Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Otot Lurik

3 min read

Fungsi Otot Lurik

Otot lurik merupakan suatu otot yang menempel pada tubuh yang bisa digerakan, maka otot ini juga disebut sebagai otot motorik. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi Otot Lurik meliputi, Pengertian, Ciri, Letak, dan Cara Kerja Otot Lurik di bawah ini.

Pengertian Otot

Otot merupakan jaringan yang ada di dalam tubuh manusia maupun pada hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang atau rangka tubuh manusia dan pergerakan organ-organ dalam tubuh.

Otot juga merupakan salah satu dari 4 kelompok jaringan pokok. Miologi merupakan istilah dari ilmu yang mempelajari tentang otot.

Otot akan membentuk 43% berat badan yang mana lebih dari 1/3-nya adalah protein tubuh dan ½-nya ialah tempat terjadinya aktivitas metabolik saat tubuh sedang istirahat.

Proses vital dalam tubuh misalnya seperti kontraksi jantung, kontriksi pembuluh darah, dan pernafasan, serta gerakan peristaltic usus bisa terjadi karena adanya pergerakan dari otot itu sendiri.

Kuat atau tidaknya kontraksi otot tersebut tergantung dari Maximum Contaction Voluntary (MCV), masa otot, yang mana otot yang di panjangkan sebelum melakukan kontraksi, otot yang diberi beban sebelum berkontraksi, tingkat keteralihan, tingkat kelelahan, serta suhu otot.

Adapun efisiensi kerja dari otot manusia yakni adalah sekitar 18% s/d 26%. Efisiensi disini didefinisikan sebagai rasio metabolisme, yang berdasarkan penggunaan oksigen.

Penamaan otot umumnya berkaitan dengan lokasi otot, bentuk otot,  jumlah origo, besar dan juga panjang otot atau berdasarkan dari fungsinya.

Pada vertebrata/ hewan bertulang belakang, sistem ototnya mirip dengan manusia, sedangkan pada sistem otot ivertebrata/ hewan yang tidak memiliki tulang belakang belum diketahui secara jelas cara kerja maupun sistem ototnya.

Baca Juga : Fungsi Otot

Pengertian Otot Lurik

Otot Lurik

Otot lurik merupakan suatu otot yang menempel pada tubuh yang bisa digerakan, maka otot ini juga disebut sebagai otot motorik.

Selain otot motorik, otot lurik ini juga disebut otot rangka, kenapa disebut dengan otot rangka? karena otot lurik ini merupakan otot yang menempel pada rangka.

Otot lurik bisa bekerja keras & kuat, hal itu karena otot inimemiliki banyak inti sel, akan tetapi otot lurik ini akan mudah lelah yang mana itu artinya otot lurik membutuhkan istirahat, melakukan aktivitas.

Asal mula dinamakan otot lurik karena otot lurik ini menunjukkan bagian aktin (gelap) dan terang yang silih berganti jika diamati menggunakan mikroskop.

Ciri-Ciri Otot Lurik 

otot lurik
Gambar otot lurik

Berikut ini adalah ciri ciri yang dimiliki oleh otot lurik, akan kami bahasa agar kalian bisa mengetahui dan membedakan otot ini dengan jenis otot yang lainnya, lalu apa saja ciri dari otot lurik? berikut ini penjelasannya :

  • Otot lurik memiliki ribuan serabut yang membentuk jaringan otot dan tersusun rapi.
  • Otot lurik memiliki bentuk yang selindris, panjang dan memiliki inti sel (multinuklei) dlam jumlah yang banyak.
  • Bergerak dibawah kesadaran.
  • Umumnya otot lurik memiliki ukuran atau diameter 50 mikron dengan panjang hanya 2,5 cm. 
  • Mampu melakukan pekerjaan yang berat dan cepat, namun otot yang satu ini mudah merasakan lelah, sehingga memerlukan istirahat.
  • Merupakan otot yang melekat pada rangka badan manusia maupun pada hewan.
  • Cepat dalam berkerut (berkontraksi)
  • Letak Inti sel terletak di tepi (perifer)
  • Otot Lurik akan ditemukan di bagian seperti otot dada, otot betis, Otot paha, dan seluruh rangka tubuh manusia.

Baca Juga : Fungsi Otot Polos

Fungsi Otot Lurik

Fungsi Otot Lurik
Gamabr Fungsi Otot Lurik

Jika dilihat dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa otot lurik ini berfungsi untuk menggerakkan rangka tubuh manusia maupun tubuh hewan.

Dengan adanya otot lurik ini manusia dan hewan tersebut bisa bergerak sesuai dengan keinginan dari manusia dan hewan tersebut, selain itu, Otot lurik juga berfungsi untuk membantu dalam aktivitas yang sifatnya berat, keras, dan juga cepat.

Cara Kerja Otot Lurik

Otot lurik yang ada di hampir seluruh tubuh manusia memiliki sistem atau cara kerja yakni dengan cara kontraksi dan relaksasi, yang mana kan terjadi kontraksi ketika sedang melakukan gerakan yang membutuhkan kekuatan serta kerja lebih keras, misalnya seperti ketika menaiki anak tangga dengan kaki sedang berlari, karena otot lurik terletak di bagian paha, betis, dan juga di bagian dada.

Sedangkan, relaksasi akan dilakukan oleh otot lurik apabila telah selesai melakukan tugas berat dengan cara mengistirahatkan atau melenturkan bagian tubuhnya seperti merenggangkan tubuh, dan sejenisnya.

Hal tersebut harus dilakukan agar mencegah terjadinya kram atau tekanan sekaligus memberi waktu istirahat karena otot yang satu ini mudah merasakan lelah, sebab itu apabila manusia melakukan aktivitas misalnya seperti berlari dan aktivitas berat lainnya selalu membutuhkan waktu untuk beristirahat agar untuk mengembalikan atau memulihkan kekuatan dengan tujuan agar tidak terjadi kram otot atau kelelahan yang bisa berpengaruh terhadap fungsi tubuh yang lainnya.

Seluruh fungsi gerak tersebut sebenarnya dikendalikan oleh otak manusia yang mengatur syaraf pusat dengan cara mengolah perintah manusia misalnya seperti berjalan, berlari atau aktivitas lainnya yang kemudian merespon nya dengan cepat serta meminta otot bagian tubuh yang dibutuhkan untuk bergerak yang mengikuti kehendak manusia.

Cara kerja segala aktivitas yang dilakukan otot lurik tersebut semuanya terjadi atas kesadaran atau dikendalikan secara langsung oleh manusia.

Apa itu otot lurik?

Otot lurik merupakan suatu otot yang menempel pada tubuh yang bisa digerakan, maka otot ini juga disebut sebagai otot motorik.

Apa fungsi dari otot lurik?

Otot lurik berfungsi untuk menggerakkan rangka tubuh manusia maupun tubuh hewan.

Bagaimana cara kerja oto lurik?

Otot lurik yang ada di hampir seluruh tubuh manusia memiliki sistem atau cara kerja yakni dengan cara kontraksi dan relaksasi, yang mana kan terjadi kontraksi ketika sedang melakukan gerakan yang membutuhkan kekuatan serta kerja lebih keras
Sedangkan, relaksasi akan dilakukan oleh otot lurik apabila telah selesai melakukan tugas berat dengan cara mengistirahatkan atau melenturkan bagian tubuhnya seperti merenggangkan tubuh, dan sejenisnya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Otot Lurik baca juga artikel kami sebelumnya mengenai Fungsi Paru-Paru. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Otot Lurik Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca