Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Otot

3 min read

Fungsi Otot

Otot merupakan suatu jaringan dalam tubuh manusia maupun pada hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang akan menggerakkan tulang-tulang yang melekat pada otot. Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Otot, Pengertian, Jenis, Struktur, Letak, dan Gambar.

Pengertian Otot

Otot merupakan suatu jaringan dalam tubuh manusia maupun pada hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang akan menggerakkan tulang-tulang yang melekat pada otot.

Otot diklasifikasikan menjadi 3 macam jenis yang diantaranya adalah otot lurik, otot polos & otot jantung.

Otot juga menyebabkan pergerakan suatu organisme serta pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Jenis-Jenis Otot

Fungsi Otot
Gambar Otot

Terdapat 3 macam jenis otot yang dimiliki manusia dan hewan. Apa saja Jenis-jenis otot manusia? berikut penjelasan nya :

1. Otot jantung

Otot jantung merupakan otot yang bekerja di jantung yang mana Otot ini bertugas memompa darah yang nantinya akan dikeluarkan dari jantung, yang kemudian akan beredar ke seluruh tubuh, kemudian otot rileks kembali dan akan membiarkan darah kembali masuk ke jantung.

Sifat otot jantung sendiri ialah bekerja dengan sendirinya (otonom), yang artinya otot ini tidak memerlukan untuk melakukan atau menggerakkan.

2. Otot polos

Oto polos merupakan otot yang bekerja sendirinya tanpa perlu bantuan, sehingga oto ini sering disebut dengan otot involunter, yaitu otot yang bekerja tanpa disadari.

Otot ini sendiri bekerja atas perintah otak dan kebutuhan tubuh. Otot ini memiliki bentuk yang berlapis-lapis, oto ini juga berada di seluruh tubuh.

Dalam saluran pencernaan, otot polos yang bertugas membantu perjalanan makanan. Sedangkan, otot polos yang ada dikandung kemih, akan bekerja menahan serta melepas air seni.

3. Otot rangka

Otot rangka merupakan otot yang paling mudah rasakan keberadaannya. Otot ini bekerja berdasarkan gerakan secara sadar dan bertujuan atau disebut ini disebut dengan otot volunter.

Bersama tulang & tendon, otot ini akan melakukan gerakan yang manusia lakukan. Namun otot ini memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Ada otot yang besar dan kuat, yang bisa melakukan berbagai gerakan besar. Gerakan besar maksudnya seperti otot di punggung, dekat tulang belakang, yang menajdikan manusia mampu berdiri tegak.

Namun selain itu ada pula otot yang tidak besar namun otot tersebut mampu melakukan gerakan gerakan yang istimewa.

Contoh otot tersebut ialah otot leher, yang mampu melakukan gerakan memutar kepala, menyangga kepala, serta mampu mengangguk menganggukan kepala.

Baca Juga : Fungsi Usus Halus

Fungsi Otot

otot

Berdasarkan jenis jenis otot di atas yang mana setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda beda. Yang mana otot otot tersebut tersebar atau berada di dalam tubuh manusia. Lalu apa fungsi otot? berikut penjelasannya ;

1. Melakukan gerakan tubuh

Fungsi utama dari sistem otot yaitu adalah untuk melakukan berbagai gerakan. Ketika manusai melakukan sebuah gerakan maka otot otot manusai tersebut akan mengikuti arah sesuai dengan gerakan tersebut dan bersama-sama dengan tulang & tendon.

2. Menjaga keseimbangan tubuh

Sistem otot mampu membuat tubuh menjadi stabil (Seimbang), karena fungsi otot ini melindungi bagian yang penting dan juga otot yang membuat tubuh mampu berdiri tegak seperti oto bagian punggung.

Selain itu, ada bagian otot yang disebut dengan otot inti, diantaranya yaitu otot punggung, perut, & panggul.

Jika bagian otot inti ini semakin kuat maka, tubuh manusia akan semakin stabil sehingga mampu menjaga keseimbangan.

3. Mengatur postur

Otot juga berperan dalam mengatur postur tubuh. Apabila ada keluhan maupun ada kondisi otot yang tidak semestinya seperti otot pinggul yang tegang atau otot leher yang kaku, maka hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap postur tubuh manusia.

Begitu juga sebaliknya, apabila ada postur tubuh yang tidak dijaga dengan baik, menjadikan otot semakin lemah dan sendi terasa nyeri, misalnya seperti kebiasaan posisi duduk atau berjalan dengan posisi yang membungkuk.

4. Membantu proses melahirkan

Pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan, otot-otot polos yang berada di rahim akan bekerja menopang rahim yang terus membesar seiring bertambahnya berat janin yang ada di rahim tersebut.

pada saat ingin melahirkan, otot polos ini akan bertugas atau membantu mendorong bayi menuju jalan lahir, melalui cara kontraksi.

5. Pernapasan

Ketika manusia bernapas, tentunya ada sistem otot yang bekerja atau melakukan perannya. Diafragma merupakan otot yang digunakan manusia dalam melakukan pernapasan.

Namun pada saat manusia sedang berlari atau bernapas, maka otot diafragma ini membutuhkan bantuan dari otot tubuh lain, seperti otot punggung, otot perut, dan otot leher.

6. Penglihatan

Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa ada rangkaian otot yang berada di matanya.

Otot polos, otot inilah yang membuat manusia mampu menggerakkan mata seperti berkedip dan membuat manusia mampu menyesuaikan jarak pandang serta menggerakkan-gerakan bola mata.

Apabila terdapat kerusakan pada otot-otot yang berada di sekitar mata, maka manusia tersebut akan mengalami gangguan penglihatan.

Besar juga : Fungsi Usus Besar

Struktur Otot

Dari rangkaian otot yang menempel pada tulang. Otot memiliki struktur atau memiliki komponen tersendiri, yakni diantaranya :

1. Tendon

Tendon merupakan jaringan ikat fibrosa yang tidak elatis dan tebal yang berwarna putih yang mana otot tersebut menghubungkan otot rangka dengan tulang.

Urat-urat tersebut berupa serabut-serabut simpai yang putih, dan berkilap, namun bersifat tidak elastic.

Aponeuroses merupakan lembaran-lembaran datar / simpai dari jaringan fibrus dengan maksud untuk memuat kelompok-kelompok otot dan ada saatnya menggandengkan sebuah otot dengan bagian yang menggerakkan nya.

2. Fascia

Fascia adalah jaringan ikat yang merupakan gabungan dari jaringan fibrus dan areolar yang membungkus serta menghimpun otot menjadi satu.

Setiap fasciculus akan dipisahkan oleh jaringan ikat perimysium. Di dalam pascicle, endomysium tersebut mengelilingi 1 berkas sel otot.

Di antara endomysium serta berkas serat otot tersebar sel satelit yang bertanggung jawab dalam perbaikan jaringan otot yang rusak.

3. Sarcolemma

Sarcolema atau membrane sel/serat otot dan sarcoplasma, merupakan unit structural jaringan otot yang hanya memiliki ukuran 0,01 – 0,1 mm dan panjang 1-40 mm yang melapisi suatu sel otot yang berfungsi sebagai pelindung otot.

Setiap 1 serat otot akan dilapisi oleh jaringan elastic tipis (sarcolemma). Protoplasma serat otot yang berisi materi semi cair atau dalam bahasan ilmiah disebut sarkoplasma.

Dalam matriks serat otot terbenam unit fungsional otot yang memiliki ukuran 0,001 mm atau biasa disebut dengan myofibril.

Miofibril sendiri adalah serat yang ada di dalam dalam otot. Dengan menggunakan mikroskop, miofibril akan terlihat seperti pita gelap & terang yang bersilangan.

Pita gelap dibentuk oleh myosin. Pita terang dibentuk oleh aktin, troponin dan tropomiosin.

4. Miofilamen

Miofilamen adalah benang-benang yang halus yang berasal dari myofibril. Miofilamen ini terbagi atas 2 macam yaitu miofilamen homogeny dan miofilamen heterogen.

5. Sarkoplasma

Sarkoplasma merupakan cairan sel otot yang berfungsi sebagai tempat dimana myofibril & miofilamen berada.

Apa fungsi otot?

Otot merupakan suatu jaringan dalam tubuh manusia maupun pada hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang akan menggerakkan tulang-tulang yang melekat pada otot.

Sebutkan jenis jenis otot?

1. Otot jantung
2. Otot polos
3. Otot rangka

Sebutkan struktur otot?

1. Tendon
2. Fascia
3. Sarcolemma
4. Miofilamen
5. Sarkoplasma

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Otot baca juga artikel kami sebelumnya mengenai Fungsi Paru-Paru. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Otot Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca