Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Fungsi Paru-Paru

3 min read

Fungsi Paru-Paru

Fungsi utama paru paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Fungsi paru-Paru, meliputi Pengertian, Struktur, Bagian, Letak dan Gambar di bawah ini.

Pengertian Paru Paru

Paru-paru merupakan organ pada sistem pernapasan yang berhubungan dengan sirkulasi vertebrata atau sistem peredaran darah.

Fungsi paru-paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida (CO2) dari darah.

Proses tersebut disebut dengan “pernapasan eksternal” atau bernapas. Selain itu, paru-paru juga memiliki fungsi nonrespirasi.

Dalam dunia kedokteran berkaitan dengan paru-paru disebut juga pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.

Manusia memiliki 2 paru-paru, yaitu paru-paru kanan dan kiri. Yang mana keduanya terletak di dalam rongga dada.

Namun kedua paru paru tersebut memiliki besar yang berbeda yang mana Paru-paru kanan lebih besar di banding dengan paru paru yang kiri, karena paru-paru kiri terletak dekat jantung.

Paru-paru tersebut beratnya sama-sama sekitar 1,3 kg, namun paru-paru kanan lebih berat.

Paru-paru juga termasuk bagian saluran pernapasan bawah yakni di mulai dari kerongkongan dan bercabang ke dalam bronkus dan bronkiolus.

Saluran tersebut menerima udara yang dihirup melalui zona konduksi. Kemudian zona konduksi berakhir di bronkiolus terminal.

Fungsi Paru-Paru

Fungsi Paru-Paru
Gambar Fungsi Paru-Paru

Berikut adalah berbagai macam fungsi paru-paru. Langsung saja kita simak yang pertama:

Fungsi utama paru paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

  1. Manusia menghirup udara karena manusia sangat membutuhkan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan karena dapat membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh. Jadi, paru-paru merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia.
  2. Pada saat manusia menghembuskan napas, manusia akan mengeluarkan gas karbondioksida dan juga uap air. Jadi, paru-paru menjadi bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
  3. Paru paru bisa mengendalikan pH darah dengan cara mengubah tekanan karbon dioksida.
  4. Paru paru dapat menyaring gumpalan darah yang mana gumpalan tersebut terbentuk dalam vena.
  5. Paru-paru juga mempengaruhi terhadap konsentrasi beberapa zat biologis serta obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan yang berada di dalam darah.
  6. Paru paru juga dapat mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim.
  7. Paru-paru berguna sebagai lapisan pelindung hati dari dari berbagai guncangan.
  8. Paru-paru dapat menyediakan aliran udara yang kemudian bisa menciptakan suara voka dikelilingi oleh kapiler yang berperan membawa darah.
  9. Paru-paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Volume darah pada paru-paru yaitu diperkirakan 450 mililiter, sekitar 9% darah total volume seluruh sistem peredaran darah. Kuantitas ini bisa dengan mudah berfluktuasi antara setengah bahkan sampai 2 kali lebih besar dari volume normal.
  10. Aksi siliaris eskalator yaitu ialah sistem pertahanan yang sangat penting terhadap infeksi yang ditanggung udara. Partikel debu maupun bakteri di udara yang dihirup kemudian akan terperangkap atau disaring dalam lapisan lendir ada di permukaan mukosa saluran pernapasan dan kemudian naik menuju kerongkongan oleh berirama ke atas pemukulan Silia.

Baca Juga : Fungsi Periksisom

Struktur Paru-paru

struktur paru paru
Gambar struktur paru paru

Berikut ini adalah struktur paru-paru yakni sebagai berikut :

1). Trakea

Trakea merupakan saluran pernapasan bawah lanjutan dari laring, yang menghantarkan udara menuju ke pulmo yang kemudian untuk mengalami proses difusi.

Berada di mediastinu, bagian superior dan terdiri dari tracheal ring yang dibentuk oleh kartilago serta menempati bagian tengah leher.

2). Bronkus

Bronkus merupakan lanjutan dari kerongkongan berupa saluran konduksi udara yang menjadi tempat difusi oksigen-karbon dioksida di ujung terminal dibagian yang berkaitan dengan alveolus.

Bronkus principalis terdiri atas bronkus principalis dekstra (yang krmudian akan menuju ke pulmo dekstra dan juga bronkus principalis.

3). Alveolus

Unit fungsional paru-paru adalah kantung udara kecil yang muncul dari bronkiolus yang disebut alveoli. Ada sekitar 300-400.000.000 alveoli (dalam paru-paru orang dewasa).

Adapun diameter alveolus ini rata rata sekitar 200 s/d 300 mikron. Fungsi dasar dari alveoli sendiri yaitu adalah untuk pertukaran gas.

Struktur alveoli yaitu ialah tempat dimana pertukaran gas respirasi terjadi atau berlangsung.

Struktur tersebut dikelilingi oleh kapiler yang berperan dalam membawa darah. Pertukaran karbon dioksida yang ada di pada darah dari kapiler ini terjadi dengan melewati dinding alveolus.

Alveoli mulai berfungsi ketika manusia menghirup udara melalui lubang hidungnya.

Baca Juga : Fungsi Kromatin

Bagian-Bagian Paru-Paru

Bagian Paru-Paru
Gambar Bagian Paru-Paru

Berikut ini adalah bagian bagian dari paru paru, yakni diantaranya :

1. Bronkus

Bronkus merupakan bagian yang bercabang batang yang menghubungkan paru-paru kiri dan paru-paru kanan serta ke trakea (kerongkongan).

Bronkial terdiri atas tulang rawan dan lapisan mukosa dan juga otot polos. Cartilage sendiri memiliki sebagai kerangka bronkial lapisan mukosa yang dapat menghasilkan lendir yang berguna untuk menjebak partikel asing tang masuk ke paru-paru dan otot polos memungkinkan manusia untuk bernapas secara otomatis tanpa disadari.

2. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan cabang bronkus yang berada di alveoli. Struktur bronkus sendiri yakni tidak memiliki tulang rawan, silia sendiri terdiri dari bersilia yang berbentuk kubus jaringan epitel.

3. Alveolus

Alveoli yaitu adalah pertukaran oksigen serta karbon dioksida difusi. Struktur alveolar yakni terdiri dari membran tipis serta ada banyak kapiler darah.

Dalam alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara serta mengambil oksigen dari udara.

4. Pleura

Pleura yaitu aldah selaput yang melapisi paru-paru. Struktur kantong seperti ini juga halus ataupun licin.

Fungsi pleura ini sendiri yaitu untuk mengurangi gesekan pada saat paru-paru mengembang maupun pada saat paru-paru mengempis.

5. Diafragma

Diafragma merupakan serat otot yang membentuk dan membentuk perbatasan antara rongga dada & rongga perut.

Diafragma memiliki peranan penting dalam proses pernapasan perut. Struktur diafragma yakni terdiri dari otot dan pembuluh darah serta saraf yang disebut saraf frenikus.

6. Trakea

Trakea adalah yang memiliki panjang sekitar 5 inci yang mana trakea ini menghubungkan laring dengan bronkus.

Struktur trakea yakni terdiri dari tulang rawan hialin yang berbentuk seperti huruf C yang dilapisi oleh epitel bersilia. Adapun fungsi dari trakea ini adalah sebagai saluran pernapasan manusia.

Sebutkan fungsi paru paru?

Fungsi utama paru paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Sebutkan struktur paru paru?

1. Trakea
2. Bronkus
3. Alveolus

Sebutkan bagian bagian paru paru ?

1. Bronkus
2. Bronkiolus
3. Alveolus
4. Pleura
5. Diafragma
6. Trakea

Demikianlah pembahasan kami mengenai materi fungsi paru-paru, baca juga pada artikel sebelumnya tentang Fungsi Periksisom, semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Fungsi Paru-Paru Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Fungsi Kromatin

Ami Alhasani
3 min read