Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Fungsi Retikulum Endoplasma

2 min read

Fungsi Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma bisa diartikan sebagai organel eukariotik, yang membentuk jaringan tubulus, vesikel & cisternae dalam sel. Kemarin kami telah membahas materi fungsi lisosom, dan kali ini kami membahas materi makalah fungsi retikulum endoplasma secara lengkap.

Pengertian Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma bisa diartikan sebagai organel eukariotik, yang membentuk jaringan tubulus, vesikel & cisternae dalam sel. Terdapat 2 dua daerah retikulum endoplasma.

Salah satunya yakni daerah yang disebut sebagai retikulum endoplasma kasar, disebut kasar karena retikulum endoplasma ini mengandung ribosom yang melekat pada sisi sitoplasma membran yang mana mereka adalah serangkaian kantung pipih.

Dan yang satunya lagi adalah retikulum endoplasma halus karena tidak memiliki ribosom yang melekat dan retikulum endoplasma ini adalah jaringan tubulus.

Retikulum endoplasma merupakan membran yang bersifat kontinu, yang terdapat pada sel tumbuhan maupun sel hewan namun tidak ada dalam sel prokariotik.

Selain itu, retikulum endoplasma merupakan membran tubulus jaringan dan kantung pipih, yang melayani berbagai fungsi di dalam sel. Adapun ruang yang ada dalam retikulum endoplasma, dikenal dengan lumen.

Retikulum Endoplasma merupakan organel sel yang berupa lipatan-lipatan serta tabung-tabung membran yang mana lipatan lipatan tersebut ada di seluruh sitoplasma.

Baca Juga : Fungsi Badan Golgi

Pada sebagian besar permukaan Retikulum endoplasma berlangsung berbagai reaksi kimia.misalnya seperti reaksi untuk pertumbuhan serta perkembangan sel.

Fungsi Retikulum Endosplasma

Fungsi Retikulum endoplasma
Gambar Retikulum Endosplasma

Berikut ini adalah fungsi yang dimiliki oleh retikulum endoplasma, diantaranya yakni :

  1. Retikulum endoplasma berfungsi untuk mendukung sintesis protein serta menyalurkan bahan genetika yang berada di antara inti sel dengan menggunakan sitoplasma.
  2. Retikulum endoplasma berfungsi sebagai alat transportasi zat zat yang ada di dalam sel tersebut.
  3. Retikulum endoplasma memiliki fungsi untuk menjadi kalsium yang kemudian akan dikeluarkan dari Retikulum Endoplasma dan menuju ke sitosol.
  4. Retikulum endoplasma berperan dalam memodifikasi protein yang disintesis oleh riboson yang kemudian akan disalurkan ke kompleks golgi, lalu akan dikeluarkan dari sel.
  5. Retikulum endoplasma berfungsi dalam mensintesis lemak serta kolesterol yang terjadi di hati, yang mana fungsi ini diberikan oleh 2 jeni retikulum endoplasma, yakni Retikulum Endoplasma halus dan Retikulum Endoplasma kasar.
  6. Retikulum endoplasma berperan dalam menetralkan racun atau proses detoksifikasi pada Retikulum Endoplasma yang terletak di sel sel hati.
  7. Retikulum endoplasma juga menjadi sarana transportasi molekul molekul serta bagian sel yang satu ke bagian sel yang lainnya.

Jenis Jenis Retikulum Endoplasma

Bukan hanya 2, retikulum endoplasma terbagi menjadi 3 jenis, yakni endoplasma kasar, retikulum endoplasma halus, dan retikulum Endoplasma Sarkoplasmik, berikut penjelasannya :

Jenis Retikulum endoplasma

1. Retikulum Endoplasma Kasar

Retikulum endoplasma kasar merupakan jenis Retikulum Endoplasma yang memiliki tekstur kasar karena pad permukaan terdapat bintik bintik yang merupakan ribosom dan memiliki peran di dalam sintesis protein.

Dari fungsi utama dari Retikulum Endoplasma kasar ini adalah sebagai tempat untuk melakukan proses sintesis protein.

2. Retikulum Endoplasma Halus

Jenis retikulum endoplasma yang satu ini adalah kebalikan dari Retikulum Endoplasma kasar karena Retikulum Endoplasma halus ini memiliki permukaan yang halus serta tidak memiliki bintik bintik ribosom.

Dimana ribosom ini berfungsi untuk membantu beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat serta konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat obatan dan juga sebagai tempat melekatnya reseptor pada protein membrane sel.

3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik merupakan jenis khusus dari Retikulum Endoplasma halus yang bisa kita temuakakn pada otot licin dan otot lurik.

Adapun yang mebedakan dari Retikulum Endoplasma halus adalah adanya kandungan protein yang pada Retikulum endoplasma halus mensitesis molekul.

Sedangkan pada Retikulum Endoplasma sarkoplasmik berperan dalam menyimpan serta memompa ion kalsium, retikulum endoplasma sarkoplasmik ini memiliki bertugas memicu kontraksi otot.

Struktur Retikulum Endoplasma

Struktur retikulum endoplasma

Retikulum Endoplasma merupakan organel yang bisa ditemukan pada seluruh sel eukariotik. Retikulum Endoplasma adalah bagian sel yang terdiri atas sistem membran.

Apabila kalian amati secara teliti Retikulum endoplasma tampak  berupa lembaran yang terlipat-lipat, mengelilingi suatu ruangan yang disebut lumen.

Retikulum endoplsma terdiri dari tubulus-tubulus,vesikel dan kantong-kantong pipih yang menempati ruang sitoplasma.

Di sekitar retikulum endoplasma terdapat bagian sitoplasma yang disebut sitosol. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm.

Retikulum endoplasma merupakan labirin membrane dalam jumlah yang demikian banyak sehingga retikulum endoplasma ini meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik.

Sebutkan fungsi retikulum endoplasma?

1. Retikulum endoplasma berfungsi untuk mendukung sintesis protein serta menyalurkan bahan genetika yang berada di antara inti sel dengan menggunakan sitoplasma.
2. Retikulum endoplasma berfungsi sebagai alat transportasi zat zat yang ada di dalam sel tersebut.
3. Retikulum endoplasma memiliki fungsi untuk menjadi kalsium yang kemudian akan dikeluarkan dari Retikulum Endoplasma dan menuju ke sitosol. Dll…

Sebutkan jenis jenis retikulum endoplasma?

Retikulum endoplasma terbagi menjadi tiga jenis, yakni endoplasma kasar, retikulum endoplasma halus, dan retikulum Endoplasma Sarkoplasmik,

Apa itu retikulum endoplasma?

Retikulum Endoplasma bisa didefinisikan sebagai organel eukariotik, yang membentuk jaringan tubulus, vesikel & cisternae dalam sel.

Demikianlah pembahasan kami mengenai fungsi retikulum endoplasma, baca juga artikel kami sebelumnya mengenai fungsi nukleus. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Fungsi Retikulum Endoplasma Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca