lisosom bisa diklasifikasikan menjadi dua macam jenis utama yaitu :

  1. Lisosom Primer sendiri adalah jenis lisosom yang masih belum dipergunakan dalam proses pencernaan atau dalam proses hidrolisis.
  2. Lisosom Sekunder adalah jenis lisosom primer yang dipergunakan dalam proses pencernaan / hidrolisis, dan telah menyatu dengan membran fagosom.

Lisosom sekunder memilki fungsi yaitu memiliki keterkaitan untuk bekerja sama yang erat di dalam sel, berikut penjelasannya :

  1. Heterolisosom terbentuk atau berasal dari suatu fungsi Lisosom Primer, Fargosom / Endosom yang terjadi bilamana substrat yang dicerna berasal dari luar sel.
  2. Autolisosom terbentuk dari suatu fungsi Lisosom Primer dengan Sitosegresom yang terjadi ketika substrat yang dicerna merupakan dari substrat intraseluler yang dibatasi oleh membran.

Sebutkan fungsi lisosom?

1. Sebagai tempat mencerna makanan, apabila terjadi kekurangan makanan.
2. Dapat mencerna makanan yang di hasilkan dari fagositosis & pinositosis.
3. Lisosom juga bisa menghancurkan suatu organel sel yang telah rusak di dalam keadaan tertentu atau disebut juga dengan autolysis. Kejadian yang berlangsung tersebut di sebut dengan autofagi.

Apa itu lisosom?

Lisosom merupakan organel di dalam sel hewan yang berbentuk bulat yang di batasi oleh sistem membran tunggal. Lisosom memiliki diameter lebih dari 1,5 mikron dan letaknya berdekatan dengan badan golgi.
 

Klasifikasi lisosom?

 
Lisosom bisa diklasifikasikan menjadi dua macam jenis utama yaitu sebagai berikut :

1. Lisosom Primer sendiri merupakan jenis lisosom tidak dipergunakan dalam proses pencernaan atau dalam proses hidrolisis.
2. Lisosom Sekunder adalah merupakan lisosom primer yang di guanakan dalam proses pencernaan / hidrolisis, dan telah menyatu dengan membran fagosom

Demikianalah pembahasan kami mengenai Fungsi Lisosom baca juga pembahasan kami kemarin tentang fungsi sitoplasma, semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Lisosom Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Fungsi Kromatin

Ami Alhasani
3 min read