Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Fungsi Ribosom

3 min read

Fungsi Ribosom

Fungsi Ribosom – Ribosom merupakan salah satu organel yang memiliki ukuran yang kecil namun padat dalam sel dan berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Untuk lengkapnya lagi simaklah Materi Makalah Fungsi Ribosom, Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Letak, dan Sejarah Ribosom di bawah ini.

Pengertian Ribosom

Ribosom merupakan salah satu organel yang memiliki ukuran yang kecil namun padat dalam sel dan berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

Selain itu, ribosom merupakan komponen sel yang membuat protein dari semua asam amino. Prinsip utama biologi, seringklai disebut sebagai “dogma sentral” yakni ialah DNA yang digunakan dalam membuat RNA, yang, pada kemudian, digunakan untuk membuat protein.

Ribosom sendiri terbuat dari kompleks dari ribose nucleic acid (RNA) dan protein. Ribosom terbagi sub unit yang satu lebih besar dari yang lain.

Mengikat subunit kecil untuk messenger RNA , kemudain mengikat subunit yang lebih besar kepada transfer ribonucleic acid dan asam amino.

Fungsi Ribosom

Ribosom memiliki beberapa fungsi dalam sel, namun hanya memiliki 1 fungsi utama. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi ribosom beserta penjelasannya, yakni sebagai berikut :

Fungsi Ribosom

Tempat Sintesis Protein

Fungsi utama ribosom yakni ialah untuk melakukan proses pembentukan protein. Ribosom juga menyusun urutan asam amino menjadi peptida sesuai cetakan dalam RNA messenger RNA (mRNA).

Ribosom menjadi tempat berlangungnya sintesis protein di dalam sel.

Adapun rangkaian proses sintesis protein ini disebut dengan dogma sentral. Protein yang dihasilkan dalam proses sintesis tersebut, kemudian akan digunakan oleh sitoplasma. Pembentukan / sintesis protein merupakan fungsi utama organel sel.

Fungsi Translasi

Di dalam proses pembentukan protein, ribosom kemudian melakukan langkah translasi. Langkah ini dilakukan seperti proses mengambil instruksi dari mRNA dan digantikan menjadi protein.

Proses ribosom untuk membuat protein dimulai ketika ribosom menempel pada asam amino membangun protein, lalu kedua sub unit tadi bergabung menjadi satu dengan RNA messenger, hingga akhirnya proses membuat protein terjadi.

Kegiatan Metabolisme Sel

Fungsi lainnya yanki ribosom berperan penting bagi setiap kegiatan metabolisme yang dilakukan oleh sel. Selain itu, ribosom adalah bagian yang memiliki peranan penting dalam pembentukan suatu sel yang berbentuk sempurna.

Ciri Ciri Ribosom

Berikut ini adalah ciri-ciri ribosom, yakni seperti berikut :

Ciri ribosom
  1. Ribosom berbentuk seperti butiran kecil dan memiliki ukuran dengan diameter sekitar 20 sampai 22 nanometer.
  2. Ada pada seluruh sel hidup termasuk sel hewan, sel tumbuhan, eukariotik, maupun prokariotik.
  3. Merupakan organel terkecil dalam sel.
  4. Terdiri dari 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom.
  5. Terdapat di RE kasar dan tersebar di sitoplasma.
  6. Ribosom menghasilkan atau membuat protein.

Struktur Ribosom

Struktur ribosom

Seperti yang telah di bahas di atas tadi, bahwa struktur ribosom terdiri dari dua komponen yakni subunit kecil dan subunit besar.

Yang mana sub unittersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan dalam pembentukan protein baru yang akan dihasilkan dan juga kedua subunit tersebut terdiri dari untaian beberapa RNA dan berbagai macam protein.

Berikut ini merupakan penjelasan dari dua sub unit tersebut, yakni sebagai berikut :

1. Subunit Kecil

Subunit kecil ini sebenarnya tidak memiliki ukuran yang terlalu kecil, karena hanya lebih kecil dibandingkan dengan subunit besar.

Subunit kecil berguna untuk mengalirkan atau menyampaikan informasi selama sintesis protein.

Yang mana disebut dengan sebutan “40S” dalam sel eukariotik & “50S” dalam sel prkariotik.

2. Subunit Besar

Subunit besar yakni subnit yang berisi sebuah lokasi atau tempat yang mana ikatan baru yang akan dibuat untuk membuat protein.

Hal ini disebut dengan “60S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prokariotik , adapun huruf “S” artinya ialah satuan ukuran dan singakatan dari unit Sverdberg.

Baca Juga : Fungsi Mitokondria

Jenis Ribosom

Ada 2 macam jenis atau kategori ribosom, yang mana kedua kategori tersebut memiliki fungsi yang sama dalam mensintesis protein yang berperan dalam membantu sel dalam menjalankan aktivitasnya.

Berikut ini dua jenis ribosom :

  • Ribosom Bebas, yakni merupakan struktur sel yang tersebar luas di bagian sitoplasma
  • Ribosom Terikat, yakni adalah struktur ribosom yang biasanya menempel di bagian Retikulum Endoplasma.

Sejarah Satuan Ribosomal

Ribosom adalah salah satu organel kecil, padat, dan tidak bermembran yang bisa dijumpai pada semua sel. Ribosom memiliki diameter sekitar 17-20 µm.

Molekul utama penyusun ribosom yaitu ribosomal RNA (rRNA) serta protein. Ribosom ada pada sel eukariot dan prokariot serta memiliki jumlah sampai 1000 buah.

Ribosom sendiri pertama kali diteliti pada pertengahan tahun 1950-an oleh seorang ilmuan yang bernama George Emil Palade, ilmuwan biologi sel yang berkebangsaan Romania, ia meneliti menggunakan mikroskop elektron.

Adapun kata “ribosom” pertama kali digunakan oleh ilmuwan Richard B. Roberts di tahun 1958. Ribosom ini berasal dari bahasa Yunani yaitu soma yang artinya “badan” dan ribonucleic acid.

Kemudian para ilmuan yang di antarnya adalah albert Claude, Christian de Duve, dan George Emil Palade bersama-sama mendapatkan Hadiah Nobel dalam bidang psikologi & kesehatan pada tahun 1974 mengenai penelitiannya tentang ribosom.

Hadiah Nobel dalam bidang kimia tahun 2009 diraih oleh Thomas A. Steitz, Venkatraman Ramakrishnan, & Ada E. Yonath karena berhasil memberi penjelasan struktur rinci & mekanisme ribosom.

Selain itu juga ribosom merupakan salah satu organel tidak bermembran yang dijumpai pada semua sel, baik sel prokariotik dan juga eukariotik. Eukariotik merupakan, organel yang ada pada sitoplasma, menempel pada permukaan luar retikulum endoplasma.

Komponen penyusun besar ribosom yakni terdiri atas protein ribosom & ARN ribosom. Protein ribosom disintesis oleh bebas yang terdapat di dalam sitoplasma, sementara ARN-r ditranskripsi ada di dalam anak inti (nukleous).

Organel ini merupakan tempat terjadinya penerjemahan (translasi) kodon (kode genetik) yang dibawa ARN-duta (ARN-d). Hasil translasi ini merupakan polipeptida.

Polipeptida hasil translasi pada RER kemudain dikirim dan diproses di dalam AG menjadi protein membran, dan enzim lisosom, atau disekresikan ke luarsel dengan melewati yang namanya vesikel.

Sementara polipeptida hasil translasi pada ribosom bebas dikirim ke mitokondria, sebagai enzim peroksisom, atau menjadi protein ribosom.

Apa fungsi ribosom?

Fungsi utama ribosom yakni adalah untuk melakukan proses pembentukan protein dan menyusun urutan asam amino menjadi peptida sesuai cetakan dalam RNA messenger RNA (mRNA

Apa jenis jenis ribosom?

Terdapat 2 macam jenis atau kategori ribosom yaitu ribosom bebas dan ribosom terikat.

Sebutkan struktur ribosom?

Struktur ribosom terdiri dari dua komponen yakni subunit kecil dan subunit besar

Demikianlah pembahasan dari kami rumusguru.com mengenai materi fungsi ribosom baca juga tentang fungsi sitoplasma , semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Fungsi Ribosom Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca